«

»

Dec
14

e-KTP Tak Kunjung Turun


Share on Twitter

Ilustrasi

Awal mengetahui gaung e-KTP, saya bersama rekan-rekan se-kos berbondong-bondong melakukan perekamannya di UPT Kecamatan lokasi tinggal kami. Kami semangat melakukan perekaman data dengan harapan segera memiliki KTP elektrik yang tentunya tampak lebih elegan dari KTP Biru, dan seperti yang disosialisasikan pemerintah, lebih efisien penggunaanya dan merupakan bagian dari tertib administrasi yang digaungkan pemerintah itu sendiri.

Sayangnya, setelah lebih setahun proses perekaman tersebut, saya belum bisa memiliki e-KTP yang saya nanti-nantikan perwujudannya itu. Sementara rekan-rekan se-kos saya semuanya telah mendapatkan e-KTP mereka. Awalnya, setelah pemerintah-dalam hal ini pengurus RT/RW di alamat kami-mengumumkan e-KTP sudah bisa diambil di kecamatan, kami kembali proaktiv melancarkan proses tertib administrasi ini. Berbondong-bondong kami datangi kecamatan antri dan sabar menunggu petugas kecamatan memanggil nama kami untuk dicek kembali validnya e-KTP yang telah turun dari pusat tersebut, atau apakah ada kesalahn pita rekam atau data, dan sebagainya.

Pada akhirnya, seluruh rekan-rekanku telah menerima e-KTP mereka, kecuali diriku. Petugas kecamatan hanya berkata, “belum turun dek dari pusat, coba aja bulan depan”  Begitu terus jawaban yang aku terima setiap aku datang bulan depannya untuk antri dan antriiii demi e-KTP ini. Terhitung mulai bulan September 2012 hingga Desember 2012 ini, saya telah 4 kali bolak-balik ke kantor camat demi e-KTP ini. Dan Jawabannya selalu sama. “‘Belum turun dari pusat”. Yang saya herankan, diantara teman-teman saya yang lain yang sama-sama melakukan perekaman data pada awalnya dulu, kenapa hanya saya sendiri yang  “belum turun” e-KTPnya.  Padahal kami merekam data di waktu yang berdekatan, bahkan satu orang rekan saya persis di hari yang sama dalam urutan yang sama dengan saya merekam data tersebut telah memiliki e-KTP sekarang ini, sementara saya entah kapan baru terwujud.

Sempat saya berspekulasi bahwa data saya tidak terkirim ke pusat saat perekaman, atau ada data yang tidak lengkap hingga tidak diproses pusat makanya hingga sekarang e-KTP idaman itu tidak turun-turun juga. Seandainya ada cara untuk mengetahui letak kendalanya, alangkah baiknya. Misalnya, Kementerian dalam negeri (Kemendagri) memperbolehkan publik untuk mengakses data penduduk yang telah terkoneksi e-KTP nya di Internet, sehingga bisa diketahui siapa-siapa saja yang telah memiliki e-KTP.

Atau diumumkan daftar warga yang telah dicetak dan dikirim e-KTP nya oleh pusat ke Provinsi masing-masing, dengan cara ini tentu saya tidak perlu datang dan antri tiap bulan demi e-KTP tersebut yang tak pasti kapan “turunnya”. Saya juga yakin, bukan hanya saya yang mengalami nasib seperti ini, sebab setiap saya antri di kecamatan, ada saja bapak atau ibu-ibu yang bercerita bahwa itu adalah kedatangannya yang sekian kali ke kantor camat demi e-KTPnya tersebut. DAN E-KTP KAMI SAMA-SAMA BELUM TURUN.

*[Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 14 Desember 2012]

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Keberadaan E-KTP Saya Tidak Jelas
  2. Pegawai E-ktp Tidak Dibayar
  3. Banyak Kesalahan Pada Isi Identitas e-ktp di Wilayah Kami
  4. Data eKTP Salah Tidak dapat Kembali
  5. Pungli Pembuatan E-KTP

3 comments

  1. among says:

    sama, aq jga smpai skrg (5 januari 2012) blum dapat2, mengesalkan melihat teman2 ku sdh punya e-ktp tapi saya blum. bhkan d anggota kluarga saya yg bru dapat e-ktp cma ayah saya :[

  2. tomy rosy says:

    sama saya juga melakukan perekaman data E-ktp di kelurahan wanajaya,cibitung,kabupaten bekasi,bulan maret 2012 sampe sekarang bulan juli 2013 belum jadi,padahal barengan saya,punya istri sudah jadi 3 juni 2012 sdh jadi,pernah di tanya ke kelurahan wanajaya,jawaban stafnya tunggu aja pak,ntar kalo jadi di info kan ke ketua rt masing2..sampe kapan saya harus tunggu e-ktp…!?notabene proyek pemerintah..mungkin nasib ini juga menimpa saudara2 kita setanah air..

  3. Muhammad Gibran Hawwari says:

    Saya juga mengalaminya dan baru saja melaporkan ke website ini… 🙁

Leave a Reply