«

»

Jun
05

Hati-hati Penipuan Lowongan Kerja PT. Wilmar International Limited -Indonesia Operation


Share on Twitter

penipuan-lowongan-kerja

 

Waspada dengan Penipuan Lowongan pekerjaan mengatasnamakan PT. WILMAR INTERNATIONAL LIMITED -INDONESIA OPERATION. Hari Jumat 31 mei 2013 yang lalu saya baru saja di tipu oleh beberapa orang yang mengatasnamakan
PT. WILMAR INTERNATIONAL LIMITED -INDONESIA OPERATION
Alamat:Kuningan Mulia kav.9B Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12980
email : recruitment.wilmarindonesia@gmail.com

Awal cerita saya mencari pekerjaan melalui media online setelah melihat beberapa lowongan yang sesuai dengan kapasitas saya, lalu saya putuskan untuk melamar ke bebrapa perusahan melaui email. Kemudian Pada hari rabu 29 mei 2013 saya menerima satu balasan dari lamaran tersebut :
Undangan tahapan seleksi PT. WILMAR INTERNATIONAL LIMITED -INDONESIA OPERATION untuk memastikan lalu saya menlepon pihak HRD nya :

ABDI R.HIDAYAT :
No.telp:085200111099
Office : +622140458444
(nama dan no ini tertera dalam undangan)

Dan katanya itu benar lalu saya baca lagi undangan yang sangat rapi dan lengkap tersebut (dalam format PDF dengan 13 halaman) dalam undangan tersebut saya di haruskan untuk pergi ke jakarta untuk mengikuti tahapan recrutment selama 3 hari = 1 – 3 juni 2013. Dengan iming-iming semua biaya yang saya keluarkan nantinya akan di ganti asalkan bon – kwitansi dan bukti transfernya tidak hilang walaupun dalam tahapan recrutment nanti saya dinyatakan tidak lulus.

Nah untuk pergi ke Jakarta saya di haruskan membeli tiket pesawat yang akan di uruskan oleh travel yg bekerja sama dengan dengan mereka yakni DIVA TRAVELINDO (Ged.megaria 2nd F jl. Diponegoro (021) 314 -2361 (kalau saya beli menggunakan jasa travel lain atau langsung beli ke masakapinya mereka tidak mau ganti dengan alasan pihak DIVA TRAVELINDO juga lah yg akan mengantar jemput saya ke tempat penginapan dan ke gedung tempat pelaksanaannya).

Lalu saya mencoba menghubungi salah satu karyawannya
DANI MAHENDRA
Ticketing dan reservation
082311112552 (nama dan no ini tertera dalam undangan)

Lalu dia dia menyuruh saya mentransfer uang sebesar Rp 1.372.000 ke rek BRI SYAMSUL BAHRI 1105-01-006974-50-9. Dan pada tanggal 31 mei jam 10:34 saya transfer lah uang tersebut melalui teller di bank BRI Cabang aksara – Medan. Beberapa menit kemudian mereka mengirimi saya sms yang berisi kode peserta recrutment dan menyatakan akan segera mengirimi kode bookinng dan e-ticketing saya.

Lalu mereka sms lagi meminta pembayaran reservasi penginapan dan uang konsumsi sebesar Rp 1.450.000 lalu pukul 13:10 saya transfer lagi uang melalui bank yg sama setelah pengiriman uang tersebut mereka menyatakan akan segera mengirimi saya kartu tes peserta recrutment. Sekitar pukul 15:48 saya menerima email e-ticketing dari diva travelindo dan pukul 16:45 saya menerima kartu tes peserta dari dan mereka mengaharuskan men cetak file tersebut.

E- ticketing di gunakan untuk ditunjukkan ke pihak maskapai dan akan diganti dengan tiket nantinya dan kartu tes di gunakan untuk masuk ke gedung acara. Lalu sekitar pukul 17:00 saya berangkat ke bandara POLONIA- Medan dikarekan pesawat saya berangkat pukul 19:10 dengan masakapai LION AIR.

Dalam perjalanan pihak travelnya menelpon dan dia memberi tahu bahwa ada gangguan jaringan antara pihak LION AIR dengan mereka jadi kode booking saya belum aktif dan mereka menyakan akan menghubungkan dengan saya dengan pihak lion dengan menggunakan jaringan ATM dan akan membebankan saya dana sebesar Rp 7.500 setelah sampai bandara.

Sekitar pukul 17:50 saya kembali komunikasi dengan mereka (dalam ruangan mesin ATM) dalam komunikasi ini saya juga di hubungkan dengan pihak yang mengakunya dari LION AIR mereka menyuruh saya memencet tombol ini dan itu dan itu tak berhasil karena ada gangguan jaringan ATM.

Karena tidak berhasil mereka mencari solusi lain dan mereka menyatakan mereka meminta pihak Lion menunda sebentar penerbanganya. sekitar pukul 18:20 mereka menyuruh saya untuk mengisi pulsa sebesar Rp 100.000 ke no: 085200064888 karena mereka akan mengaktifkan kode booking saya dengan kode transfer pulsa.

Setelah dikirim sekali lalu mereka minta sekali lagi di double jadi lah pulsa yang terkirim Rp:200.000 dengan iming-iming mereka akan menggantinya asal ada kwitansinya.

Lalu mereka meminta saya mengirimi lagi pulsa sebesar Rp 500.000 tapi ke toko pulsa yg berbeda dan sejak saat itu baru lah saya sadar saya sudah di tipu dan waktu itu sudah pukul 18:40 lalu saya bilang saya tidak punya uang lagi.

Karena sangat panik saya langsung ke pihak maskapai LION AIR dan pihak maskapai menyatakan saya telah di tipu dan mereka tidak membantu sama sekali, mereka hanya menyatakan saya tertipu dan malah menyuruh saya menghapal alamat web mereka. Tapi ini adalah kebodohan dan kekhilafan saya semoga teman-teman dan saya terus belajar jadi kejadian ini.

 

Arif Kusman
Jl.Pelajar Timur Ujung No: 3 Medan
Medan, Sumatera utara. 20228
Indonesia

 

*[Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 5 Juni 2013]

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Penipuan Lowongan Kerja Perusahaan di Daerah Manggarai Jakarta Selatan
  2. Pemalsuan dan Penipuan Nama HRD PT Adaro Indonesia dan Angkasa Pura Travel
  3. Pemerintah Banyak Melanggar Mengenai Aturan Tenaga Kerja
  4. HATI-HATI www.sentraponsel77.blogspot.com PENIPU
  5. Hati-Hati Penipuan Situs www.alaskashopping.blogspot.com
  6. Hati-Hati Undian Indosat Berkedok Website/Situs Palsu
  7. Hati-hati Dengan Toko Online Penipu (kios-sepeda.com)
  8. Hati-hati Dengan Kartu Kredit Standard Chartered!!
  9. Hati-hati Dengan Tagihan Telkomsel
  10. Hati-hati Dengan Bank Mega

11 comments

  1. Yuli Avifah says:

    iya, saya juga dapet tuh panggilan wilmar yang bulan mei juni
    beruntunglah tidak saya tindak lanjuti

    terimakasih infonya ya ito :)

  2. Jee says:

    wah makasih bgt ya buat sharingnya, soalnya saya baru saja dapat panggilan YANG PERSIS SAMA dari YANG KATANYA MENGAKU WILMAR, DENGAN MODUS YANG SAMA pula. Hampir saja saya tertipu, dan untunglah saya membaca keternagn dari saudara, terimakasih banyak ya.

  3. ferdiansah ramadhana says:

    Informasi yang sangat membantu sekali ,
    karena saya juga mendapatkan nya . . . . .
    untung sekali saya TIDAK TERTIPU . . . . .
    saya dapat panggilan hari ini , PERSIS SEKALI !!!!! . . . .

  4. ruli says:

    bausan bgt dapat sms seperti itu, terimakasih info nya..

  5. arif kusman says:

    ok… teman-teman terus smngat cari kerjanya dan jangan sampai teman-teman yang lain tertipu pula… cukup saya saja yg jadi korban.. ingatkan teman-teman yg lain supaya berhati-hati dan jeli…
    *keep positift and say to no a liar

  6. friska says:

    barusan saya dpt email dr wilmar, namun subjeknya kosong dan hanya berisi email alamatnya saja.. *nampaknya sang penipu lupa utk mengupload file undangannya, sedangkan teman saya mendapat undangannya dgn format pdf, dan saya disuruh utk membacanya, ketika saya teliti ada keanehan diemailnya bahwa harus membeli tiket di travel dll. hmm
    setelah saya searching di google, ternyata bener sudah ada yg pernah tertipu..
    hmm
    berarti sampai sekarang sang penipu masih memiliki modus penipuan yang sama,,

  7. noni says:

    iya bro… banyak penipuan. termasuk beli ticket onlien yang mengatas namakan Ramantha Tour. Hati-hati deh ini juga biang penipuan .. PENIPUAN TICKET ONLEINE…..

  8. heriyadi says:

    sama persis nih saya dapat sms dari no HP. 0812 4341 1567 a.n Abdi Rahmat Hidayat katanya saya lolos kualifikasi dan menghubungi menara tour and travel dan saya disuruh transfer 1.800.000 buat ticket PP Balikpapan Jakarta, setelah saya cek ticketnya PP cuma 1.000.000, untung saja saya lg ga ada duit buat nebus ticket makanya ga jadi, Alhamdulillah saya baca ini jd ga ketipu, thanks bro

  9. Novrizal says:

    Salam teman-teman,
    setelah membaca berita di atas saya memastikan diri tertipu oleh penerimaan PT SMART Tbk, jangan tertawa dulu, karena prof ataupun DR sekalipun bisa tertipu, siapa saja tetapi banyak yang malu untuk melapor karena merasa pintar. dengan makin canggih teknologi maka makin canggih penipuan walaupun dana yang keluar 100 rupiah ataupun 100,000 sama sama tertipu, bagaimana caranya? dengan memberikan masukan dan tips untuk mencegah penipuan.
    untuk kasus PT SMART Tbk mereka menggunakan email: seperti resmi (walaupun di web mereka kita bisa juga melakukan lamaran secara online). memakai Tours and travel bajakan: Menara Tours and travel(palsu). dan lain sebagainya. intinya pergunakan mbah google ataupun mesin pencari dan hubungi semua koneksi pertemanan anda, jangan terburu-buru, pastikan anda tidak mengambil keputusan sendiri. interview pastinya dilakukan jarak jauh dahulu dan secara resmi kalaupun sistem pembayaran ditempat tujuan kita sendirilah yang membeli tiket pulang pergi dan menginap bebas selama pada saat wawancara kita hadir tepat waktu. untuk perusahaan yang punya cabang secara resmi untuk perekrutan pegawai tergantung penerimaan dipusat atau cabang, ulasan panjangnya sudah banyak yang terpenting hati-hati dan waspada semoga para penipu akan menerima balasannya. Amin

  10. [Lowongan Kerja|Lowongan Kerja Terbaru|Lowongan Kerja di Jakarta] says:

    I merely cannot disappear completely your website in advance of advising that I incredibly loved the normal information anyone present for a readers? Is going to be again ceaselessly to check completely new threads

  11. pinguin says:

    saya juga pernah mengalami hal yang sama dengan modus yang sama tetapi dari perusahaan PT Pertamina Medika di Balikpapan, transfer uang harus dengan jasa travel yang telah ditunjuk dari pihak perusahaan. beberapa menit sebelum batas jam pengiriman uang, saya berfikir kembali masa iya sich pihak pertamina, perusahaan besar gak ada dana untuk recruitment pegawai, mereka juga pasti gak akan rugi dong kalo membelikan tiket pesawat. akhirnya saya curiga dan tidak jadi mengirim uang tersebut. karena teman saya juga pernah harus ke kalbar dan sumatera tiket langsung dibelikan perusahaan dan ditemani pihak perusahaan, jadi…semenjak saat itu saya berhati” banget mending kalo mau mendaftar langsung ke web resmi perusahaan saja…

    terimakasih juga ya infonya..jadi menambah info…semoga lebih berhati” lagi buat kita semuaa…salam…^^

Leave a Reply