«

»

Dec
07

  • status pengaduan : Selesai
Iuran Tahunan dari Kartu Kredit Bank Mega yang Sudah Ditutup dan SMS Kasar


Share on Twitter

Ilustrasi

[Pengaduan terselesaikan]

Lelah sudah saya menelpon pihak Bank Mega, mulai dari sambungan yang menyita waktu, telpon yang di hold sekian lama & terputus sampai dengan SMS bernada kasar yang saya terima. Hal ini berawal dari tercantumnya IURAN TAHUNAN beserta DUNNING FEE + INTEREST pada lembar tagihan yang sudah saya tutup.

Pada tahun 2011, saya menelpon CS MEGA CALL untuk menutup kartu kredit saya, karena kartu tersebut tidak pernah saya gunakan.Tetapi kemudian saya ditawarkan FREE IURAN TAHUNAN dan penghapusan ANNUAL FEE & DUNNING FEE & INTEREST FEE yang mana akan dikreditkan kembali ke rekening kartu kredit saya. Tetapi, ternyata penghapusan ini memakan waktu ±3 bulan utk diproses (Agustus-November 2011) sehingga di bulan Desember 2011, billing statement saya baru bersih dari semua biaya tsb. Di tahun 2012, akhirnya saya memutuskan untuk benar-benar menutup kartu kredit tersebut dengan menelpon pihak CS MEGA CALL dan kemudian saya disuruh utk menggunting/memusnahkan kartu kredit tsb agar tdk disalahgunakan.

Tetapi anehnya sejak penutupan kartu tersebut, setiap bulan saya masih tetap dikirimi billing statement dan SMS promo dari Bank Mega. Saya kembali menelpon CS MEGA CALL dan menanyakan mengapa masih dtg tagihan bulanan dari kartu yang sudah ditutup dan mereka menjawab diabaikan saja karena kartu sudah ditutup. Sungguh heran memang, demikian seterusnya. Sampai pada bulan Agustus 2012 tercetaklah kembali ANNUAL FEES BASIC sebesar Rp. 300.000,- Mengingat jawaban CS MEGA CALL untuk mengabaikan billing tersebut, maka saya abaikan.

Dibulan September 2012, saya kembali menerima Billing Statement yang berisi ANNUAL FEE + DUNNING FEE 75rb + INTEREST CHARGE. Dibulan Oktober 2012, saya kembali menerima Billing Statement yang berisi ANNUAL FEE + DUNNING FEE 75rb + INTEREST CHARGE. Dibulan November 2012, saya kembali menerima Billing Statement yang berisi ANNUAL FEE + DUNNING FEE 75rb + INTEREST CHARGE. Sayapun gak habis pikir….kenapa hal ini bisa terjadi.

Dan sayapun kembali menelpon pihak CS MEGA CALL. Kemudian saya menerima telpon & SMS dari yang katanya dari “ORANG LAPANGA” bagian COLLECTION yang memberitahu bahwa ada tunggakan yang belum saya bayar dan harap dibayarkan. Sayapun memberitahu mereka via telpon & reply SMS bahwa kartu sudah saya tutup sejak tahun lalu. Dan kembali mereka menyuruh saya menelpon CS MEGA CALL karena CS MEGA CALL yang memberikan data seperti itu.

Dari sini saya mulai menerima informasi yang tidak jelas. Pihak CS MEGA CALL mereka meminta saya untuk menelpon bagian COLLECTION dan bilang bahwa kartu sudah ditutup. Sayapun menanyakan mengapa harus saya yang menghubungi pihak Collection dan bukan pihak CS MEGA CALL yang menghubungi mereka karena kartu saya sudah ditutup. Jawaban mereka adalah : telpon kami tidak bisa untuk sambungan keluar, jadi sebaiknya ibu yang menghubungi bagian COLLECTION karena data ibu sudah tidak terlihat di sistem kami.

Harap ibu menghubungi bagian Collection di nomer 021.3048.7272. (Lha, kalau begitu, siapa yang selama ini mengirim billing statement ke saya padahal data sudah tidak terlihat di sistem???). Sayapun kembali menghubungi pihak Collection dan memberitahu bahwa KARTU SUDAH DITUTUP. Pihak COLLECTION keukeuh…SAYA HARUS BAYAR, baru bisa menutup kartu tersebut. Pada tanggal 4 Desember saya menerima SMS sebanyak 2x yang berbunyi “BEGO BYAR TAGIHAN MEGA VISA LV JANGAN KABUR KAYA MALING”.

Akhirnya pada tgl 5 Desember, sayapun mendatangi Kantor Cabang Bank Mega Lippo Karawaci untuk meminta bantuan & kejelasan informasi. Saya menjelaskan semuanya dari awal dan disana saya dibantu oleh Mbak GIAN. Setelah menunggu ±2,5 jam (mbak Gian membantu menelpon, tapi ternyata juga dipingpong) akhirnya saya mendapatkan jawaban kurang lebih intinya seperti ini : “MAAF IBU, sepertinya tidak ada solusi, Ibu tetap harus membayar, karena kartu ibu belum ditutup” Selama proses maen pingpong tersebut saya sempat berargumentasi dengan pihak COLLECTION (pak DONNY) dan diakhir pembicaraan dia mengatakan: Sekarang Ibu sudah tau kan seperti apa Bank Mega? Ibu sudah marah-marah belum dgn CS MEGA CALL?? Yang menjanjikan mereka, jadi sebaiknya Ibu menelpon mereka” Dan telpon pun ditutup. What??? Untuk kesalahan proses penutupan yang dilakukan CS MEGA CALL, mengapa saya yang diharuskan menanggung??? FYI besarnya tunggakan yang harus saya bayar sampai dengan tgl 5 Desember 2012 adalah ± Rp.600.000,-an.

Dan ternyata kejadian seperti ini bukan hanya saya saja yang mengalami… SUNGGUH LUAR BIASAA !!!. Saya berharap agar masalah ini menjadi perhatian dan segera mendapatkan respon dari seluruh pihak terkait serta sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi masyarakat untuk dapat lebih bijak dalam memilih bank dengan fasilitas dan layanan yang terpercaya. Jika ingin dapat feed back yang baik dari Customer, tolong pelayanan kepada Customer diutamakan.

Saya sebagai Customer juga tidak ingin dirugikan baik karena masalah ini. Terima kasih atas dimuatnya keluhan dan pengaduan saya ini.

*[Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 07 Desember 2012]

 

*[Sudah ditanggapi oleh pihak terkait pada 22 Januari 2013]

 

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Tagihan Kartu Kredit Bank Mega
  2. Kartu Kredit Mega Carrefour Yang Mengecewakan
  3. Lagi, Pelayanan Kurir Kartu Kredit Bank Mega Yang Sangat Payah
  4. Manajemen Bank Mega yang Tidak Professional
  5. Tagihan Kartu Mega Carrefour yang Terlambat
  6. Service Bank Mega Sangat Mengecewakan
  7. Mikir – Mikir Lagi deh Kalau Mau Pakai CC Bank Mega
  8. Layanan Kurir Bank Mega yang Sangat Mengecewakan
  9. Pengajuan Ulang Aplikasi Mega Credit Card
  10. Hati-hati Dengan Bank Mega

23 comments

  1. Tio says:

    Wah gawat itu, saya baru apply kartu ini, apa saya perlu batalkan saja yaaa

  2. Yumei says:

    Bu Nancy, saya juga mengalami hal serupa.
    apakah ada jalan keluarnya Bu setelah kejadian tsb?

  3. Bang Kabut says:

    Goblok betul ini orang2 Bank Mega. Ga CSnya, ga Collection, sama aja. Mungkin juga sistemnya yg bobrok, jadi data antara CS dan Collection ga sama.

    1. BADUY says:

      HAHAHAHAHA
      PROGRAMER ATAU IT NYA TUH KAYA NYA YG BODOH AMPE SYSTEM NYA GA BENER KNP MASIH D PELIHARA AJ YG KAYA GITUAN TEH
      TOLONG DONK BANK MEGA SELEKSI KARYAWAN NYA

  4. Nancy says:

    @Tio : 😉

    @Yumei : tidak ada jalan keluar….tapi pak Donny menelpon dan berjanji utk mengurus masalah ini dgn CS Mega Call. Sampai jawaban ini saya ketik belum ada ‘kepastian’

    @Bang Kabut : sepertinya gitu….ternyata bnyk yg mengalami masalah yg mirip/sama dgn saya.

  5. ana says:

    Saya mengalami hal seperti itu juga Bu,stelah ditelusuri mereka itu penagih tapi bukan orang bank mega asli, tapi pihak ketiga bank
    jadi “no wonder” kalo mereka suka bikin sms kasar,dan sepertinya itu dihalalkan
    .Saya malah di ancam di sms mau datengin org lapangan ke rumah utk nagih..gara gara collector itu ngambek krn permintaan sya yg memint data rincian tagihan resmi dari bank mega.

  6. Gatot Aris Munandar says:

    Perihal : Tanggapan atas pengaduan Ibu Nancy Chinthia Widya

    Redaksi yang terhormat,

    Sehubungan dengan surat di rumahpengaduan.com (07/12), “Iuran Tahunan dari Kartu Kredit Bank Mega yang Sudah Ditutup dan SMS Kasar”, yang disampaikan Ibu Nancy Chinthia Widya, bersama ini kami sampaikan bahwa kami telah menghubungi Beliau untuk menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami. Ibu Nancy Chinthia Widya sudah menerima penjelasan dengan baik dan tidak mempermasalahkan lagi.

    Demikian kami sampaikan. Terima kasih atas perhatian dan kerjasama rumahpengaduan.com untuk memuat tanggapan kami.

    Hormat kami,

    PT. Bank Mega Tbk.

    Gatot Aris Munandar
    Corporate Communication

  7. rudy says:

    Beberapa kali saya dapat penawaran pengajuan kartu kredit bank mega tetapi selalu saya tolak karena setahu saya bank mega ini salah satu bank yang pelayanannya paling banyak komplain.

  8. mahya says:

    kpd bp. gatot aris munandar,
    tolong yah jgn cuma yang sudah komplain baru mendapat tanggapan.
    tp di perbaiki lagi tuh pelayanan penutupan kartu kredit bank mega nya.
    saya juga pengguna kk mega visa silver dan carrefour, jd serem juga kalo nanti2 ga butuh lagi dan pengen tutup kartu.
    jgn di persulit lah untuk penutupan nya,.
    mana saya sudah setuju juga buat dikirim mega mastercard nya,
    semoga kedepan nya lebih baik lagi.

  9. edi says:

    lebih aneh lagi, saya baru terima kartu, belum diaktikan sudah ada tagihan iuran 300 ribu dari bank mega, gimana jalan keluarnya?

  10. Nancy says:

    @all : akhirnya kartu berhasil ditutup & semua tagihan dihapuskan.

    @edy : sebaiknya lsg diurus ke pihak yg bersangkutan.

  11. Samuel says:

    tolong donk bank mega pelayanannya diperbaikin. jangan pernah lepas tangan dan hilang tanggung jawab.
    saya belum terima kartu kreditnya. eh sudah ditelpon dari pihak asuransi yg bernama ana. tau pula dia nama lengkap saya.

  12. Tata says:

    Dear Mba Nancy,

    Saya juga salah satu pengguna CC bank mega dan sedang berada dalam tahap untuk melunasi pembayarannya karena saya juga mengalami hal serupa dengan Mba Nancy. Bagian collection mereka memang sangat kasar dan saya juga menghubungi pihak customer servicenya pun juga tidak bisa memberikan solusi apa2. Ancaman dan makian juga pernah saya terima dari pihak mereka. Dengan adanya hal ini, saya sudah memutuskan untuk tidak lagi menggunakan CC ini. Terima kasih atas sharing ceritanya.

    Salam

  13. iwan says:

    Karyawan Mega card emang *****… Gak bisa handle nasabah… Mungkin perlu ditraining lagi tuh…

  14. zao says:

    harusnya bagian collection bank mega di training mannernya dalam hal berbicara di telepon,,
    saya pernah ngalamin hal serupa,,
    pelayanan bank mega jauh di bawah rata-rata dari bank lain seperti bank mandiri,,
    pihak bank mandiri selalu santun dalam hal berbicara di telepon meskipun nasabah tersebut ada keterlambatan dalam membayar dan tanggap dalam menyelesaikan masalah nasabahya, karena memang orang-orang yang didalemnya juga terpelajar dibanding orang-orang bank mega.

  15. daniel says:

    Saya puya kejadian serupa, karena sering telat bayar dan telah terjadi beberapa kali dunning fee, setiap kali dunning fee sebesar 100rb. akhirnya saya putuskan utk mengnonaktifkan kartu kredit bank mega, tetapi dari bagian kartu kredit menyatakan akan di proses dalam 3×24 jam, dari pusat bank mega akan mengubungi dan bila tidak ada, mohon bapak (saya) hubungi lgsung. akan tetapi dalam 3 hari tidak ada pihak yg menghubungi saya, akhirnya saya yang berinisiatif utk menghubungi sendiri. tetapi dari pihak bank mega menyatakan butuh waktu 1 tahun pemakaian kartu kredit baru bisa di non-aktifkan. Dan pada saat itu juga saya langsung melunaskan semua tagihan saya dgn harapan tidak akan ada lagi tagihan. Ternyata bulan depannya tetap masih ada tagihan, berupa biaya materai sebesar 3rb. akhirnya saya membayar lagi.. sungguh mengecewakan. sudah dilunasi smua, tetapi msih tetap ada tagihan. saya bingung jg dengan pihak bank mega. mohon jangan dipersulit utk penutupan kartu kreditnya. trims.

  16. Mata Angin says:

    Bank Mega, ternyata gak sebesar dan se-‘mega’ namanya. Mungkin harus diruwat namanya. Dibrainwash ulang semua karyawannya, termasuk jajaran atas. Karena meskipun yang bawah2 yang seringkali bikin hal aneh-aneh kepada para nasabahnya, notabene itu atas persetujuan jajaran atas. Ada sistem yang sengaja dibuat ruwet, rumit, mbluded, ga bakal selesai. Kroscek yang dilakukan pun terkadang gak menghasilkan penyelesaian apapun.
    Bank Mega yang super mega ruwetnya itu gencar sekali menagih kredit dan tunggakan-tunggakan macet atas nama BI Checking. Acungan jempol buat bank mega (atau bank yang kerdil sistem?) atas kerja aktifnya itu. Tapi maaf, bahkan jari kelingkingpun tak pantas diacungka buat abank satu ini atas sistem kerja dan update informasi apalagi atas nama BI Checking.
    Bukan satu atau dua kasus terbaca di dunia maya, segala penyelesaian urusan piutang kredit macet itu telah terselesaikan, akan tetapi segala data tak pernah terupdate di BI. Hingga bertahun kemudian tiba-tiba secara magic ajaib, datanglah telpon, sms, surat tagihan ke nasabah bahwa yang bersangkutan masih mempunyai tunggakan lagi, berdasarkan data yang tercatat pada sistem.. Aduhai, sisitem manakah itu? Pasti itu sistemnya Dajal. Nah lhoo, hebat kan?! Bahkan iklan sebuah produk yang menggambarkan seorang ‘jin’ sanggup menghilangkan kasus2 korupsi pun kalah jauh dibanding daya magic bank mega ini.
    Kadang, kita sebagai nasabah, malas menghadapi perilaku yang gak jelas pakemnya ini dan terpaksa setengah hati melakukan pembayaran. Tapi ingatlah, semega apappun satu kekuatan, pasti akan menjadi paling kerdil, kecil dan akhirnya hilang samasekali jika tak ada kebenaran dalam prosesnya.
    Jangan bersembunyi atas nama ‘peraturan perusahaan’ dalam melakukan segala hal yang justru banyak mengumpulkan protes. Perusahaan pun bikinan manusia juga.
    Buat semua yang di bank mega, pakailah hati nurani dalam menjalankan tugas, jangan semata terpentok pada kalimat ‘peraturan perusahaan/sistem’. Rupiah yang didapatkan pun tak akan bermanfaat banyak buat membiayai kehidupan kalian jika pada perusahaan tempat kalian bekerja banyak sekali mengumpulkan protes dan keluhan.

  17. mila says:

    Saya juga sangat kecewa dengan pelayanan megacard ini.
    Saya adalah salah satu karyawan CT corp, saat saya ditawarkan
    Oleh marketingnya dijanjikan bahwa tidak ada iuran tahunan nya
    Namun setelah setahun ternyata saya dikenakan iuran tahunan,

    Setalah saya menghubungi cs megacall, mereka bilang hanya yang
    Nominal berbelanja 6.500.000

    Jika tidak akan dikenakan iuran tahunan
    Saya tidak suka dengan cara pelayanan mereka yg berbohong

    Saya mengcheck teman-teman saya yang apply brg ama saya
    Mereka tidak dikenakan iuran tahunan,pdahal mrka jg tidak pernah
    Menggunakan kartu tersebut sampa 6.500.000

    Bagaimana ini ??!!!!!!!!!!

    Sangat sungguh aneh dan tdk memuaskan!!!!!!!!!!!!!!!

  18. Nancy says:

    iya….sudah kapok saya mendengar nama Bank Mega…apapun itu produknya.

    Yang lebih anehnya….sampai sekarang saya masih menerima telepon yang menawarkan program asuransi dsb dengan memasukan tagihan ke kartu kredit bank Mega…yang jelas jelas sudah ditutup.

    ya ampunnnnn…..

  19. ameii says:

    orang-orang di bank MEGA emang gakk punya ot*k…!!!!!!KASAR……………….!!!!!padahal mereka hidup dari uang nasabah……

  20. Rian says:

    Waduh. Saya baru saja mau menutup kartu sy,, mudah”an di lancarkan ya…

  21. agoes.dwiantoro says:

    Bu saya Agoes Dwi…sdg proses (sdh 2 bln) penghapusan Iuran tahunan….dan dijanjikan akan mempercepat prosesnya….disuruh menunggu tagiah bulan berikutnya…..
    apakah ada saran bisa mengetahui sebelum tagihan bulan depan ?

    Terima kasih

  22. iwuk peni rosita says:

    Saya jg sdh melunasi smua tagihan sy,tp utk minta surat pelunasan jg dpersulit oleh bank mega.sampe skrg BI checking sy masih di blacklist gara2 bank mega.pdhl udah sy lunasi smua.apa ini akal2an bank mega sj,biar nanti suatu saat sy bs dtagih lg ya? Nagihnyapun dg dg nada kasar dan tdk sopan.bener2 deh bank mega….

Leave a Reply