«

»

Aug
26

Pungutan Liar di Polres Temanggung


  • [ Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 26 Agustus 2014 ]
Share on Twitter

pungliPada hari Sabtu, 7 Juni 2014 saya mengurus perpanjangan SIM C di Polres Temanggung, Jawa Tengah. Setelah tanya dan browsing tentang biaya pembuatan SIM C yang total ± Rp 95.000, dengan ketentuan Rp 75.000 untuk perpanjangan SIM C dan Rp 20.000 untuk surat keterangan sehat dari dokter.

Pertama setalah sampai disana,saya didatangi calo dan bertanya
“Mas, mau buat SIM?”
“Gak pak, mau perpanjang”
“Saya uruskan mas, terima bersih nanti tinggal foto, biaya 150 mas”
Saya berfikir, kok mahal banget ya, saya jawab saja “tidak pak, makasih”
Setelah itu saya pergi untuk mengurus surat keterangan sehat dari dokter sesampainya di sana mendaftar dan dikenakan biaya Rp 30.000, saya berfikir buat apa ya? Bukannya biasanya Rp 10.000 untuk surat keterangan sehat dan Rp 10.000 untuk cek golongan darah yang totalnya menjadi Rp 20.000? Dan di sana pun hanya ditanya tinggi badan, berat badan, golongan darah. Setelah selesai dengan pertanyaan saya diberi surat keterangan sehat.

Sesampai di Polres, saya meminta formulir untuk diisi, menuju loket berikutnya untuk membayar melalui kantor pos BRI. Sebelum saya masuk untuk membayar ada ibu-ibu yang menjaga di luar di sana pun disuruh mengisi data yang saya sendiri tidak tau tujuan dari mengisi data tersebut dan meminta formulir yang saya isi tadi. Setelah selesai dikenakan biaya Rp 30.000 dan kemudian formulir itu diberikan lagi. Tidak ada tanda terima sama sekali. Setelah menyerahkan formulir untuk pembayaran memalui BRI dikenakan biaya sebesar Rp 75.000, ini memang yang seharusnya saya bayar.

Pergi ke loket laen, meminta tanda tangan untuk formulir yang saya isi, saya dikenakan biaya Rp 25.000, ketentuan saya membayar buat apa ya? Kejanggalan lagi. Pergi ke loket yang tadi saya meminta formulir untuk menyerahkannya lagi, saya diminta untuk menunggu giliran saya foto, dipanggil untuk masuk, ditanya sama petugasnya nama, alamat, umur, tinggi badan berat badan, pekerjaan. Dan menunggu sebentar akhirnya SIM C jadi juga. Saya keluar dengan sedikit tidak iklas untuk pembayaran yang saya rasa tidak perlu.

Dan alhasil saya harus mengeluarkan biaya Rp 160.000 yang saya rasa sangat sangat tidak wajar. Saya berfikir ealah, malah murah lewat calo, itupun saya belum tawar menawar.

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Biaya Perpanjangan SIM A dan C yang Keterlaluan di Satlantas Polres Bungo
  2. Pungutan Liar di Kelurahan dan KUA Ciracas Jakarta Timur
  3. Pungutan Liar Pemindahan dan Pembuatan KK dan KTP Baru
  4. Pungutan Liar KTP di Kelurahan Jati Mulya,Bekasi
  5. Pungutan Liar oleh Anggota Kelurahan
  6. Pungutan Liar di Deli Serdang – Sumatera Utara
  7. Pungutan Liar dan Pengurusan e-KTP Yang Tidak Kunjung Selesai
  8. Pungutan Liar Di Samsat Pasuruan
  9. Satpol PP Kota Medan Rajin Pungutan Liar
  10. Pungutan Liar E KTP

Leave a Reply