«

»

Oct
31

  • status pengaduan : Selesai
Free Annual Fee Kartu Kredit Bank Mega Apakah Jebakan Belaka?


  • [ Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 15 Januari 2014 ]
  • [ Sudah ditanggapi oleh pihak terkait pada 24 Februari 2014 ]
Share on Twitter

bank-mega

Saya pemegang kartu kredit Bank Mega No.4201 9101 6285 5950. Saya diinformasikan mendapatkan free annual fee pada Desember 2012. Namun pada 21 Oktober 2013 saya mendapat telepon dari collection bank Mega bahwa saya terlambat membayar tagihan Kartu Kredit dan dikenakan denda hingga Rp 1,204,000,- (ada bukti sms), sungguh membuat saya terkejut karena selama ini saya tidak melakukan transaksi belanja namun keluar billing tagihan.

Keesokan harinya saya berniat ingin mengetahui kejelasan data tagihan saya, kemudian saya datang ke Bank Mega Jl. Urip Sumoharjo, yang saya dapatkan informasi bahwa data tagihan saya telah ditangani oleh bagian collection yang ada di Bank Mega Cabang Palur. Pada tanggal 29 Oktober 2013 saya mnegurus ke Bank Mega Palur dan bertemu dengan Bapak Sukri bagian Collection dan disambungkan dengan bagian collection Bp. Edy. Kemudian saya diberikan data rangkuman tagihan yang berisi collection fee keterlambatan sebesar Rp 599,000,- dan berbeda dengan informasi bagian collection yang di sms (bapak. Edy). Namun tidak menampilkan rincian tagihan transaksi belanja apapun.

Setelah saya analisa dan melihat bulan denda yang dikenakan bulan desember 2012 dan tanggal berlaku di kartu saya, ternyata tagihan tersebut merupakan Annual fee yang dijanjikan free oleh pihak Bank Mega. Sehingga hal ini menjadi kejanggalan bagi saya, “Mengapa annual fee yang dijanjikan free tetapi malah dikenakan sebagai tagihan ditambah dengan denda-dendanya?”. Apakah hal ini sebagai jebakan saja untuk mendapatkan keuntungan dari collection fee dan interest charge yang dikenakan kepada nasabah secara tidak fair.

Menurut hemat saya, hal ini sungguh sangat mengecewakan saya sebagai nasabah Bank Mega. karena saya sebagai pihak nasabah sangat kooperatif dan langsung datang ketika ditelepon, namun mengapa Bank Mega dalam hal ini tidak bertanggungjawab terhadap data-data yang diminta sebagai hak nasabah dan tidak diinformasikan jauh hari sebelumnya agar tidak ada pihak yang saling dirugikan dan saling dikecewakan.

Selama ini saya selalu melakukan kewajiban saya dalam membayar tagihan kartu kredit. Saya mohon kebijaksanaan dari Bank Mega untuk memberikan solusi yang tidak merugikan nasabah atas permasalahan yang saya alami ini.

Ini juga sebagai pelajaran bagi kita semua, supaya bijak dalam memilih bank yang tidak hanya memberikan janji-janji manis kepada calon nasabah namun pada akhirnya malah merugikan dan menggerogoti nasabahnya dengan dunning fee dan interest charge.

Semoga hal ini tidak dialami oleh nasabah Bank Mega lainnya. Dan kedepannya semoga pelayanan kartu kredit Bank Mega lebih baik lagi dan lebih fair.

Best Regards,
Evelyn Widyastuti
Kepuh Gk 3/902, Klitren, Yogyakarta.
ph. 081 2272 4424

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Iuran Tahunan Dari Kartu Kredit Bank Mega
  2. Surat Pelunasan Kartu Kredit Bank Mega
  3. Etika Buruk Penagihan Kartu Kredit Bank Mega
  4. Tagihan Kartu Kredit Bank Mega
  5. Billing Statement Kartu Kredit Bank Mega Tidak Dikirim
  6. Penutupan Kartu Kredit Bank Mega
  7. Keterlambatan Pengiriman Kartu Kredit Bank Mega
  8. Iuran Tahunan dari Kartu Kredit Bank Mega yang Sudah Ditutup dan SMS Kasar
  9. Kecewa Dengan Pelayanan Bank Mega
  10. Keluhan Statement Billing Tagihan Kartu Kredit Mega Carrefour

3 comments

  1. mantan pehawai Bank Mega says:

    Memang Bank Mega sering dikeluhkan konsumen kok, makanya itu saya juga nggak betah kerja disana, isinya ruwet..termasuk banyak sistem penipuan secara halus, (penawaran & iming) via telpon..dsb

  2. gatotarismunandar says:

    Perihal : Tanggapan atas pengaduan Ibu Evelyn Widyastuti Setia Hudaya

    Redaksi yang terhormat,

    Sehubungan dengan surat di rumahpengaduan.com (31/10), “Free Annual Fee Kartu Kredit Bank Mega Apakah Jebakan Belaka?”, yang disampaikan oleh Ibu Evelyn Widyastuti Setia Hudaya, berikut ini kami sampaikan, bahwa Bank Mega telah menghubungi beliau untuk menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami dan memberikan memberikan penjelasan terkait keluhannya. Ibu Evelyn Widyastuti Setia Hudaya menerima penjelasan dengan baik dan sudah tidak mempermasalahkan lagi.

    Demikian kami sampaikan. Terima kasih atas perhatian dan kerjasama rumahpengaduan.com untuk memuat tanggapan kami.

    PT. Bank Mega, Tbk.
    Kantor Pusat,

    Gatot Aris Munandar
    Corporate Communication

  3. Adi Hertanto says:

    Itu Ga betah apa dikeluarkan secara Halus Bang…?^^ ya sharing saya tidak selamanya Bank Mega Jelek di Dunia ini siapa sih yg bisa ga berbuat salah…bank ternama pun bisa kok..kalau saya selama ini tidak ada masalah sama sekali dgn pemakaian kartu kredit bank mega..bahkan saya pernah komplain “pembayaran sudah tepat pas jatuh tempo kok masih kena denda” juga ditanggapi dgn baik oleh bank Mega,dan Denda dihapuskan..padahal itu juga kelalaian saya yg membayar lewat bank bca (prosesnya ternyata Kliring,jadi diterima bank Mega baru 3 hari sesudah itu) tp berhubung saya tidak tahu oleh Bank Mega ditoleran dan Denda dihapuskan.

Leave a Reply