«

»

Apr
23

Pelayanan Lazada Tidak Memuaskan


  • [ Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 27 November 2014 ]
Share on Twitter

lazada_logo

Saya order 2 unit BB CDMA 8530. Barang sudah saya terima dengan baik. Beberapa hari kemudian 2 unit bb tersebut mau saya inject ke galeri smartfren yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta Bandung. Alhasil BB tersebut tidak bisa diinject oleh pihak galeri smartfren dan dari pihak galeri smartfren menyarankan agar bb tersebut ditukar dengan unit baru.

Karena dari pihak lazada.co.id ada garansi pengembalian barang selama 14 hari, maka dengan ini saya mencoba meretur barang tersebut sesuai prosedur returan barang lazada.co.id yang mengharuskan mengisi dulu form retur online di lazada.co.id. setelah mengisi form retur juga barang tidak bisa dikirim langsung dikarenakan harus menunggu validasi dulu dari lazada.co.id via email. Setelah ada konfirmasi validasi lewat email, maka barang tersebut saya kirim ke tim pengembalian barang lazada.co.id (alamat pengembalian sesuai dengan yang ada di email). saya kirim barang returan tersebut pada tanggal 14 April 2014 pada siang hari. Pada saat itu anggapan saya barang tersebut pasti sampai 1 hari juga/keesokan harinya.

Setelah 3 hari dari pengiriman barang tersebut, saya menjadi penasaran dikarenakan saya buka email belum ada konfirmasi dari pihak lazada.co.id. Oleh karena itu, tepatnya pada tanggal 17 April 2014 sekitar pukul 20.00 WIB saya telpon ke pihak layanan lazada.co.id mengenai status pengiriman barang retur tersebut. Alhasil saya kaget, dikarenakan barang returan tersebut masih dalam proses menunggu dari pihak lazada dan bisa dikatakan barang tersebut belum diterima oleh tim pengembalian lazada.co.id.

kemudian layanan cs lazada meminta no resi pengiriman untuk mereka cek. dan pihak cs lazada mengkonfirmasi belum bisa cek resi jne dikarenakan tidak bisa membuka situs jne. saya tunggu waktu itu sampai beberapa menit lamanya, tetapi tetap pihak cs lazada masih belum bisa cek status pengiriman barang saya juga. akhirnya waktu itu saya konfirmasi ke pihak cs lazada untuk saya cek sendiri.
Setelah telepon ditutup saya coba cek status resi pengiriman barang saya, saya buka tidak ada masalah dan lancar-lancar saja. setelah saya cek, ternyata status barang retur tersebut sudah diterima oleh tim pengembalian barang atas nama Ade pada tanggal 15 April 2014 pada pukul 11.00 WIB. Benar sangkaan saya pribadi, bahwa barang tersebut satu hari juga sudah sampai. saya pada waktu itu masih tetap sabar dan mencoba untuk menghubungi kembali layanan pelanggan lazada.co.id. saya konfirmasi kepada cs nya atas nama Ferdi bahwa status barang saya sudah delivered. begitu saya konfirmasi hal tersebut, pihak cs mengklarifikasi bahwa pihak gudang lazada.co.id belum memberikan laporannya dan pada waktu itu pihak cs membuat laporan permasalahan saya agar bisa diselesaikan dan berjanji akan mengkonfirmasikan hal tersebut ke saya via email.

Saya pikir waktu itu tentang lazada.co.id benar-benar tidak ada koordinasinya antar sesama pihak, dikarenakan sudah 2 hari barang returan saya tersebut sampai di tempat, tetapi status masih menunggu dan dikonfirmasi bahwa lazada belum menunggu barang returan saya. dalam hati saya, apakah sampai begini pelayanan lazada yang kurang baik kemudian dengan sabarnya saya tunggu email konfirmasi tersebut dan berharap barang returan saya sudah selesai ditindak lanjuti oleh pihak lazada.

hampir tiap hari sesudah tanggal 17 April 2014 saya mengecek email tetapi belum ada email dari lazada mengenai status returan barang saya. Sampai pada tanggal hari ini 23 April 2014 saya menghubungi kembali lazada.co.id via media chat di lazada.co.id. saya diterima chat lagi dengan cs atas nama Ferdi. Saya sampaikan lagi mengenai permasalahan tersebut, seperti biasa pihak cs menanyakan kode pemesanannya. begitu mereka cek, mereka menyampaikan bahwa alasan pengembalian barang saya tidak jelas. saya benar-benar kaget, bukannya alasan pengembalian saya sudah saya isi di form retur online lazada.co.id dan sudah tersimpan oleh sistem. dan juga ada email dari pihak lazada.co.id bahwa barang tersebut sudah divalidasi. Kalau barang sudah di validasi berarti barang tersebut sah untuk diretur dan alasan diterima karena sudah dinyatakan valid.

tetapi anehnya, kenapa juga pihak cs malah mengklarifikasi bahwa alasannya tidak jelas. benar-benar tidak masuk akal, ditambah lagi alasannya pihak gudang terlambat mengkonfirmasikan. terus terang, saya pribadi tidak menerima alasan tersebut dan bagaimanapun juga kalau ada masalah internal di pihak lazada jangan menjadikan alasan untuk disampaikan kepada konsumen. tidak baik juga kan kalau seperti itu? jadi ketahuan sangat buruk sekali koordinasinya. Apakah seperti ini pelayanan pihak lazada kepada konsumennya?

saya berharap permasalahan ini cepat diselesaikan dan ada itikad baik dari pihak lazada.co.id. Jangan sampai terkesan membiarkan permasalahan yang terjadi dan merugikan konsumen. Mending kalau barang yang di order tersebut untuk pemakaian pribadi, nah ini kalau menimpa saya sebagai penjual dimana barang tersebut akan saya jual kembali. Sudah deal sama konsumen saya, sudah dibayar pula. yang menjadi masalah saya juga tidak dipercayai oleh konsumen. Tolong-lah pelayanan lazada bisa diperbaiki harapan saya, dan permasalahan saya segera diselesaikan. semoga apa yang menimpa saya, tidak menimpa orang lain juga. Terima Kasih

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Pelayanan Payah Dan Tidak Memuaskan Dari Indovision
  2. Pelayanan Call Center Bank Mega Yang Tidak Memuaskan
  3. Pelayanan Yang Tidak Memuaskan di Indomaret Apartemen Gloria
  4. Pelayanan BCA Cabang Rajawali Palembang yang Tidak Memuaskan
  5. Pelayanan Alfamart Tidak Memuaskan
  6. Pelayanan Sriwijaya Tidak Memuaskan
  7. Pelayanan Asuransi AIA Yogya Tidak Memuaskan.
  8. Pelayanan Bank BCA Yang Sangat Tidak Memuaskan
  9. Pelayanan dan Sarana KM LAWIT yang Sangat Tidak Memuaskan
  10. Pelayanan Honda Yang Tidak Memuaskan

Leave a Reply