«

»

Jun
11

Pelayanan Lost & Found Lion Air Mengecewakan!!


Share on Twitter

Gambar sebagai ilustrasi

Rekan kerja saya yang bernama Kristianto Markus, adalah salah satu penumpang pesawat Lion Air untuk penerbangan dari Jayapura ke Jakarta. Salah satu bagasi hilang (berupa kardus berisikan pakaian, sepatu dan surat-surat penting) setibanya di Jakarta, rekan saya melaporkan ke Lost & Found Lion Air dan pengaduan tersebut diterima dengan staff bernama Nanang, dengan janji bahwa kuranglebih 14 hari kerja ada atau tidak ada barangnya akan dikabari.

Berhubung rekan saya harus melanjutkan tugas di Ambon, maka beliau menitipkan tanda terima berwarna merah kepada saya untuk saya follow up, seiring berjalan nya waktu, tak satupun staff dari Lost & Found Lion Air yang memberi kabar. Saya pun mendatangi kantor Lost & Found Lion Air di Airport, bertemu dengan staff bernama Nanang, dia mengatakan bahwa barang tersebut sudah dikirimkan ke Semarang (sesuai alamat yang dicantumkan oleh rekan saya)dengan rush tag no 110001 dengan menggunakan JT 500, dan diharapkan agar saya mengecek keberadaan barang tersebut di airport Semarang.

Kemudian saya mememinta bantuan beberapa teman di Semarang untuk mengecek, bahkan tanda bukti sudah saya scan, setelah di check di Semarang – barang tidak ada! Kemudian saya mendatangi kantor Lost & Found kembali untuk mencari staff bernama Nanang akan tetapi tidak bertemu, beberapa orang staff sempat bertemu dengan saya tanpa ada solusi apa-apa, bahkan mereka bilang bahwa “Barang ini di handle oleh Nanang, jadi kami tidak tahu”.

Sayapun meninggalkan no telp dengan harapan bisa dihubungi oleh staff Lion Air, akan tetapi sampai surat ini saya buat, tidak satupun staff Lost & Fpund Lion Air yang menghubungi saya ataupun rekan saya untuk memberikan kabar, apakah barang tersebut sudah ketemu atau belum. Terakhir pada tanggal 01 Juni 2011 saya kembali mendatangi kantor Lost & Found Lion Air, kembali saya di ping pong, tidak ada satupun yang tahu mengenai keberadaan Nanang, ataupun barang tersebut.

Sampai akhirnya saya meminta bertemu dengan bapak Syaiful, beliau mengatakan bahwa Nanang adalah anak buah pak Rizky, beliau menjanjikan akan memfollow up masalah ini, beliau akan cross check apakah barang tersebut masih tertinggal atau nyasar ketempat lain. Seperti biasa…dengan harapan akan dihubungi, saya pun kembali dan menunggu, akan tetapi sampai detik ini, tidak ada satupun dari mereka yang menghubungi saya.

Yang jadi pertanyaan saya, apakah ini yang namanya profesional? Apakah seperti ini pelayanan perusahaan penerbangan Lion Air? Yang selalu mengkampanyekan kepuasan pelanggan? Kami sebagai pengguna Lion Air, kalau memang barang tersebut benar-benar hilang, mohon pertanggung jawaban nya, kemudian tidak ada sama sekali itikad baik dari Lion Air untuk menghubungi kami pelanggan yang dirugikan? Apakah karena harga murah kemudian service tidak memuaskan? Kepuasan pelanggan tidak diutamakan? Dan terus terang perjalanan rekan saya dari Jayapura ke Jakarta bukan dibeli dengan harga yang hanya ratusan ribu.

Mohon kejelasannya serta tanggung jawab dari pihak Lion Air, sunguh memalukan perusahaan penerbangan bangsa sendiri tidak bisa memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggannya. Tulisan ini sudah saya posting juga di kompas.com, dan berharap pihak-pihak terkalit dari perusahaan penerbangan Lion Air menunjukkan itikad baiknya, yang sampai saat ini sama sekali tidak ada kabar beritanya, sampai detik ini.

Vanida Jacobus

Sakura D5 No.16 Jakarta
DKI Jakarta. 13960

Indonesia 

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Bagasi Hilang, Lion Air Benar-benar Mengecewakan
  2. Tiket Lion Air Yang Tidak Punya Seat
  3. Bagasi Hilang Sudah Menjadi Kebiasaan Lion Air
  4. Layanan Servis TOSHIBA Mengecewakan….!

6 comments

  1. yanti says:

    hari ini saya merasa tdk nyaman naik lion air dgn penerbangan jkt batam jam 1 tgl 18 juli 2012 duduk di kelas bisnis…untuk apa saya bayar kelas bisnis jawabnya simpel….krn saya tdk mau berdesakan di waktu turun dn hari ini percuma saya naik kls bisnis krn waktu turun saya juga harus brdesakan dgn penumpang lain selain itu biasanya kelas bisnis di kasih bantal kecil dn selimut tp kali ini saya tdk dapat….1 lg biasanya kelas bisnis dapat kue dn minum tp saya tetap dapat kue tp tempat kuenya mangkok bakso bertuliskan lion air kalau diliat dgn mata itu sangat tdk pantas kenapa pramugarainya tdk pakai tempat makan yg seperti biasanya….pesawat lion air boing 378 penerbangan jakarta batam pada tgl 18 juli 2012 jam 1 buat saya merasa sangat2 tdk nyaman.

  2. melfarina sianipar says:

    Tanggal 13 nov 2012 seperti biasa saya polang dari palembang naik Lion air dengan 3 bagasi.Sampai di bandara soeta cengkareng saya kaget karena bagasi saya yang satu lagi hilang(isinya songket palembang).Saya langsung melapor ke kantor lost and Found,mereka mencari tapi tidak ketemu.Saya lemas sekali karena yang hilang barang dagangan saya.Mereka minta waktu 3 hari dan memberi no HP(setelah dihubungi tidak aktif).Hingga saat ini pihak lion air tidak ada menghubungi saya.Perlu diketahui saya ke palembang hampir tiap minggu.Tapi dengan kejadian ini saya tidak akan pernah dan mau lagi naik lion air karena pelayanannya sangat jelek dan tidak bertanggung jawab.Untuk pedagang,hati2 barang anda mengalami nasib seperti saya…

  3. Efendi says:

    Saya juga tgl 31/12/2012 mengalami kejadian yang sama restleting koper dirusak paksa dan sdh beberapa kali menghubungi lion air & lost funding nanti akan di telepon balik tapi sampai saat ini tidak ada realisasi untuk pertanggung jawabanya. Saya merasa kecewa dan akan meneruskan informasi ini ke publik yang lain

  4. meyria says:

    Saya baru saja mengalami kejadian yang sama mirip nya. pada tanggal 5 Maret 2013 penerbangan Jakarta-Medan. Saya check ini 1.5 jam sebelum berangkat. Sampai di medan gembok koper saya hilang, dan saya lgs cek barang berharga yang ada di dalam koper saya emas dengan total 17 gram hilang sementara tempat emas nya masih ada di koper saya. Saya lgs ke lost n found di medan saat kejadian, pelayanan nya ada tapi tidak maksimal dan sinkron dengan pihak Jakarta. Mereka bilang akan menghubungi saya saat investigasi tapi nyata nya saya yang mesti hubungi pihak lion air Jakarta dan tetap tidak diangkat telepon nya. Menurut saya LION AIR TIDAK MENINGKATKAN KUALITAS PENGAWASAN NYA TERHADAP KEJAHATAN YANG SERING TERJADI DI DALAM TIM MEREKA SENDIRI. MEREKA TERKESAN SANTAI TANPA HASIL YANG MAKSIMAL.

  5. St. Nurmiah says:

    Tgl 25 Agustus 2013 saya penumpang Lion air penerbangan Makassar – Palembang dengan transit Jakarta. sampai Palembang ternyata barang Bagasi saya sebanyak empat item tdk ikut serta pada pesawat yang sy tumpangi, dan sy langsung melapor ke bagian pengaduan. Saya akan menunggu pesawat berikutnya dengan harapan barang bagasi sy akan dikirim pihak lion air jakarta akan tetapi staff lion mengatakan Ibu pulang saja nanti kami hubungi jika barangnya sudah ada dan kami akan antar langsung ke rumah. sekitar jam 8 malam ada konfirmasi dari pihak lion kalau barangnya sdh tiba di palembang, tapi yang bikin mengecewakan karena kami diminta balik lagi ke bandara untuk mengambil sendiri barang tersebut dengan alasan tidak ada kendaraan “busyeeeettt” . Padahal perjanjiannya dia akan mengantarkan. Kan jadi repot dan mengeluarkan biaya lagi untuk ke Bandara. Pada dasarnya pihak Lion tdk akan mau di rugikan tp selalu mau merugikan pelanggan. Ini yang kedua kalinya sy mengalami hal yang sama pada Maskapai Lion Air.

  6. noviyanti says:

    Bandara Husen Bandung sungguh menyedihkan,. pelayanan sungguh mengecewakan di tambah lagi, pegawai loket Lion Air yg tidak profesional…. plus timbangan Bagasi yg ga jelas alias ngarang2.. atau memang ada indikasi akal akalan pegawainya… Jum’at tgl 27-12-2013 . Timbangan Bagasi over 5 kg.. di kenakan ongkos untuk over 12 kg.. .. bigitu saya sampaikan komplin.. Ehh…. maaf itu kesalahan timbangan BU.. kata si pegawai… dan pada saat saya minta uang pembayaran bagasi di kembalikan, atau minta pertanggung jawaban… Pada pura-pura BEGO… saya di bikin Bola-Bolaan mereka.. sampai waktu habis.. Pesawat siap utk terbang… Hanguslah Uang Rp 400,000,- ( SEMOGA BANDARA HUSEN BANDUNG.. Bisa Mempekerjakan Manusia-manusia Yang Profesional ).

Leave a Reply