«

»

May
24

Pungli SIM


Share on Twitter

Ilustrasi gambar

Maaf saya tidak akan memberikan identitas lengkap di sini. Beberapa waktu lalu saya mengurus perpanjangan SIM B1 di Polres Kabupaten Berau, Kaltim.

Biaya sudah dibayarkan lewat loket BRI yang ada di Kantor Polres Berau, saya pun mengantri, tidak tanggung-tanggung saya antri selama 5 jam. Saya perhatikan pemohon sim lainnya SIM C dan SIM A, langsung keluar ruangan setelah pemotretan dengan SIM di tangan, jadi saya pikir pelayanan sudah berubah, polisi sudah tidak memungut pungli lagi.

Meski saya melihat orang yang antri setelah saya dipanggil duluan dan SIM mereka selesai duluan, saya tetap berpikiran positif, mungkin berkas saya salah taruh sehingga tidak dipanggil sesuai antrian dan mencoba bersabar. Namun pada saat pengambilan foto, petugas bertanya apakah SIM saya mau diturunkan menjadi SIM A saja, tentu saja saya tidak mau, petugas berkata kalau mau tetap SIM B1 harus urus sendiri ke Tarakan, Tarakan adalah kota di sebuah pulau berjarak lebih dari 100 km, dan si Aparat berkata kalau mau dibantu diterbitkan disini harus bayar sejumlah uang ratusan ribu rupiah.

Saya tidak mencoba bertanya kenapa ! harus ke Kota Tarakan yang tidak ada sangkut pautnya dengan Kabupaten Berau karena saya tidak ingin ribut. Daripada dapat masalah saya bayar saja jumlah yang ia inginkan, itupun saat uang diberikan sang aparat tidak menghitung jumlahnya langsung diambil saja, dan tanpa tanda terima. SIM saya pun segera diprint tanpa masalah.

Saya pikir saya bisa saja mempertanyakan kebijakan ini, atau ngotot untuk membayar hanya sesuai ketentuan. Tapi saya pikirkan lagi apa yang akan terjadi sesudahnya, bisa saja si oknum ini mengingat saya dan berusaha mempersulit bahkan memusuhi saya, jadi saya menyerah, walau kehilangan uang setiap 5 tahun sekali yang saya bayarkan dengan tidak rela. Saya mulai berpikir mungkin saya dipaksa ngantri selama 5 jam karena saya mengurus SIM B1, menunggu datangnya sang aparat yang berani meminta pungli, karena orang lain yang memasukkan formulir SIM C bersamaan dengan saya sudah selesai 2 jam lebih awal.

Rakyat yang diperas
Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur. 77312

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Pungli di Pelayanan SIM Bangli
  2. Pungli di Polres Bangli
  3. Oknum Polisi Semarang Minta Baju Batik Sebagai Ganti Tilang

Leave a Reply