«

»

Feb
14

Indomaret Tidak Ada Uang Kembalian??


Share on Twitter
Ilustrasi

Ilustrasi

Sebelumnya maaf, saya tidak tahu apakah semua indomaret pelayanannya seperti ini (saya rasa tidak semua). Namun saya hanya menceritakan apa yang saya alami saja. Hari ini tanggal 14 Febuari 2013 saya pergi ke Indomaret cabang unibraw untuk membeli air minum seharga Rp 5000 saja. Kebetulan saya hanya membawa uang pecahan 50.000 dan sama sekali tidak ada uang kecil.

Pada saat membayar di kasir, saat saya mengeluarkan uang 50.000 dari dompet saya, sang kasir spontan berkata ‘tidak ada uang kecil?’ , saya menjawab tidak ada sama sekali. Lalu kasir tersebut berkata ‘kembaliannya nggak ada’. Saya sempat diam sejenak karena mengira kasir tersebut akan berinisiatif untuk menukarkan uang terlebih dahulu atau bagaimana, namun malah kasir itu berkata ‘jadi gimana mbak? ditukarin dulu aja uangnya?’.

Saya hanya bisa mengangkat alis dan membatin ‘WHAT?’. Kenapa jadi saya yang disuruh menukar uang? Menurut saya itu sangat tidak sopan sekali. Bukannya sekarang itu dimana-mana ‘pembeli adalah raja’ ya? Kenapa jadi saya yang harus bersusah untuk keluar dari Indomaret dan harus berjalan kesana kemari hanya untuk menukar uang?

Akhirnya saya tidak jadi membeli dan keluar dari Indomaret. Saya lalu membeli makan di sebuah warung kecil dan voila! Saya tetap mendapatkan kembalian walau membeli tidak sampai 10.000 dan membayar memakai uang 50.000.

Beberapa waktu sebelum itu saya juga sempat menyaksikan kejadian yang sama persis dengan saya. Ketika saya sedang mengantri di kasir, pelanggan yang sedang bertransaksi dengan kasir mendapat perlakuan ‘tidak ada kembalian’ dan sang kasir mempersilahkan pelanggan tersebut untuk menukarkan uangnya dulu sampai akhirnya pelanggan tsb batal membeli.

Saat itu dalam hati saya berpikir kok kejam sekali memperlakukan pelanggan seperti itu? Saat itu saya hanya memikirkannya sambil lalu karena mungkin kasirnya benar-benar kepepet atau bagaimana. Loh kok sekarang malah saya yang mengalami sendiri. Sebetulnya ini masalah yang sepele, namun saya merasa terganggu dan sangat tidak nyaman.

Maksud saya, indomaret kan termasuk market modern ya? Masa kalah dengan warung-warung kecil untuk masalah kembalian. Dan lagi setahu saya, bila tidak ada kembalian pun penjual yang berusaha menukarkan uangnya. Saya akan maklum jika saya mendapat perlakuan seperti itu di toko-toko kecil/toko kelontong (walaupun ketika itu terjadi pada saya, penjualnya yg tetap berinisiatif mencari dan menukarkan uangnya).

Tapi ini INDOMARET lho? Apa karena sudah mengusung tema market modern jadi pelayannya juga tidak mau susah? Kemana perginya slogan pembeli adalah raja? Jadi seakan-akan saya yang salah karena membawa uang pecahan bernilai besar. saya menyampaikan keluhan ini bukan bermaksud apa-apa.

Hanya memberi masukan saja agar Indomaret memberikan pelayanan lebih baik lagi, sehingga pelanggan pun akan merasa nyaman berbelanja di sana. Maaf apabila ada salah-salah kata, sekian dan terima kasih.

 

 *[Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 14 Februari 2013]

*[Sudah ditanggapi oleh pihak terkait pada 18 Februari 2013]

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Pelayanan Indomaret Alexindo Mengecewakan
  2. Pelayan Indomaret yang Sangat Tidak Ramah
  3. Label Harga Indomaret Jalan Jaksa Bermasalah
  4. Kelalaian dalam Pelayanan atau Membodohi Konsumen Indomaret
  5. Buruknya Pelayanan Indomaret
  6. Air Minum Cleo Indomaret
  7. Pelayanan Indomaret Area “Rancaekek Wetan/009” Mengecewakan
  8. Kebohongan Publik/ Penipuan Ala Indomaret
  9. Kritikan Tentang Kualitas Barang di Indomaret
  10. Penipuan Ala Indomaret

4 comments

  1. Iqbal says:

    saya pernah mengalaminya.. berkali-kali dengan kasus yang sama seperti anda. Sangat mencoreng nama Indomaret. memberikan kesan tidak profesional dalam mendidik karyawannya..

  2. Beatrice Nathania says:

    Kepada Yth
    Ibu Resika

    Maaf atas pelayanan uang kembalian yang belum sesuai harapan. Meski jumlah uang receh yang beredar terbatas, toko wajib menyediakan uang kembalian sehingga tidak terjadi sebagaimana yang Saudara alami. Kasir yang melakukan hal ini akan ditegur. Agar mudah ditindaklanjuti harap menyebutkan alamat lengkap toko dan identitas kasir. Bila berkenan mohon alamat dan nomor teleponnya. Kasir hendak minta maaf. Terima kasih atas kesetiaan dan masukannya yang membangun bagi Indomaret.

    Hormat kami

    Anna Nenny Kristyawati
    Public Relations Manager
    PT Indomarco Prismatama

  3. lia says:

    Sy jg punya pengalaman tentang kembaliaan.berbelanja di indomaret karapitan bandung. Tgl 8 jan 2014 pukul 13.00 . Sy beli minuman dan roti seharga 8800 . Sy bayar pakai uang kecil 10rb.. Kembalian 1200. Dan dengan spontan kasir yg bernama RISKA (di struk pembelin). Berbicara ” mba 200 пyaa ga ada ,ga apa2 yaah. Sy blm menjawaab dan di beri kembalian 1000.

    Sy mengerutkan alis. Dan sy ambil di dompet 300 rupiah dan memberikan nya kepda kasir. Dan sy minta kembli 500.

    Yg sy sayangkaan
    1. Pertama yg dia lontarkan. Bukan pertanyaan tp per nyataan.
    2. Ke dua sy kasi uang 300 . Dan uang 300 dia simpan agak di lempaar ke plastik putih tumpukan uang receh. Dengan muka yg sedikit kesal merlihat sy memberikan uang 300!

    Sy saangaat menyayangkan dengan perlakuan kasir tersebut. Seharus nya bertaanya terlebih dahulu kepadaa sy. “Mba ada 300 jd sy kembaliin 1500” kaan lebih enak .
    Trus sy sudah memudah kaan diaa dengan memberikan uang 300 . Bukan nya berterima kaasih. Eh malaah jutek. Cape deh. Heheh

    Jika 1 hari ada customer yg tidak di beri kembaliaan 50 orang. Brp kah jumlah kembaaliaan nya????
    Nilai nyya sedikit. Tp sangaat mengecewaan

  4. punk5edan says:

    saya juga sering mengalami kejadian seperti diatas khususnya jakarta pusat cempaka putih saya membeli rokok seharga 16.200,- tertera di rak dan air mineral 5000,- pada saat akan membayar disebutkan 21.600,- yg dimana saya baru tahu ternyata rokok di bon tertera 16.400,- saya membayar dengan uang sebesar 22.000,- yang seharusnya dikembalikan sebesar 600,- tetapi tidak ada kata maaf atau apapun hanya melemparkan uang logam 500,- ke saya ditanya baik2 malah menjawab dengan angkuh tidak ada 100,- trus gimana? tetap saya minta karena itu hak pembeli dan akhirnya dengan muka kesal diberikan uang logam sebesar 200,- 3 buah yg sebenarnya sama saja dengan muka kesal dan sangat angkuh sekali dan pada saat saya keluar toko dia mengucapkan kalimat yang sangat kurang ajar buat saya. inti permasalahnnya saya tidak mempersoalkan uang 100,- nya tetapi sangat tidak sopan sekali pihak indomaret melalui pelayan tokonya memperlakukan pembelinya seperti itu.
    pertanyaan saya adalah
    1. apakah pihak indomaret memang mengajarkan prosedur demikian kepada seluruh pegawainya?
    2. apakah pihak indomaret tidak melakukan seleksi perekrutan yang baik untuk seluruh pegawainya?
    saya sangat menyesalkan sekali dengan pihak indomaret yg sepertinya membiarkan pegawainya melakukan hal seperti itu kepada pembelinya dan sepertinya saya sudah sangat kapok sekali untuk berbelanja di indomaret lagi dengan harga yg lebih mahal ditambah perlakuan yg sangat tidak profesional dari pegawainya dan pastinya saya akan terus menyarankan hal yang sama secara terus menerus kepada semua kenalan saya dan jika tidak ada tanggapan dari pihak indomaret yah saya sudah tidak heran lah pelayannya saja begitu apalagi atasannya tks

Leave a Reply