«

»

Feb
25

Penipuan Online Melalui Facebook “Aneka Cellshop”


Share on Twitter
Ilustrasi

Ilustrasi

 

Saya ingin melaporkan penipuan melalui jual beli di facebook. Mohon bantuan bapak / ibu karena saya tidak tahu dimana lagi saya bisa mengadukan penipuan ini. Nama saya Enny Maryanti. Saya seorang guru honor di salah satu sekolah dasar di Pagar Alam.

Kejadian ini bermula (13-02-2013) saat salah satu guru di tempat saya bekerja menanyakan harga laptop. Lalu secara tidak sengaja saya membuka facebook. Disana saya menemukan ada facebook yang menjual berbagai macam barang elektronik. Aneka cellshop (http://www.facebook.com/aneka.cellshop) namanya. Saya pun tertarik untuk membelikan guru tersebut laptop melalui facebook tersebut dikarenakan harganya yang murah.

Karena saya sering membeli baju dan kosmetik saya tidak menaruh curiga terhadap aneka cellshop. Saya menawarkan kepada guru yang ingin membeli laptop tersebut dan diapun mau. Ada dua guru yang memesan laptop tersebut. Lalu saya mengirim pesan kepada orang yang mengaku sebagai pengelola (0819616947). Saya memesan notebook 722 sebanyak 2 buah. Pengelola memberikan bonos modem GSM sebanyak dua buah. Dengan harga Rp. 2.300.000. lalu saya menyetujuinya.

Saya menanyakan kepada pengelola kapan barang tersebut samapai di tempat tujuan. Lalu pengelola menjamin barang akan sampai 1 atau 2 hari paling lama. Pengelola berkata kepada saya agar besok mentransfer uang tersebut keesokan harinya. Keesokan harinya (14-02-2013) saya mendapatkan pesan untuk menghubungi bendahara aneka cellshop yang mengaku bernama Drs. Harianto (087843030788). Drs Harianto meminta saya mentransfer uang pembelian ke rekening BNI 0262271085 a.n IIN PURWATI.

Lalu saya mentransfer uang pembelian tersebut sebanyak Rp. 2.300.000 pada jam 09.30 lewat atm. Lalu saya menkonfirmasikan kepada Drs. Harianto bahwa saya sudah mentransfernya. Lalu dia ingin mengeceknya terlebih dahulu. Setelah beberapa jam saya dihubungi oleh Drs. Harianto, ia mengatakan barang saya ditahan oleh pihak bea cukai dikarenakan illegal. Lalu ia meminta saya untuk mentranfer uang Rp. 2.000.000. sebagai jaminan untuk bea cukai.

Tanpa berpikir panjang karena terus di janjikan uang tersebut akan dikembalikan sayapun mentranfernya di rek. 0274670256 a.n Romy Nugraha pada jam 13.06. setelah saya mentransfer Drs. Harianto memastikan barang akan sampai keesokan harinya (15-02-2013) paling lambat pukul 12.00. selang beberapa jam Drs. Harianto menghubungi saya lagi. Ia mengatakan pihak JNE meminta uang untuk asuransi barang sebanyak Rp. 1.700.000.

Dengan perasaaan takut saya terus didesak dan diyakinkan bahwa uang tersebut akan dikembalikan oleh pihak aneka cellshop. Dan uang tersebut akan dikembalikan 5 menit setelah saya mentransfer uang asuransi JNE. saya pun mentransfer ke rek BRI 390101000994503 a.n INDRA LESMANA pukul 15.27. lalu saya menghubungi Drs. Harianto untuk mengkorfirmasikan uang tersebut sudah saya kirimkan. 10 menit kemudian Drs. Harianto menghubungi saya, ia meminta saya untuk masuk kedalam atm kembali. Setelah saya masuk di dalam atm ia meminta saya untuk mengikuti semua yang ia katakan.

Ia meminta saya untuk memasukan password atm saya. Lalu mentransfer uang sebanyak Rp. 1.975.577. saya pun mengikuti intruksinya, berhubung saldo saya sisanya 80ribuan, transaksi tersebut pun gagal. Lalu ia berkata kepada saya harus mengisi saldo minimal Rp. 2.500.000 agar uang asuransi dan bea cukai yang telah saya bayar Rp. 3.750.000 dapat dikembalikan. Hari itu bank sudah tutup dan saldo saya telah habis sya pun pulang dengan perasaan was-was.

Apakah benar uang saya akan dikembalikan. Drs. Harianto terus menghubungi saya bahwa uang tersebut benar-benra akan dikembalikan. Keesokkan harinya (15-02-2013) saya mulai berpikir ingin meminjam uang teman-teman saya. Dan benar teman saya mau meminjamkan uang tersebut. Akhirnya saya mengisi saldo tabungan saya sebesar Rp. 3.200.000. dengan cepat saya langsung menghubungi Drs. Harianto lalu dengan bodohnya saya mau di suruh untuk masuk lagi kedalam atam dengan alasan proses pengembalian uang Rp. 3.750.000.

Berhubung saldo saya tidak cukup ia meminta saya menelan transfer lalu mengetik BNI lalu mendiktekan saya untuk mengklik apa yang ia perintahkan. Ia meminta saya mentrasnfer uang sejumlah Rp. 3.102.577 keĀ 0262271085 a.n IIN PURWATI. Dengan tidak sadar saya hanya mengikuti intruksinya di dalam atm, lalu proses transfer itu berhasil. Drs. Harianto meminta saya untuk menunggu 10 menit. Setelah 15 menit saya menghubungi Bpk. Drs Harianto, ia meminta saya mengkorfirmasikan kepada saya untuk langsung menghubungi Drs. Firmansyah (082333332525) yang mengaku sebagai Petugas BI yang akan mengembalikan uang saya, dengan bodohnya saya percaya semua perkataannya.

Lalu saya mengubungi Drs. Firmansyah, lalu ia berkata akan mengkorfirmasikan semuanya kepada kepada Bpk Harianto terlebih dahulu. Setelah beberapa saat Drs. Firmansyah menyuruh saya untuk menelponnya. Saat itu ia menjelaskan kepada saya proses pengembalian uang saya yang berjumlah Rp. 6.900.000 tersebut harus memberikan uang biaya pengembalian dana ke rekening saya sebesar 35 % dari jumlah uang yang akan dikembalikan.

Karena fikiran saya sudah kacau saya dengan tidak berfikir panjang lalu meminjam lagi uang kepada teman saya lagi, lalu saya mentransfer uang Rp. 2.000.000 di rek. 083401002425502 a.n RISMA ANDRIANI pada jam 10.00 untuk pembiayaan uang saya yang akan kembali semuanya. Setelah beberapa menit saya di hubungi oleh Drs. Firmanysah yang menjelaskan uang saya sudah tergabung semuan sebesar RP. 8.900.000 akan tetapi masih berbentuk dolar, untuk merupiahkan uang tersbut saya harus mengirimkan uang sebagai biaya merupiahkannya sbesar 40% dari jumlah uang yang akan dikembalikannya.

Dengan rasa ketakutan kebingungan terdesak di dalam pikiran saya uang saya harus kembali, karena sudah tidak memiliki uang lagi saya meminjam lagii uang tersebut kepada teman saya yang lain. Setelah terkumpul uang saya di haruskan mengirimkan uang tersebut di 083401002425502 a.n RISMA ANDRIANI pada jam 11.53, sebesar Rp. 4.000.000. setelah selasai saya dihubungi oleh Drs. Firmansyah ia mengatakan kepada saya bahwa seluruh uang saya sudah tergabung sebesar Rp. 12.900.000.

Jadi uang itu akan dikembalikan dengan syarat saldo yang saya miliki harus setengah dari uang yang kan di kembalikan yaitu sekitar Rp. 6.000.000. saya sudah mulai kebingungan kemana lagi saya akan meminjam uang tersebut. Tanpa berpikir panjang saya mencari teman lagi untuk meminjamkan uang kepada saya, akhirnya saya mendapatkannya. Saya menghubungi Drs. Firmansyah dengan setengah sadar saya dimintanya untuk masuk kedalam atm, ia menjelaskan itulah proses pengembaliannya, dengan keadaan yang tertekan itu ia dengan terus menerus mensugestikan kepada saya untuk menekan transfer lalu ia meminta saya menuliskan sejumlah uang sebesar Rp. 5.992.577 ke rek 0262271085 a.n IIN PURWATI pukul 13.06. dan transaksi pun berhasil.

Sebenarnya pada saat itu saya mulai sadar bahwa no rek tersebut adalah rek. Awal pada saat saya pertama mentransfer uang tersebut. Lalu setelah saya keluar didalam atm Drs. Firmansyah menghubungi saya bahwa seharusnya saya harus mengisi saldo sebagai pancingan agar uang tersebut kembali saya harus mempunyai saldo sebanyak jumlah yang akan dikembalikan. Yaitu uang saya harus sebanyak Rp. 6.000.000 lagi. Karena pada saat itu sya sudah mulai lelah dan mulai sadar saya pun melaporkan kepada petugas BNI.

Ia mengatakan sepertinya saya memang sudah di tipu. Lalu saya melaporkan penipuan ini kepada pihak polisi setempat. Pada hari itu juga saya di BAP. Kemudian polisi mengatakan kepada saya kasus ini akan diproses pada hari senin. Sampai saat ini saya masih berkomunikasi kepada pihak aneka cellshop Drs. Harianto ia terus menerus meminta kepada saya untuk mentransfer uang lagi di rek. BRI 330601006339533 a.n Erwin Arsyad.

Sebenarnya pada saat saya melakukan semuanya diatas saya mendapatkan tekanan-tekanan, sugesti-sugesti yang membuat saya tidak bisa menolak semua yang diperintahkannya. Saya menjadi orang yang tidak bisa berpikir panjang. saya memmohon kepada bapak / ibu yang berwenang saya ingin minta keadilan, saya ingin uang itu kembali, saya hanya ingin mengembalikan uang teman-teman yang sudah saya pinjam.

Saya sudah putus asa. Saya sudah tidak tahu ingin meminta pertolongan kepada siapa lagi. Mudah-mudahan bapak/ibu mau menolong saya orang kecil yang sudah kena tipu ini. Saya memohon dengan kerendahan hati bpak / ibu mau menolong saya. Mudah-mudahan bapa ibu dapat memproses kasus ini. Agar saya dapat mengembalikan semua utang-utang saya. Saya percaya bapak ibu pasti bisa melacak orang tersebut.

Jika ada perkembangannya saya memohon agar bapak ibu menghubungi saya lewat email saya ini atau di no hp 0852***66***. Terima kasih banyak bapak / ibu semoga Allah membalas semuanya.

scan0012-BAPPenipuan

 

 

 

 

 

 

 

 

*[Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 25 Februari 2013]

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Penipuan Online di Facebook “Batam Handphone”
  2. Sindikat Penipuan Melalui Toko Online
  3. Penipuan Berkedok Online Shop Menggunakan Facebook
  4. Waspada Penipuan Online Shop
  5. PENIPUAN BISNIS ONLINE areabelanja77shop.com
  6. Penipuan Online via Facebook
  7. Penipuan Online Shop “Nuansa Cell”
  8. Penipuan Toko Online di Facebook
  9. Lagi-lagi Penipuan Online jayarayaelectronik.blogspot.com
  10. Penipuan Pembelian Online di Cityhandphone.com

Leave a Reply