«

»

Dec
14

  • status pengaduan : Selesai
Pungli Saat Pengurusan Mutasi Kendaraan di Samsat Bekasi Kota


Share on Twitter

Ilustrasi

[Pengaduan terselesaikan]

Pada hari ini tgl 12/12/2012 saya mau ngurus mutasi motor setelah cek fisik kendaraan saya di minta bayar 20rb tanpa kwitansi. saya bayar kemudian kebagian pengambilan formulir setelah selesai mengisi saya langsung menuju loket mutasi untuk menyerahkan berkas lengkap, sesuai himbauan yang terpampang “jangan menggunakan calo” setelah berkas di periksa oleh petugas initial ETS saya diminta uang 350rb, kaget saya setahu saya menurut PP no 50 th 2010 tentang. PNBPp biaya cabut berkas itu 75rb,saya langsung minta bayar di BRI saja sesuai prosedur Bpk ETS bilang gak bisa ini bukan pajak katanya.

Saya iya kan untuk membayar 350rb dan minta kwitansi berhubung motor saya motor operasional jadi klo pake kwitansi bisa di ganti uangnya di tempat kerja saya, tapi beliau langsung pasang muka tak sedap kemudian minta uang 100rb sambil memberikan slip penerimaan berkas yang tidak ditandatangani dan bilang “urus kepolda aja kalo mau minta kwitansi saya malas” sambil setengah melempar berkas saya ke pinggir meja kerjanya, saya kaget dan setengah takut saya berikan uang 100rb yang entah buat apa, saya mau tanya lagi keburu takut akhirnya saya pulang dengan pertanyaan besar buat apa saya di suruh ke polda.

Bpk ETS yang baik saya mohon penjelasan apa salah saya minta bukti pembayaran uang yang jumlahnya lebih dari cukup buat jajan anak saya satu bulan, Bpk ETS titip berkas saya ya, saya bingung harus bagaimana. Bapak jangan malas ya ingat keputusan menteri pendayagunaan aparatur negara no 62 th 2003 dan UU RI no 25 th 2000, mudah2an saat saya datang lagi nanti bpk sudah bisa menjelaskan buat apa uang itu, Terima kasih.

Jajang Nurhidayat
Dusun Pasir Angin rt 02/05
Cileungsi Bogor
Jawa Barat-16820
Indonesia

*[Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 14 Desember 2012]

*[Sudah ditanggapi oleh pihak terkait pada 15 Desember 2012]

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Pungli di Samsat Cileduk
  2. Pungli SIM
  3. Pungli di Pelayanan SIM Bangli
  4. Pungli di Polres Bangli
  5. Oknum Pegawai Samsat Gunung Sahari Nilep Seenaknya
  6. Pungli E-KTP
  7. Pungli Pembuatan E-KTP
  8. Pungutan Liar Saat Perpanjang KTP
  9. Pengurusan KTP Sangat Lama dan Minta Pungutan
  10. Polisi Tidak Punya Etika

6 comments

  1. Jajang nurhidayat says:

    Atas keluhan saya. Di atas saya ucapkan terima. Ksih kepada runah ppengaduan yang sudah meneruskan keluhan saya kepada pihak terkait,ssehingga pihak samsaat bekasi telah mnghubungi saya untuk mnjelaskan duduk permasalahanya,juga saya ucapkan terima kasih kkepada ibu ardy. Beserta staff. Jajarannya yg cepat merespon keluhan saya,sehingga kesalahpahaman ini bisa ceppat di. Atasi,juga buat bpk ETS yaang telah berbesar. Hati menjelaskan pada saya,saya haturkan horhat saya,saya bangga atas sikap bapak yang mau melurusskan masalah ini,dan saya berharap semoga sikap bpk. Bisa ditiru oleh rekan2 lain bahwa meminta maaf atas kesalahan bukan berarti merendahkan diri tapi justru mengangkat harga diri bpk smenjadi lebih tinggi,karena orang berwibawa bukan orang yang sederet pangkat jabatan,tapi orang yang mau membuka diri dan memperbaiki saat keritikan pada kesalahan yang dilakukam itu datang,kepada pembaca jangan takut untuk mengurus sendiri apa2 yang menjadi hak dan kewajiban kita,birokrasi sebenarnya. Tidak seesulit yang di bayangkan asal kita tau cara dan ilmunya,untuk samsat bekasi sekali lagi saya ucapkan terima kasih semoga kejadian ini akan menjadi pelajaran bersama khusnya untuk samsat bekasi umumnya untuk samsat yang ada di negeri kita!NB karena keterbatasan ppengetahuan saya nama2 yang di sebut diatas tidak saya cantumkan gelar dan jabatanya,mohon maklum adanya.

  2. Dadan says:

    Bagus sekali tindakan saudara saya dukung

  3. jajang says:

    Ya,kita berusaha tuk menegakan hukun sesuai kemampuaan warga sipil tentunya dengan memahami segala bentuk perundangaundangan dan peeraturan yang ada tentunya. Dengan tetap sopan dan elegan ketika kita mengajak birokrat untuk menegakan aturan itu,terutama aturan yang melibatkan keuangan karena kalau di selewengkan dampaknya akan langsung kita yang merasakan,tksh

  4. fuad wahyu says:

    Mau sharing pengalaman hari ini di Samsat Bekasi.
    WOWW , itu kata2 pertama sy setelah sekian lama tidak berkunjung kesana, hehehehe…… Hari ini sy ada keperluan untuk mengurus Bantuan Cek Fisik mobil sy yg akan perpanjangan di daerah (plat daerah) dikarenakan akan ganti plat nomor dan STNK . Ruangan2 sdh banyak berubah, dan yg terpenting Pelayanannya, TOPP. Petugas memberi tahu apa2 yg harus sy lakukan, meski cukup simpel tapi sangat bermanfaat. Proses dr ambil form, gesek noka dan nosin, s/d pengembalian berkas yg sudah lengkap distempel tidak sampai 30 menit dan Biaya yg harus sy bayarkan adalah Rp. 0,00, alias tanpa biaya alias GRATIS!
    Semoga Samsat Bekasi dapat terus mempertahankan hal tersebut dan dapat menjadi contoh untuk Samsat2 lain yg belum melakukan hal yg sama.

  5. agustini leovane says:

    saya beli mobil baru, nomor plat mobilnya sedang diurus pihak dealer. alamat di kota bekasi, sedangkan kantor di jakarta. saya ingin punya nomor plat mobil ganjil. kira-kira berapa biaya pengurusannya untuk angka terakhir ganjil nomor plat mobil di samsat kota bekasi. terima kasih atas infonya.

  6. p.widodo says:

    Pada tanggal 28/03/13 saya mau ngurus balik nama mobil mertua saya..saya dateng ke loket pengambilan berkas(dpn)saya sambil nanya” berapa biaya balik nama ya klo mobil kayak gini”sambil saya kasih itu KTP STNK BPKB,dia bilang 3 jt mas”trs saya agak bingung”mahal y”trs dia bilang kalo dibantu berapa?”Dia bilang ntr kita bicara didlm trs saya disuruh photo copy. Smua berkas y-setelah saya photo copy. Stelah itu saya diajak keruang pengaduan&disana dia bilang smua pengurusanna 1,9 jta gimn mau trs apa gk?”Saya berpikir murahan ini dr yg tadi”trs saya bilang YA”bis tu saya suruh bayar dulu/nitip buat ngurus”Rp 1jt.”Bis itu saya minta kwitansi katana ini sama ja”sambil ngasih surat keterangan klo berkas lg diproses”&nitip 1jt ya ditlis dibalik surat itu,stelah beberapa hari/surat itu dh abis massa guna y(10/4/13)saya dateng kesamsat nanyain katana belom jadi trs dia bilang akan dihub.klo dh jadi.trs pada hari sabtu tgl 13/4/13 saya disms katana dh jadi trs saya kesamsat nungguin saolna dia sibuk -+ 1,5 jam dia telp bilang minta tambahan dwit untuk biaya smua y kurang Rp 1.850.000 trs saya agak compalin dia bilang” krn yg ngurus bukan saya tp temen saya”jd saya harus ngsih kedia&lebih kagetna lg dia bilang BPKB jadina gk sekarang tp 6 bulan berikutna.krn buku/BPKB lg abis diseluruh indonesia jadi saya kaget trs saya coba bilang kedia senin ja saya bayarna krn gk bawa duit sambil kesel.trs dia telp lg blng”klo bisa sekarang bayarna biar temen saya yg ngurus mungkin senin smua jdi”yg pengen saya tanyaka apa benar selama itu pengursan balik nam&biayana? Ket=polisina berinisial briptu T.samsatnya=cikarang/bekasi kabupaten
    P.Widodo
    Tanjungsari cikarang utara bekasi

Leave a Reply