«

»

Aug
15

Kecewa, Kualitas Produk dan Pelayanan Sony Mobile


  • [ Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 15 Agustus 2014 ]
Share on Twitter
sony

Logo Sony – Ist

Saya merupakan salah satu pengguna Sony Xperia ZL White yang saya beli bulan September 2013 di Global Teleshop BEC Bandung. Handphone ini saya gunakan secara wajar, SMS, telepon, gaming, soc-med. Namun seiring mulai bermunculan update official untuk OS dan software dari Sony, gadget saya mulai terganggu. Album dan movies yang force close ketika dibuka. Memori yang bertambah berat dan puncak-puncaknya ketika handphone saya seringkali mati sendiri.

Melihat gelagat yang tidak beres, tanggal 20 Mei 2014 saya langsung bawa gadget saya ke Sony Mobile Service Centre yang beralamat di JL. Naripan No. 109 Bandung. Saya datang pukul 11.00 WIB dan membawa nomor antrian kemudian baru dilayani keluhannya pada pukul 16.30 WIB. Bagaimana tidak? Orang Costumer Service yang betugasnya cuma satu orang saat itu, kemudian pada pukul 14.00 barulah datang temannya dua orang lagi. Bisa Anda bayangkan bagaimana perasaan saya saat itu.

Saya bekerja di perusahaan swasta di bidang properti dan saya hanya menggunakan satu handphone sehingga saya simpan di gadget semua data pekerjaan, email dan komunikasi saya dengan bank dan costumer saya. Dengan kejadian ini, pekerjaan saya benar-benar terganggu. Ketika saya keluhkan hal ini kepada pihak Sony, costumer service menjawab dengan santai bahwa ada kegagalan produk pada handphone ini yaitu pada baterainya. Bagaimana mungkin saya bilang? Artinya kesalahan bukan terletak di saya sebagai konsumen. Pihak costumer service pun mengiyakan. Dia bilang bukan hanya saya yang mengalami hal ini, namun dia bilang kalau baterai yang dia order ke Jakarta belum juga dikirim, jangankan untuk handphone milik saya, untuk yang sudah lama ngantri pun belum juga datang.

Lalu penyelesaiannya bagaimana? Ya terserah bapak, kata CS-nya. Kalau mau bapak bawa saja handphone-nya, begitu baterai datang kita akan konfirmasi lewat SMS. Saya sudah bilang, saya hanya menggunakan satu handphone. Ya pakai aja power bank biar handphone-nya nyala. CS menjanjikan paling cepat 2 minggu baterainya akan datang (apakah selama itu saya harus menunggu?) itupun belum pasti, ditambah handphone saya sudah tidak bisa digunakan lagi meskipun dengan power bank.

Kesimpulan dari pengalaman saya diatas:

1) Apakah Sony tidak memiliki Quality Control yang baik ketika memproduksi massal produk-produknya, khususnya untuk Sony Xperia ZL? Apakah ada kesalahan produksi pada baterai Xperia ZL? Perlu diketahui bahwa harga handphone ini tidaklah murah, setidaknya bagi saya.

2). Apakah kualitas pelayanan purna jual Sony dan distribusi spare partnya benar-benar seburuk itu? Sekarang jamannya instant sehingga konsumen pun terbiasa akan hal itu, jangan jadikan hal ini sebagai bumerang yang nantinya akan merugikan pihak Sony sendiri.

3). Pada hari Selasa tanggal 3 Juni 2014 adalah hari yang dijanjikan oleh costumer service Sony mobile service centre untuk saya mendapatkan baterai baru handphone saya. Apakah itu akan terwujud atau hanya akal-akalan pihak Sony saja untuk menenangkan perasaan saya? Mengingat sudah banyak saya baca keluhan tentang buruknya pelayanan Sony.

4). Costumer service menjanjikan jika baterai sudah diganti tidak akan ada masalah lagi dengan handphone saya ini, apakah ada jaminan yang lebih menenangkan saya selain kata-kata? Jangan-jangan baru berjalan beberapa saat handphone saya sudah rusak kembali dan garansi produk sudah habis.

5). Nama saya Haikal, Costumer code saya: 84606, Repair Order: GE00108805. Mohon keluhan saya ditindaklanjuti, karena mungkin ini mewakili keluhan pengguna lain, terima kasih.

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Kecewa Dengan Pelayanan Sony Mobile Service Center
  2. Kecewa dan Dirugikan Sony Xperia Produk Pelayanan
  3. Kecewa Dengan Produk Dan Pelayanan Sony Xperia
  4. Pelayanan Buruk Service Center Sony Mobile
  5. Kecewa dengan Produk Sony Xperia C
  6. Kecewa Dengan Produk Sony Xperia ZL
  7. Kecewa Dengan Pelayanan Service Center Sony Xperia
  8. Kecewa dengan Pelayanan Sony Xperia Service Center
  9. Kecewa dengan Produk Sony Xperia Go
  10. Kecewa Pelayanan Sony Xperia Service Center

Leave a Reply