«

»

Mar
08

Pembodohan Klien yang Dilakukan Perusahaan Asuransi Cigna


Share on Twitter
Ilustrasi

Ilustrasi

 

Dengan forum ini saya ingin mengadukan kejadian yang saya alami. Semoga saya mendapat jalan keluar serta memberi informasi kepada masyarakat yang lainnya tentang perusahaan asuransi CIGNA Akhir-akhir ini saya sering ditelepon oleh perusahaan asruransi mereka mendapatkan Id dari kartu kredit saya di BCA (karena saya memang pemegang CC BCA).

Awalnya saya selalu menolak tawaran asuransi dari manapun. Saya tidak pernah berminat atau tertarik dengan produk apapun sejenis asuransi. Tapi suatu hari ketika sedang tidurr siang saya menerima telephone lagi dari suatu perusahaan asuransi yang bernama CIGNA.

Waktu itu saya dalam keadaan yang kurang sadar karena bangun tidurr (ngantuk sekali) lalu terlanjur meng “iya” kan tawaran asuransi tersebut. Sorenya saya teringat akan telephone dr pihak asuransi itu lantas saya telephone mereka. Singkat kata saya bertanya tentang produk yg mereka tawarkan. Ternyata saya ikut asuransi bernama “healthy extra asurancy”. Ketika itu saya ditelepon sekitar tanggal 25 januari 2013. Lalu tanggal 3 February saya mendapat billing tagihan kartu kredit dari BCA dan disitu tertera ada biaya premi dari CIGNA sebesar Rp.161.999,-.

Lalu saya telepon Halo BCA dan mereka mengiyakan jika memang ada tagihan premi dari asuransi CIGNA tersebut. Saya bingung buku polis saja belum saya pegang (dapatkan) dan juga baru beberapa hari semenjak telepon persetujuan ikut asuransi itu. Lalu esoknya saya saya tanya kepada pihak CIGNA via telephone (ditekankan jika semua komunikasi saya dengan CIGNA smua melalui telephone dan katanya semua direkam oleh CIGNA. Karena saya tinggal di kota Sukabumi dan kantor CIGNA ada di jakarta). Kemudian CIGNA membenarkan memang sudah ada tanggung jawab dari saya untuk bayar premi bulanan sebesar 161.999,- terhitung tanggal 29 january 2013.

Lalu saya tanyakan jika begitu mana buku polis nya. Mereka berjanji akan memberikannya 14hari kerja terhitung tanggal 29 january 2013. Dan saya pun dengan taat membayar tagihan kartu kredit saya beserta premi yang tertera ditagihan kartu saya. Tapi 2 minggu buku itu belum saya terima. Lantas saya telepon lagi CIGNA. Jawaban pertama mereka bilang sedang diproses. Lantas mereka menanyakan email saya. Lalu saya berikan email saya karena mereka bilang walaupun belum samapi buku polis tersebut kepada saya, mereka akan kirim salinannya via email.

Kemudian saya setuju. Dan saya tunggu lagi email tsb dr pihak CIGNA Kemudian beberapa hari kemudian pihak CIGNA menelepon saya mereka meminta maaf karena keberatan saya ditelepon beberapa hari sebelumnya itu. Lalu mereka sekalian meminta alamat rumah saya guna memberikan info alamat tempat tinggal saya jika alamat pertama tidak bisa terkirim. Lantas saya berikan alamat ke 2 saya kepada pihak CIGNA. Lalu sampai tanggal 6 maret buku polis tersebut tdk juga saya terima. Padahal janji mereka hanya 14 hari kerja terhitung tanggal 29 Januari 2013 (berarti semestinya tanggal 12 February 2013 buku itu sudah ada dipihak saya).

Sedangkan tagihan premi bulan ke dua dari billing tagihan kartu kredit sya sudah tertagih kembali sebesar RP.161.999,-. Jelas saya keberatan. Saya bertanaya-tanya sebenarnya saya mengikuti program apa? Kenapa tiap bulan saya harus membayar sebesar RP 161.999,- sedangkan bukti apapun saya tidak punya (tidak ada data satupun dipihak saya jika saya harus membayar sejumlah uang kepada pihak lain.

Lalu saya telepon kembali CIGNA, mereka beralasan jika buku itu tidak sampai di alamat saya dan kembali lagi pada mereka. Tapi yang saya aneh mereka menanyakan kembali apakah ada alamat kedua yang mereka bisa tuju dan kembali menanyakan apakah saya mempunyai alamat email apa tidak? . Bukankah pertanyaan tersebut 2,2nya telah saya berikan jawabannya???

Lalu 2minggu kemarin terakhir mereka bilang masih dalam proses dikantor mereka bilang bukan nya telah dikirim dan lalu dokumen kembali. Dan jika iya pun buku itu telah dikirim kepada saya, dan tertolak. Pasti mereka menghubungi saya langsung untuk memeberikan keterangan dan menanyakan kembali alamat saya. Tapi hal itu tidak terjadi.

Sampai saya menelepon mereka kembali. Karena saya kecewa lantas saya membatalkan asuransi tersebut lewat telepon. Yang anehnya mereka bilang premi tetap harus saya bayar dibulan ke dua dan mungkin bulan ketiga juga sudah masuk di billing tagihan kartu kredit untuk bulan berikutnya dan kemudian mereka menyuruh saya untuk menanyakan kepada pihak BCA.

Saya sangat kecewa karena pihak BCA bicara pada saya jika mereka tidak tahu menahu masalah apapun dengan pihak lain. BCA hanya memfasilitasi pembayaran dan juga membantu penutupan asuransi jika saya menghendaki. Jadi seperti dilempar sana-sini. Dan yang sya bingung apa yang saya bayar ini. Perlu diingat saya belum pernah tanda tangani berkas apapun dengan CIGNA.
Tapi CIGNA bilang memang perjanjian kami tidak perlu tanda tangan. di buku polis pun tidak ada kolom yang menyediakan tempat untuk tanda tangan saya guna bukti ketersediaan saya mengikuti asuransi tersebut. Ya saya sangat kecewa. Saya seperti dipermainkan dan ditipu oleh asuransi CIGNA. Saya tidak tahu harus meminta tolong pada siapa karena saya tidak paham betul dengan asuransi… Hanya ini yang saya bisa buat, mengadu lewat forum ini.. Terima kasih…

 

Rubby
Jl.Pelabuan 2 No 347 Cikondang
RT/RW 001/002
kel : Cikondang. kec : Citamiang
Kota Sukabumi Jawa Barat, 43142

 

 

*[Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 8 Maret 2013]

*[Sudah ditanggapi oleh pihak terkait]

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Asuransi Chartis Sulit Dihubungi
  2. Pelayanan BCA Cabang Rajawali Palembang yang Tidak Memuaskan
  3. Kecewa dengan Klien Groupon Disdus
  4. Manajemen Bank Mega yang Tidak Professional
  5. Lagi, Pelayanan Kurir Kartu Kredit Bank Mega Yang Sangat Payah
  6. Penagihan Kartu Kredit yang Sudah Ditutup serta Perlakuan Kasar Bank Mega
  7. Iuran Tahunan dari Kartu Kredit Bank Mega yang Sudah Ditutup dan SMS Kasar
  8. Hati-hati Penipuan KK Mega Carrefour dan Asuransi AIA
  9. Kartu Kredit Mega Carrefour Yang Mengecewakan
  10. Pemblokiran Dana Di Rekening BCA Dengan Alasan Yang Tidak Jelas

7 comments

  1. Tim RP.com says:

    Berikut adalah penyelesaian kasus di atas yang dikirimkan Sdr.Rubby ke email rumah pengaduan:

    Sehubungan dengan pengaduan saya di forum ini kepada asuransi signa, Saya berterima kasih kepada rumah pengaduan ini karena respon yang sangat cepat dan tepat sasaran. Disini saya sangat berterima kasih kepada forum ini karena dengan adanya tindakan yang dilakukan oleh rumah pengaduan ini kepada pihak asuransi signa, saya mendapatkan respon dari pihak signa dengan cepat. Dan mereka pun meminta maaf kepada saya dan menjelaskan miss communication yang terjadi antara kami. Ya.. Walaupun apa yang terjadi terhadap saya seperti yang saya alami di aduan yang lalu tidak berpengaruh apa2 terhadap prosesnya. Tapi saya cukup merasa berterimakasih juga kepada asuransi signa karena mereka berkenan meminta maaf dan terus menjaga silaturahmi antara kami. Saya salut akan hal itu. Dan mereka juga cukup cepat merespon aduan saya ini dan berjanji akan memperbaiki kualitas jasa yang mereka tawarkan. Sekian terima kasih kepada keduanya…

  2. kristina says:

    Kekecewaan terhadap asuransi cigna:

    Saya merasa asuransi cigna merupakan perusahaan asuransi yang hanya mengambil keuntungan dengan bersilat lidah dimana dengan polis yang tidak jelas dan dengan hanya via telepon saja.
    Hal ini juga dialami pa” saya akhirnya dia terus membayar sampai dengan 2 tahun dengan hanya menerima buku polis dan itupun terlambat pengiriman. yang membuat kecewa ternyata tidak ada untungnya mengikuti asuransi tersebut karena jika pembatalan pun uang yang kita bayarkan sebagai premi hangus padahal di polis di jelaskan bahwa ada pengembalian premi dan ketika dihubungin mereka berkelit bahwa itu pengembalian ketika premi awal saja. Untuk sekedar sharing menghubungi signa juga sangat sulit apalagi melalui no tlp yang berada di polis tidak bisa dihubungi akhirnya saya mencari no telpon signa melalui internet.

    Mohon agar prosedur telemarketing cigna diubah karena hal tersebut sangat merugikan customer.

    Terima kasih,
    Kristina

  3. anton says:

    asuransi palsu. jaman sekarang ini, transaksi sekecil apaun nominalnya ya harus ada bukti / kwitansi / struk / bukti apapun yg menyatakan bahwa telah terjadi transaksi. apalagi menyangkut asuransi atau perbankan, masa cuma lewat telepon aja langsun deal. nonsens

  4. tamrin says:

    Berbagai cara untuk membatalkan Penipu asuransi Cigna telah dilakukan, semuanya gagal, mohon bantuannya barangkali ada yang punya pengalaman cara pembatalan yang telah berhasil, apakah dengan cara menutup rekening dan kartu kredit bisa memutus hubungan dg cigna? perlu diketahui saya sudah terlanjur ketipu, dan sudah 7 bulan Cigna mendebet kartu kredit saya.

    1. imaniar says:

      Cigna memang melakukan hal yg ilegal.melalui marketing juga menelpon data nasabah yang sudah terdaftar dan ditawarkan produk baru. Namun mereka juga menyarankan untuk menutup produk yang sudah ada. Hal ini sangat merugikan nasabah yg belum menerima manfaat dari asuransi namun harus menutup dan kehilangan uang premi. Serta membayar dari awal lagi. Hal ini adalah ilegal karena tanpa sepengetahuan nasabah dan hak pencairan preminya diabaikan. Untuk persetujuan cara pembayaran disarankan jangan menandatangani formulir autodebet kartu kredit maupun bank yg bekerjasama dengan cigna. Disarankan jangan langsung mengiyakan marketing dan menyerahkan dokumen apapun atw menggesek kartu kredit di mesin edc yg digunakan oleh cigna.

  5. Yessi says:

    Saya mengikuti asuransi cigna dari desember 2010 sering mendengar keburukan tentang cigna saya ingin membatalkan polis… kemaren tgl 6 februari 2015 sudah menghubungi cs cigna namun sangat membuat saya kecewa ternyata bila membatalkan polis premi tidak akan kembali… padahal saya belum pernah klaim dan premi yg saya bayarkan selama ini total hampir 5 juta. Dan di bukupun tertulis di pasal 5 bahwa penanggung akan mengembalikan premi tersebut dalam waktu selambat-lambatnya 60 hari kalender setelah penanggung menerima surat permohonan pembatalan polis.

  6. wahyuqway says:

    hati hati cigna,sebarkan k semua media

Leave a Reply