«

»

May
07

Pungli KUA Kecamatan Limo Depok


Share on Twitter

 

Ilustrasi

Ilustrasi

Saya saat ini sedang mengurus dokumen untuk pernikahan di Jerman dengan WNA. Dokumen yang saya butuhkan hanya surat numpang nikah dan surat pernyataan belum menikah dari KUA Kec. Limo Depok.

Namun ketika saya datang dengan kelengkapan dokumen dari Kelurahan berupa dokumen N1, N2 dan N4, KTP, KK dan data calon suami, pihak KUA Kec. Limo langsung menarifkan biaya Rp, 1,000,000 hanya untuk surat pernyataan “belum menikah” dan “specimen” tanda tangan kepala KUA yang hanya berupa Tanda tangan Kepala KUA dan stempel saja.

Ketika saya meminta tanda terima untuk biaya tersebut, mereka bilang bahwa dokumen (surat keterangan belum menikah dan specimen) yang mereka buat tersebut adalah tanda terima nya, jujur agak aneh! Saya juga tanya apakah peraturan ini memang ada? karena jika memang uang tersebut untuk negara dan legal, saya sama sekali tidak keberatan.

Pihak KUA juga sempat menjawab bahwa peraturan ini memang ada dan tarifnya tergantung jarak tempat nikah akan diselenggarakan. Jika keterangan ini mengada-ada hanya untuk mendukung PUNGLI tsb maka ini namanya pembodohan masyarakat. Pendek kata, tarif Rp. 1,000,000 tersebut mutlak tidak bisa diganggu gugat, pihak KUA pun sempat berpesan agar saya menaruh uang tersebut dalam amplop tertutup yang kesannya bagi saya seperti bersembunyi2.

Saya prihatin dengan kondisi seperti ini, karena banyak sekali orang yang hendak menikah dan mungkin dengan budget pas-pas an harus dipersulit dengan adanya pungli dari KUA yang semakin hari semakin dianggap wajar. Jujur, saya malu dengan pungli di kantor urusan AGAMA, sangat ironis, seharusnya mereka lebih tahu bahwa memudahkan urusan pernikahan adalah tindakan terpuji. Wallahua’lam.

 

*[Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 7 Mei 2013]

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Pungli KUA Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung
  2. Pungli KUA Kec. Larangan – Tangerang – Banten
  3. Pungli Dan Kelalaian Petugas KUA Kota Cimahi
  4. Pungli di Samsat Cileduk
  5. KTP Disita Petugas Kecamatan!
  6. Pungutan Liar di Kelurahan dan KUA Ciracas Jakarta Timur
  7. Pungli di Polres Bangli
  8. Pungli di Samsat Kabupaten Bekasi, Untuk Pengurusan STNK Hilang
  9. Pungli SIM
  10. Pungli E-KTP

Leave a Reply