«

»

Jul
10

Waspada Modus Penipuan Bus Mengatasnamakan Sinar Jaya


Share on Twitter

bus_sinarjaya-P50

Saya punya kejadian yang tidak mengenakakan saaat akan naik Bus Sinar Jaya. Awal kejadiannya. Pada tangggal 6 Juli 2013, saya akan pergi ke Wonosobo, melalui terminal Pulo Gadung. Jam 16.00 an, saya sampai di Terminal masuk melalui pintu keluar angkot.

Dari depan saya sudah melihat crew sinar jaya, menggunakan kemeja orange hitam (khas sinar jaya), dan saya lihat di bat dadanya bertuliskan sinar Jaya. Saya terus dihampiri oleh ‘crew’ (selanjutnya ‘crew’ akan saya sebut CALO) tersebut dan ditanyakan mau kemana, dan saya langsung menyebutkan mau ke Wonosobo naik Sinar Jaya.

Selanjutnya saya disuruh mengikuti dia. Pada saat jalan bersama itu saya hendak menuju ke arah bus sinar jaya ngetem (di tempat biasanya yang jurusan wonosobo berangkat), si calo bilang bahwa kita harus ke loket dulu untuk bayar tiket.
Sesampai di tempat tiket saya mulai curiga, karena di loketnya tidak ada tulisan sinar jaya. Tapi apa daya karena di diyakinkan bahwa ini loket sinar jaya, dan bisnya pun nanti bis sinar jaya, dengan agak ragu, saya positif thinking aja untuk mengeluarkan uang sebesar 185.000, untuk membayar tiket.

Setelah tiket saya dapat, ternyata di tiket itu adalah tiket “Anggrek Cempaka”, saya langsung komplain ke calo itu, dan dia lagi-lagi meyakinkan bahwa itu hanya tiket saja dan busnya adalah bus sinar jaya, kalau tidak naik bus sinar jaya nanti uang kembali, begitu katanya.

Tetap saja saya curiga, dan akhirnya saya menuju ke tempat ngetem bus sinar jaya, dan bertanya pada crew sinar jaya yang memakai seragam sama dengan si Calo tadi (badannya tinggi hitam, dan saya duga dia adalah pimpinan lapanganan, karena beberapa kali dia bisa menyuruh crew-crew lain yang berseragam sama).

Setelah saya tanyakan ke crew sinar jaya yang asli itu, dia dengan tegas membantah bahwa, tidak mungkin ada crew sinar jaya yang berani mengantarkan penumpang untuk membeli tiket di loket, yang ada bis sinar jaya beli tiketnya adalah di atas bus, dan kalau ada yang seperti itu berarti itu adalah crew gaadungan, begitu pembelaannya. (sayang setelah saya cari2 orang itu lagi orangnya sudah tidak ada disitu)

Dengan dongkol setengah mati, dan sumpah serapah keluar semua, maka saya iklaskan tiket anggrek cempaka itu hangus, karena setelah saya minta uang kembali tidak boleh. Akhirnya saya naik bis sinar jaya yang ekonomi dengan harga Rp.70.000 jurusan bobotsari B 7282 IS, untuk nanti oper di Purwokerto.
Masukannya:
1.Mungkin bisa di tertibkan calo-calo yang mengatasnamakan bus sinar jaya dan menggunakan seragam dan bertuliskan ‘sinar jaya’ di bet dada (saya yakin benar bahwa tulisan di dada adalah ‘sinar jaya’). Ini akan sangat mengecoh penggemar sinar jaya seperti saya bila akan menggunakan jasa bis ini. Ini artinya PO sinar jaya di catut namanya/ketenarannya untuk kepentingan PO yang lain. *Persaingan yang sangat tidak sehat.
2.Untuk PO. Anggrek Cempaka, tolong jika mencari penumpang gunakanlah cara-cara yang fair, tidak menggunakan aksi tipu-tipuan seperti ini, karena ini sangat merugikan penumpang.
3.Untuk Penumpang lain, Hati-hatilah jika masuk ke Pulo Gadung, anda lengah sedikit bisa masuk dalam perangkap penipu-penipu yang tidak bermoral, seperti calo tadi. Berontak seperti apa juga rasanya sia-sia saja.
4.Untuk saya sendiri, peringatan untuk lebih berhati-hati. Salam

 

*[Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 10 Juli 2013]

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Waspada!!! Penipuan Mengatasnamakan Telkomselpoint
  2. Waspada Penipuan Dengan Modus Transfer Palsu
  3. Waspada Penipuan Undian Popmie Mengatasnamakan PT. Indofood
  4. Waspada SMS Penipuan Menang Hadiah Mengatasnamakan PT. Indosat
  5. Waspada Penipuan Paket Wisata yang mengatasnamakan Bank BNI
  6. Penipuan Online – Central Jaya Ponsel
  7. Penipuan Online Shop Jaya Computer
  8. Modus Penipuan oleh Fajar Pulsa
  9. Penipuan Hadiah Mengatasnamakan Telkomsel
  10. Waspada Penipuan Online Lewat Facebook “Forum Jual Beli Batam”

1 comment

  1. Sapri says:

    Jika anda mau pingin jadi pemain sinetron hati2 dengan orang yang bernama Bonie dari klik management dia operasinya daerah mall dia adalah penipu ulung, biasanya minta uang dulu pada korban untuk main sinetron atau bintang iklan

Leave a Reply