«

»

Aug
19

Lapor Polisi Soal Penipuan Online Tidak Ditanggapi


  • [ Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 19 Agustus 2014 ]
Share on Twitter

awas penipuan

Saya adalah korban penipuan di jual beli online Facebook, tanggal 3 Juni 2014. Saya lihat postingan di salah satu forum jual beli melalui Facebook, kemudian saya coba hubungi yang bersangkutan, dia mengaku bernama Aditya Wijaya karyawan dari Okeshop yg beralamat di Tunjungan Plaza 4 lt 4 no.41. Dia menawarkan promo Okeshop, saat itu saya tanya gimana caranya? Dia bilang cuma mengisi format pemesanan melalui SMS ke no 085222276123. Setelah saya tulis format SMS yang dia minta kemudian dia mengirim no.rek BRI 314201022742537 A/N ADI SUKATMO kemudian saya diminta transfer untuk pembayaran 1 unit hp Samsung seharga Rp 1,2 juta. Kemudian saya transfer ke rek tersebut uang Rp 1,2 juta, setelah itu saya konfirmasi lagi ke no.hp di atas bahwa saya sudah transfer uangnya. Dia bilang sebentar dicek dulu di data kompter. Setelah 3 jam kemudian dia menghubungi saya lagi mengatakan bahwa barangnya sudah dipaking dan siap diantar ke jasa pengiriman paket JNE. Kemudian dia bilang hp-nya harus pake asuransi sebesar Rp 1 juta, jadi saya harus transfer Rp 1 juta. Kemudian ditunggu saja biar diproses dulu beberapa jam, dan dia akan segera mengirimkan no. resi pengiriman barangnya.

Setelah saya tunggu sampe sekitar jam 3 sore, dia menghubungi saya lagi mengatakan bahwa saya harus melakukan aktifasi PIN di JNE agar barangnya langsung diantar, kok bisa begitu pak? Saya tanya. Saya sering pake jasa paket JNE nggak pernah ada yang seperti itu. Kemudian dia menyuruh saya datang ke ATM terdekat kalo nggak hp-nya nggak bisa diantar, kemudian di ruang ATM dia memandu saya untuk menekan tombol transfer, lho ko tombol transfer? Saya tanya, dia bilang nggak akan transfer sumpah demi Allah demi ibu bapak, keluarganya akan celaka, kemdian saya percaya, setelah saya ikutin kok nggak selesai banyak sekali kodenya, saya curiga kemudian saya sengaja keluar dari transaksi, saya terkejut ternyata saya telah transfer 3x lagi total Rp 6,6 juta lebih, kemudian saya keluar dari ruangan ATM, waktu itu di ATM BNI yang di depan Kec. Binangun. Saya tanya dia, kenapa bisa begitu? Dia bilang ada kesalahan jaringan ATM. Saya marah ke dia dan minta kembalikan uang saya, dia bilang uangnya bisa dikembalikan asal saya melakukan aktivasi lagi. Karena saya sudah kapok dan nggak percaya lagi, saya tidak mau.

Kemudian esoknya tanggal 4 Juni 2014, saya melaporkan kejadian yang saya alami ke Polsek Binangun, waktu itu ditangani sama Pak Widodo. Saat itu saya membawa bukti transaksi saya, print out iklan dia di Facebook, serta foto KTP pelaku yang sempat saya minta di Facebook. Kemudian saya diminta membuat laporan dan menceritakan kronologis kejadian. Setelah selesai saya tandatangan di 2 lembar surat laporan, kemudian pak polisinya bilang kasus saya termasuk cybercrime dan susah melacaknya, jadi saya diminta untuk datang ke alamat yang ada di KTP si pelaku, siapa tau ketemu sama orangnya. Kemudian saya berpikir, ga mungkin pelaku ngasih saya KTP asli klo niatnya emang mau menipu saya, jadi walaupun saya ke Surabaya ke alamat yang dimaksud nggak mungkin saya ketemu orangnya. Kemudian laporan saya sudah selesai dan saya disuruh bawa pulang bukti transaksi, print out KTP pelaku, tanpa data ada satupun yang diminta sama pak polisinya. Trus saya berpikir, sia-sia saya datang lapor polisi nggak dapat solusi, nggak dapat ketenangan. Salinan laporan saya pun nggak dapat, sama aja saya harus urus sendiri semuanya. Terus ngapain saya harus repot-repot lapor polisi toh ga ada gunanya juga?

 

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Penipuan Belanja Online seven-line.com
  2. Penipuan Belanja Online di Tokobagus.com
  3. Waspada Penipuan Online Lewat Facebook “Forum Jual Beli Batam”
  4. Penipuan di Toko Bagus (OLX)
  5. Penipuan Online Hidayah Cellular
  6. Penipuan Belanja Online areabelanjashop.com
  7. Penipuan Online Shop Meteor Garden Cellular
  8. Penipuan Online Store di Facebook
  9. PENIPUAN BISNIS ONLINE areabelanja77shop.com
  10. Penipuan belanja online dan Penipuan Modus Bea Cukai

Leave a Reply