«

»

Aug
23

Pungutan Liar Pengurusan BBN dan Mutasi BPKB & SIM


  • [ Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 05 September 2013 ]
Share on Twitter

pungli1

Terdapat indikasi pungutan liar atas:

1. pengurusan BBN (Bea Balik Nama) dan Mutasi BPKB antara Rp600.000,00 s/d Rp900.000,00 pada Satlantas Polda Gorontalo;
2. Pengurusan SIM (Surat Ijin Mengemudi) baik perpanjangan maupun pembuatan baru, antara Rp300.000,00 s/d Rp500.000,00 pada Polres Kota dan Kabupaten se Prov. Gorontalo.

Hal ini sangat memberatkan dan meresahkan masyarakat terutama masyarakat yang kurang mampu dikarenakan angka tersebut diatas mencapai tiga kali lipat dari nilai PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) yang seharusnya dibayarkan.

Sehingga banyak beredar kendaraan bermotor yang habis masa aktif nomor polisi nya dan banyak pengendara kendaraan bermotor tidak memiliki SIM dan atau telah habis masa berlaku SIM nya namun belum melakukan perpanjangan.

Sudah saatnya hal ini dihilangkan karena Polri merupakan instansi pemerintah yang telah mendapatkan tambahan penghasilan berupa remunerasi. Memang renumerasi yang saat ini diterima pegawai Polri belum 100%, namun bagaimana DPR dapat melakukan approval jika instansi terkait masih menerapkan hal tersebut, dan bagaimana pertanggungjawaban pegawai Polri atas remunerasi yang telah diterima tersebut?

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Pungutan Liar Di Loket Legalisir BPKB Samsat Majenang
  2. Pungutan Liar dan Pengurusan e-KTP Yang Tidak Kunjung Selesai
  3. Pungli Saat Pengurusan Mutasi Kendaraan di Samsat Bekasi Kota
  4. Oknum Pungutan Liar Kelurahan Lubang Buaya
  5. Pungutan Liar KTP di Kelurahan Jati Mulya,Bekasi
  6. Pungutan Liar di Kelurahan dan KUA Ciracas Jakarta Timur
  7. Pungutan Liar Samsat Pekanbaru Kota
  8. Pengurusan KTP Sangat Lama dan Minta Pungutan
  9. Pungutan Liar Saat Perpanjang KTP
  10. Pungutan Liar Oknum Polisi Samsat Bekasi Kota

2 comments

  1. gorontalo bicara says:

    semua perbuatan yang melanggar hukum seperti yang disampaikan di atas adalah nyata dan mempunyai bukti-bukti rekaman.
    kalau ada pihak-pihak yang mau menuntutnya, silahkan hubungi kami.

  2. novnat18 says:

    Hari ini adik saya mengurus stnk mobil saya yang hilang dan kebetulan pajak tahunan sudah lewat 2 bulan karena kemalingan di rumah. Dia mengurus pagi ini di Samsat CIBINONG tgl 01/10/14 dan setelah antri begitu panjangnya saat membayar kaget awalnya orang di loket pembayaran bilang biayanya Rp. 4.685.000, totalnya (saya bawakan uang ke adik saya Rp.4.150.000) karena kurang dia tanya bisa minta perinciannya setahu kaka saya biaya pengurusan stnk hilang dari internet dan dia sudah hitung tidak sampai Rp. 4.000.000,- uang saya tidak cukup dan orang tersebut (tidak memakai ID pengenal) masuk lagi ke dalam ruangan dan begitu kembali bilang setelah di rundingkan bapak kami korting jadi Rp. 4.350.000,- dan STNKnya tidak bisa jadi hari ini paling besok. Adik saya bilang terima kasih pak tapi saya tidak bawa uang segitu dan saya harus ijin dahulu. Mohon tindak lanjuti untuk SAMSAT CiBINONG karena saya merasa dirugikan. Terima kasih

Leave a Reply