«

»

Jun
20

Waspada Penipuan Online Lewat Facebook “Forum Jual Beli Batam”


Share on Twitter

facebook-penipuan

 

Saya ingin menyampaikan aduan atas PENIPUAN ONLINE yang telah dilakukan oleh :
Nama : Heri Yanto
No HP : 0853 4788 8899
No Rekening : 0995-01-005179508 a/n HERI YANTO
Mengaku berdomisili di : Jl. HR Soebrantas No. 015 Pekanbaru – Riau.

Kronologisnya sebagai berikut : Tgl 17 Juni 2013 (Hari Senin ini). Si Pelaku memasang iklan di Facebook “Forum Jual Beli Batam” Isi iklan adalah menjual HP Merk Samsung Galaxy Note N7000 dengan details spesifikasi dan juga photo terpampang di facebook.

HP dijual dengan harga Rp 1,9 juta. Karena tertarik dengan iklan tersebut, Saya hubungi si Pelaku via SMS ke nomor 0853 4788 8899. Saya bertanya lokasi penjual di Batam sebelah mana? Saya mau tawar Rp 1,5 juta. Lalu si Pelaku membalas SMS bahwa dia ada di PEKANBARU. Si Pelaku DEAL dengan tawaran saya.

Lalu , Saya SMS lagi tanya bagaimana proses transaksinya? Si Pelaku jawab bahwa Saya harus transfer dulu DP 50% dari total harga Handphonenya. Setelah transfer, barang baru bisa dikirim. Setelah barang saya terima dan dicek dalam kondisi bagus, baru saya diminta melunasi sisanya. Total harga barang sesuai kesepakatan adalah Rp 1,5 JUTA.

Karena saya ingin meyakinkan diri, maka saya telpon si Pelaku. Akhirnya saya tersambung dengan si Pelaku. Setelah pembicaraan di telpon, dia menanyakan kapan saya bisa transfer. Akhirnya siang jam 12:09 saya transfer ke rekening Pelaku (diatas). Si Pelaku meminta saya transfernya digenapkan dari Rp 750rb menjadi Rp 800rb.

Terlampir bukti setoran transfer yg saya lakukan ke rekening pelaku. Setelah transfer, saya SMS pelaku bahwa saya sudah transfer sebesar Rp 800rb sesuai permintaan. Si Pelaku membalas bahwa barang dibungkus dan dia menuju JNE untuk pengiriman. Tapi kemudian dia minta saya untuk telpon. Akhirnya, si Pelaku telpon ke nomor saya 0819 9089 4426. Tapi saat saya terima telpon si Pelaku, suaranya beda sama suara Pelaku Pertama.

Si Penelpon mengaku sebagai Bossnya. Dengan logat daerahnya, dia meminta saya untuk melunasi terlebih dahulu pembelian barang sebelum dia bisa kirim barang dari Pekanbaru ke Batam. Hingga kejadian itu, saya curiga karena kok si penjual tidak komit dengan apa yg dia sampaikan ke saya yaitu Saya diminta bayar DP 50% dulu, pelunasan dilakukan setelah barang diterima.

Tapi saat setelah transfer, si penjual malah telpon bahwa si boss tidak mau kirim barang kalo saya tidak melunasi semua harga barang. Maka, saya minta untuk ditransfer balik uang Rp 800rb ke rekening saya karena si penjual tidak menepati perjanjian diawal.

Tapi, si Pelaku malah bilang, bahwa saya tidak boleh meng-cancel pemesanan barang. Kalo cancel, maka uang saya akan hangus. Hingga aduan ini saya buat, si Pelaku masih bersikeras tidak mau mengembalikan uang saya sebesar Rp 800rb, malah meminta saya untuk segera melunasi pembayaran.

Dan hingga saat ini, tidak ada kabar dari si Pelaku berupa no.Resi JNE jika barang benar-benar dikirim. Si Pelaku tidak mau kirim barang. Demikian laporan saya sampaikan untuk ditindaklanjuti.

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Penipuan Online di Facebook “Batam Handphone”
  2. Waspada Penipuan Jual Beli Barang di OLX
  3. Waspada Penipuan via Facebook oleh Account bernama Globall Teleshop
  4. Waspada Penipuan Belanja Online
  5. Penipuan Jual Beli Barang Game Online di Facebook
  6. Penipuan Belanja Online areabelanjashop.com
  7. Waspada Penipuan oleh yoogho.com/onlineshop
  8. Waspada Penipuan Online Shop Facebook
  9. Waspada Penipuan Online Shop
  10. Waspada Penipuan Online www.elektronikcity7.blogspot.com

6 comments

  1. penyidik says:

    Ternyata hasil penelusuran dari pihak bank, pelaku memiliki rekening di jakarta. Bukan riau. Benar2 penipu. WASPADALAH sama HERI YANTO

  2. kodex says:

    min dia jualan apa ya ? :)
    untuk webnya apa, aku takut ke tipu mas hee :)

  3. PenipuTracer says:

    http://www.facebook.com/hilhamkusuma
    http://www.indomarketplace.com/marketplace/4820

    monggo dicek nomer hpenya sama, yang dijual sama, nama orangnya beda, pin bb beda :3

    http://www.stoppenipuan..net/search?utf8=%E2%9C%93&q=294D9680&commit=Go
    cari aja, nomer hape, pin BB, URL, atau nama shopnya disitu

  4. bodrex says:

    wahh…hasil tracernya mantaps! nomor hp saya tp nama orang beda. trus yg di FB itu photo aseli pemilik akun bukan ya?

  5. Dhupa says:

    Penipuan online menggunakan no rekening Bank Mandiri: 1010006881187 an YUSTIKARINI NURL I’d adman_suseno di TOKOBAGUS dan BERNIAGA,penjualan sepatu reebok,HP,Peta Jakarta. Lokasi di Jakarta. Siapa yang mengenal no rekening tersebut bisa menghubungi 088805417468. -̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶

  6. wahyoe helzing says:

    hati hati dgn nama reza ramdan pemilik rekening bank mandiri dgn nomor rek. 900-00-1164711-3 penjual online televisi “ini penipu juga”, klo banyak toko ngapain beli online, mendingan ke toko sambil jalan2 bawa keluarga

Leave a Reply