«

»

Jan
26

Tidak Adanya Fasilitas Validasi BNP2TKI di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta


Share on Twitter

Gambar sebagai ilustrasi

Kejadian ini sudah yang kedua kalinya terjadi (tanggal 3 Januari 2012 dan 25 Januari 2012) dengan saya dan teman-teman pekerja overseas yang menggunakan fasilitas di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Kebijakan baru dari BNP2TKI yang mensyaratkan stamp validasi untuk pemegang Working VISA di Luar negeri sangat merepotkan. Apalagi fasilitas itu hanya ada di terminal 2 saja dan tidak ada di terminal 3 yang notabene juga menjadi pemberangkatan international juga.

Saya sudah mencoba untuk mengirimkan komplain saya melalui email dan juga telpon ke BNP2TKI dan juga BP3TKI tapi hanya jawaban datar yang saya peroleh. Ini sudah peraturan dan memang begitu keadaannya sekarang. Jadi harus stamp di terminal 2 lalu baru bisa stamp imigrasi di terminal 3. Apakah bapak-bapak dari BNP2TKI dan pengelola bandara Soetta pernah membayangkan ketika itu terjadi pada pagi hari dimana shuttle bus belum ada dan harus menggunakan ojek yang pasti sudah menunggu dengan ongkos Rp 50 ribu?

Ketika saya melakukan komplain langsung pasti yang terjadi adalah saling melempar tanggung jawab dan jawaban yang tidak pasti. Sebenarnya adakah koordinasi dari berbagi instansi yang ada di Soetta? Jika hal ini tidak ada perkembangan maka ini akan selalu menimpa saya karena hampir tiap bulan saya pergi pulang Jakarta-Kuala Lumpur. Dan yang lebih mengherankan, kejadian ini saya alami dengan membayar airport tax sebesar Rp 150 ribu yang menurut saya sangat tidak sebanding dengan apa yang saya dapatkan. Jika memang belum siap untuk menggunakan terminal 3 sebagai keberangkatan international kenapa harus dipaksakan dengan mengorbankan pengguna?

Sukartono
Ciledug, Tangerang
Indonesia

*[Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 7 Februari 2012]

Share on Twitter

No related posts.

Leave a Reply