«

»

Aug
26

Penipuan Agen Properti Palsu via OLX.co.id


  • [ Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 26 Agustus 2014 ]
Share on Twitter
toko bagus jadi OLX

Toko Bagus atau OLX – Ist

Selamat Malam. Saya Mahasiswi yang dalam kasus ini sial sekali. Yah, saya memang ceroboh. Tapi, via Rumah Pengaduan ini, kalaulah kasus saya tidak terselesaikan, setidaknya saya bisa berbagi, agar tidak ada lagi orang-orang yang ditipu mentah-mentah seperti saya.

Berikut adalah kronologi dan modus operansi pelaku.

Saya sedang mencari kost/kontrakan di Jogjakarta. Selama 3 tahun kuliah di sana, saya sudah bertemu banyak sekali agen properti di OLX (dulunya tokobagus) dan tidak ada masalah sama sekali. Baru kali ini saya bertemu dengan agen palsu pembuat ulah. Mari kita sebut penjahat ini dengan sebutan Si Maling.

Si Maling ini memposting “Rumah bagus di daerah jembatan merah, Sleman, Yogyakarta”. Dengan harga Rp 12 juta/tahun. Kondisi rumah yang ada di foto sangat bagus dan keren. Harganya murah pula. Dengan bodohnya saya tergiur. Saya langsung menelepon contact person yang ada di iklan itu. Dan dengan lihainya, Si Maling memanfaatkan kelengahan saya.

Saya (S)
Si Maling (M)

S : Siang pak, rumah yang di OLX bla bla bla masih ada?
M : Waduh, tadi sudah ada yang cek lokasi mbak. Sore nanti dia mau DP
S: Duh, tapi dia belum DP kan? Saya tertarik pak, kalau misal bisa, saya mau cek lokasi juga, kalo cocok,, saya langsung dp juga pak.
M : Duh saya nggak enakan sama yang tadi mbak….

Saya bingung. Sudah 3 bulan saya keliling-keliling Jogja khusus untuk cari kontrakan/kostan gegara kontrakan saya sewanya hampir habis. Sekalinya dapat, ternyata kalah cepat. Jujur saya sebal sekali waktu itu. Saya minta cek lokasi sama Si Maling, tapi si Maling tidak bisa. Dia baru bisa ketemu malam harinya. Padahal malam harinya saya ada jadwal partime yang tidak bisa ditinggal. Saya bingung. Diam-diam saya SMS teman saya, saya suruh dia untuk melihat lokasi rumah tsb sesuai alamat di iklan. Ternyata benar ada. Dan bagus.
Wah, saya jadi semakin agresif mengajak si Maling cek lokasi.

Akhirnya si maling berkata :
M: Ya sudah kalau mbak mau… mbak DP saja. Nanti saya simpankan untuk mbak. Toh yang tadi belum DP juga. Tapi cepat ya mbak, yang minat banyak. Jujur saya sewakan murah biar cepat.
S: Oh gitu, saya mau pak.

Karena teman saya bilang rumahnya ada, lalu saya sanggupi saja. Saya transfer sebesar Rp 1 juta ke Si Maling.

*Dua jam kemudian

Si Maling menelepon saya.

M : Mbak gimana kalo uang yang Rp 1 juta saya kembalikan? Ini ada orang minat banget, dia mau DP Rp 5 juta.
S : Yah kok gitu pak. gak mauu gak mauu.
M : waduh gimana ya mbak. saya minta rekening mbak deh, entar saya kembalikan.
S : waduh kok gitu pak kan saya sudah DP.
M : yah coba mbak di posisi saya, pasti bingung kan. Atau mbak DP saja sejumlah uang tadi. Gimana?

Jujur saya bingung sekali. Bimbang, seumur hidup saya jarang bertaruh. Sekalinya taruhan, dalam jumlah besar. Matilah kalau sampai saya ditipu. Saya sudah muak mencari kontrakan dan tidak pernah dapat, dan rumah yang dimaksud benar-benar ada. Di satu sisi saya belum pernah bertemu dengan agen maling ini. Mana yang harus saya pilih?

Akhirnya dengan bodohnya saya nekat, transfer uang sebesar Rp 4 juta.
Oh iya, untuk informasi, ini nomor rekening penipunya:

Ada dua rekening
BNI
Hendri Legowo
0331 654 720

BANK MANDIRI
Hadi Ruswanto
90000 23420830

Dia bilang sih yang Mandiri itu punya anaknya. Tolong ya, zaman sekarang, orang tua mana yang tega menamai anaknya dengan nama Hadi Ruswanto.

Lanjut ke halaman 2:

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Penipuan Agen FAN SPLIT
  2. Penipuan Cari Crew Kapal dan Agen Travel
  3. Waspada Penipuan Undian Palsu Popmie
  4. Penipuan atas Pembelian Galaxy Tab di TokoBagus.Com
  5. Penipuan di Tokobagus (OLX) oleh Akun Rusmin77
  6. Waspada Penipuan Online Shop Palsu “Multi Online Shop”
  7. Penipuan Dengan Dokumen JNE Palsu di Tokobagus.com
  8. Waspada Penipuan Dengan Modus Transfer Palsu
  9. Keteledoran Agen JNE Jambi
  10. Penipuan Vendor Groupon Berkedok Jasa Alamat Palsu

Leave a Reply