«

»

Mar
05

Penipuan Oleh Indovision


Share on Twitter
Ilustrasi

Ilustrasi

Yth Indovision

Langsung saja, saya Arung Isyadi (No. Pelanggan: 401000318363) menyatakan sangat tersinggung dengan ulah Indovision sebagai penyedia jasa layanan Televisi berbayar dan merasa ditipu baik dalam hal layanan, penawaran, dan penyelesaian masalah.

Hal-hal yang saya maksud adalah sbb:

1. Saat saya menyetujui untuk upgrade dari Okevision ke Indovision, saya diberi janji bahwa apabila telah upgrade ke indovision maka saya tidak akan kena pemblokiran layanan menjadi TVRI + tidak dibebankan biaya reconnecting dari blok TVRI only. Kenyataannya sampai hari ini dan detik ini tidak ada perwujudannya. PENIPUAN

2. pembayaran lewat ATM tidak pernah berhasil dan pembayaran yang dilakukan langsung ke kantor Indovision Semarang (sejak saya upgrade ke Indovision) selalu berujung pemblokiran menjadi siaran \”TVRI Only\”. Hal ini menyinggung saya di 2 tempat; pertama saya dijanjikan hal ini tidak akan terjadi (poin 1), kedua SAYA SUDAH MELAKUKAN PEMBAYARAN. PENIPUAN

3. Pembayaran saya yang terakhir memang harus terlambat karena seperti yang saya kemukakan di point 1, di surat tagihan saya keluar tagihan \”reconnecting TVRI\” sehingga saya merasa tidak perlu membayar tagihan ini karena semua kesalahan berasal dari pihak Indovision dan bukan saya, serta penawaran yang saya terima menyebutkan bahwa saya tidak akan dikenakan biaya ini. PENIPUAN

4. Customer Service Care merespon terlalu lama sehingga menimbulkan biaya extra untuk saya menelpon Indovision karena lokasi saya yang di Semarang sehingga harus menelpon interlokal dimana reaksi CSC Indovision sangat mengecewakan dan tidak memberikan solusi sehingga menimbulkan beban extra di tagihan telpon saya. MERUGIKAN KONSUMEN

5. Saya merasa dikhianati secara komitmen dengan Indovision (merujuk pembicaraan terakhir saya dengan Indovision yang berujung pemberian bonus gratis layanan Movie selama 1 bulan). Dimana pembayaran dijanjikan mudah dan saya tidak perlu mengalami hal ini lagi (terutama ini Hari Minggu, dimana kami sekeluarga ingin menikmati hari minggu dengan bersantai dan menonton siaran yang tidak diblok) namun tampaknya Indovision sebagai perusahaan yang memberikan layanan ini tidak peduli sama sekali. PENIPUAN.

6. Indovision dengan memaksakan kehendak tidak pernah memberikan bukti tertulis atas kebenaran ucapan saya (baik mengenai tagihan yang salah cetak maupun layanan yang akan diberikan), hal ini saya rasa sangat merugikan saya dan terbukti merugikan saya dengan pemblokiran layanan saya. PELANGGARAN HAK KONSUMEN

7. Pada surat tagihan terakhir yang saya terima tercantum tagihan yang sudah saya bayar, dimana ini membutuhkan konfirmasi ke kantor cabang Indovision terdekat (menurut CSC Indovision) sehingga membuat pembayaran saya lakukan pada tanggal 1 Maret 2013, sekali lagi kesalahan bukan di pihak saya tapi dari pihak Indovision yang salah memprint tagihan (terbukti tagihan yang harus saya bayar di Indovision Semarang jumlahnya hanya Rp. 217,000.-). Pertanyaannya mana yang benar?! Karena toh setelah saya bayarkan jumlah tagihan tetap saja layanan saya diblok. PENIPUAN

8. Salah satu alasan saya upgrade ke Indovision adalah karena istri saya membutuhkan tayangan MNC Fashion dimana saat saya tanya ke Marketing Indovision (via telpon) + Staf Indovision Semarang “Dibutuhkan upgrade ke Indovision untuk dapat menyaksikan MNC Fashion”, dimana setelahnya saya melihat di iklan bahwa MNC Fashion dapat disaksikan di Okevision dan Indovision. PENIPUAN

9. Saat saya melakukan pembayaran pada tanggal 1-3-2013 saya sudah menanyakan kepada staf Inkaso (pembayaran/kasir/apalah sebutan di Indovision), adakah biaya yang harus saya bayar agar tayangan saya tidak diblok dan dijawab tidak ada. Namun layanan saya diblok. PENIPUAN

10. Saya meminta dengan tegas untuk diberikan statement tagihan saya (tertulis) yang sudah dikoreksi karena alasan CSC Semarang surat tagihan yang saya terima dicetak sebelum pembayaran saya terposting di sistem. Namun dengan alasan tidak bisa dicetak karena hanya tercantum disistem, dan lain sebagainya tidak ada statement koreksi tertulis yang berujung pemblokiran layanan saya.

Indovision bisa beralasan bahwa layanan saya terblokir saat ini karena tagihan bulan ini, namun bagaimana akan dijelaskan tagihan via mail system decoder yang menyebutkan angka yang sama dengan surat tagihan yang saya terima.

Ini menunjukkan bahwa Indovision merasa tidak menerima pembayaran saya untuk 2 bulan, dimana ini membawa kita kepada PELANGGARAN HAK KONSUMEN (untuk menerima bukti pembayaran/koreksi tagihan tertulis) dan PENIPUAN karena Indovision menerima uang saya dan dengan sengaja / tidak membuat pembayaran saya seolah-olah tidak mereka terima untuk keuntungan strategis mereka sendiri.

11. Penipuan Indovision sebenarnya sudah dilakukan sejak saya upgrade ke Indovision yaitu saat saya tanyakan kepada semua staf Indovision (baik Jakarta per telpon dan Semarang) apakah perlu saya mengganti decoder untuk menerima tayangan yang saya inginkan selalu dijawab tidak perlu tapi sampai dengan seminggu kemudian tetap saya tidak bisa menyaksikan tayangan yang dijanjikan kepada saya. Setelah teknisi datang baru saya diberi tahu bahwa decoder saya harus diganti.

Hal ini merugikan saya 9 hari tayangan dan diganti oleh Indovision dengan layanan gratis paket movie selama satu bulan penuh, namun keluar tagihan dibulan berikutnya yang membuat saya mengira bahwa ini tidak benar-benar gratis (tagihan yang sudah dibayar ditagihkan kembali atau saya disebut belum membayar tagihan tanpa dasar yang jelas) yang berujung pada pemblokiran layanan saya. PELANGGARAN HAK KONSUMEN dan PENIPUAN.

12. Saya dijanjikan mendapatkan saluran LiTV, dan sejumlah saluran Style and Fashion lainnya, namun sampai surat ini ditulis tidak saya dapatkan. Saya cukup mengerti karena memang di semua pamflet Indovision paket yang saya ambil tidak menyebutkan channel-channel tersebut, yang saya sesalkan apakah Marketing Indovision sudah terbiasa seperti ini?! Sekali lagi saya merasa ditipu, walaupun sebenarnya ini tidak menjadi masalah untuk saya sampai masalah pemblokiran terjadi lagi sekarang. PENIPUAN

13. Pemblokiran dilakukan hari ini tanpa pemberitahuan apapun (notifikasi terakhir saya terima via layar TV tanggal 28-2-2013 malam), notifikasi tersebut saya anggap tepat karena 2 hari sebelumnya saya sudah mengonfirmasi mengenai tagihan saya yang saya anggap tidak tepat. Pembayaran saya lakukan tanggal 1-3-2013 setelah saya konfirmasikan tagihan saya dengan kantor cabang Semarang. Apakah tidak ada kontrol dari Indovision untuk pembayaran yang langsung dibayarkan ke kantor cabang Indovision, sehingga dengan egoisnya memblokir layanan saya?!

Buruknya semua keluhan saya tidak dilayani sama sekali (telpon, email, sms, dan facebook) jangankan dilayani ditanggapi pun tidak. Kesimpulan saya (koreksi bila salah) Indovision bisa memutuskan layanan pelanggan di hari Minggu tapi tidak bisa melayani konsumen di hari Minggu sehingga walaupun seorang konsumen posisinya benar dia tetap tidak bisa menikmati layanan karena Indovision menyatakan konsumen ini belum membayar tanpa ada crosscheck data dengan cabang sebelum hari minggu tiba.

Padahal pembayaran dilakukan hari Jumat 1-3-2013 Pagi sebelum jam 09.00 WIB jadi sebelum hari minggu tiba seharusnya, masih ada 2 hari sebelum set system untuk pemblokiran layanan konsumen. MERUGIKAN KONSUMEN, PELANGGARAN HAK KONSUMEN, dan PENIPUAN (janji bahwa tidak ada pemblokiran layanan karena sudah melakukan pembayaran oleh Indovision Semarang).
14. Saya merasa dirugikan secara materi dan non materi, dengan rincian sebagai berikut:

a. materi:
– uang pembayaran saya untuk tagihan bulan maret
– transport saya ke kantor Indovision Semarang (PP)
– tagihan telpon saya untuk telpon ke CSC Indovision (SLJJ – 021-500900)
– Tagihan Internet saya untuk mengajukan complain via Email dan Facebook.
– Biaya yang harus saya keluarkan untuk menghibur anak saya yang tidak bisa menonton Disney Channel.
– Biaya yang harus saya keluarkan untuk membeli beberapa majalah karena istri saya tidak bisa menyaksikan MNC Fashion hari ini dimana ada liputan yang sangat penting yang harus dilihat istri saya.

b.non materi:
– Hilangnya kesempatan saya beristirahat dengan tenang di hari minggu sambil menikmati hak saya yang sudah saya bayar
– Energi saya yang harus terbuang sia-sia karena Indovision memblok layanan saya – Rusaknya beberapa elemen sound system saya karena harus switch ke TV biasa dengan tergesa-gesa karena Indovision memblok layanan saya.

Saya paham betul hak dan kewajiban saya sebagai konsumen, berikut apa yang sudah saya lakukan sebagai seorang konsumen: Itikad baik saya:

1. Saya sudah berusaha menghubungi semua cara yang mungkin untuk menyampaikan keluhan dan keberatan saya.

2. Saya sudah menunggu sampai dengan hari ini berakhir, namun tampaknya tidak ada itikad baik dari pihak Indovision untuk (paling tidak) menanggapi keluhan saya (melanggar UU perlindungan Konsumen).

3. Decoder saya tetap terkoneksi dan menyala agar bisa memudahkan pihak Indovision melakukan perbaikan terhadap pemblokiran saya.

4. Dengan hari ini berakhir, berarti total sudah 13 hari tayang saya dirugikan oleh Indovision (9 hari waktu upgrade ke Indovision, 3 hari terhitung dari 1-3-2013 sampai dengan hari ini karena pemblokiran ini berarti sejak kemarin saya menyaksikan tayangan yang akan dibebankan kepada saya bulan depan karena saya masih dinilai belum membayar)

Bersama ini saya harapkan adanya ganti rugi dari pihak Indovision terhadap semua kerugian yang saya tanggung (materi dan non materi) atas perilaku yang tidak bertanggung jawab dari Indovision.

Semua bukti (copy nota, copy tagihan, foto layar monitor tagihan saya yang terkoreksi, tulisan tangan staf Indovision Semarang) sudah saya siapkan dengan baik apabila hendak diverifikasi, dan saya merasa cukup untuk membuktikan ketidak bersalahan saya serta bukti perlakuan Indovision yang sewenang-wenang terhadap saya sebagai konsumen.
Demikian saya sampaikan, semoga ada solusi yang terbaik bagi kedua belah pihak.

Terima kasih, Arung Isyadi

 

Arung Priyo Isyadi
Jalan Kyai Mojo Nomor 37,
Srondol Kulon, Banyumanik
Semarang, Jawa Tengah. 50263
Indonesia

Bukti-Bayar-periode-Maret-2013 indovision

 

 

 

 

 

 

 

 

*[Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 5 Maret 2013]

 

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Keluhan Indovision “Layanan Ini Diblokir”
  2. Indovision Cuma Bisa Menipu
  3. Kecewa Dengan Pelayanan Indovision
  4. Penggandaan Tagihan Indovision
  5. Pelayanan Indovision Sangat Jelek
  6. Tagihan Indovision Tidak Sesuai dengan Perjanjian Awal
  7. Pelayanan Indovision Sangat Buruk
  8. Tayangan Indovision Diblokir Lagi
  9. Tayangan TV Kabel Indovision Saya Diblok
  10. Memasang Indovision? Pikirkan 100x Dulu

1 ping

  1. Komplain Untuk Indovision » Rumah Pengaduan says:

    […] kembali dimasukkan ke http://www.rumahpengaduan.com karena pengaduan ini merupakan kelanjutan dari pengaduan sebelumnya yang juga sudah diakui oleh pihak Indovision bahwa mereka sudah menerima pengaduan ini melalui […]

Leave a Reply