«

»

Sep
25

Penipuan Penjual di Tokobagus.com (OLX)


  • [ Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 25 September 2014 ]
Share on Twitter
toko bagus jadi OLX

Toko Bagus atau OLX – Ist

Pada tanggal 1 Juli 2014 jam 12.54 saya menanyakan mengenai iklan hp Samsung Galaxy Core Duos dengan harga yang sangat murah yaitu Rp 750 ribu dengan nama akun penjualnya ancha_77 lokasi di Ngawi, Jatim. Saya menanyakan iklan tersebut untuk membantu teman saya yang akan beli hp di Tokobagus.com (sekarang OLX.co.id).

Setelah melalui kesepakatan, penjual mengatakan bahwa untuk pembayaran awal uang ditransfer Rp 500 ribu, kemudian sisanya Rp 250 ribu ke rekening BRI 039701009075502 a/n AHMAD BAIHAQ. Pada jam 17.32 kerabat saya sudah melakukan transfer pertama sebesar Rp 550 ribu untuk tambahan biaya ongkir kilat 1 hari. Setelah saya konfirm ke penjual. Maka penjual mengatakan bahwa barang sedang dipacking dan hari itu juga akan dikirim melalui JNE. 10 menit kmudian, penjual SMS saya dan mengatakan bahwa pihak JNE minta nota pelunasannya karena barangnya akan diasuransikan untuk mengganti jika ada kerusakan barang selama pengiriman sehingga pihak JNE tidak bisa mengirim barang tanpa ada nota pelunasan, maka penjual minta untuk segera melunasinya. Kemudian saya sampaikan kabar tersebut pada kerabat saya dan kerabat saya pun segera mentransfer sisa pembayaran tersebut sebesar Rp 230 ribu. Dan kerabat saya masih menyimpan bukti transfer tersebut.

Tapi pada saat itu saya sambil membuka kembali iklan yang telah dipajang oleh penjual. Ternyata iklan tersebut sudah tidak ada lagi alias sudah dihapus. Saya menanyakan hal tersebut, saya tanya kepada penjual kenapa kok iklannya dihapus, tapi penjual bilang bahwa iklannya tetap ada dan tidak dihapus. Padahal jelas-jelas saya lihat bahwa iklan itu sudah dihapus. Dari sinilah kecurigaan saya muncul.
Setelah saya beritahukan pada penjual bahwa teman saya sudah mentransfer sisanya, penjual mengatakan besok barang pasti akan dikirim.

Saat itu saya membuka kembali iklan tersebut dan tiba-tiba ada iklan Samsung Galaxy Core Duos yang baru muncul. Keterangannya baru 3 jam yang lalu dipajang. Saya penasaran dan saya buka iklan tersebut. Ternyata isi penjelasan iklan tersebut sama dengan iklan yang sebelumnya. Dengan nama akun tantoi_ahmad, bahkan no hp penjualnya pun sama, hanya iklan ini lokasinya ada di Purbalingga, Jateng dan menggunakan foto yang berbeda. Saya sudah pasti bingung dan kecurigaan akan penipuan pun jadi bertambah. Saya sms lagi ke nomor penjual, saya mengatakan kenapa kok bikin iklan baru dengan nama akun yang beda dan lokasi yang beda? Saat saya sms seperti itu, saya sambil memantau iklan tersebut. Dan dugaan saya benar, iklan tersebut tiba-tiba menghilang karena telah dihapus oleh penjual.

<!-nextpage–>

Karena penjual tidak membalas sms saya, maka saya pun menelepon penjual. Saat ditelepon, penjual mengatakan bahwa iklan tersebut bukan dia yang memajang. Iklan tersebut otomatis muncul sendiri. Dan dia mengatakan bahwa toko aslinya ada di Purbalingga, Jateng. Setelah itu saya minta kirimkan alamat toko penjual. Penjual pun sms saya alamatnya: toko Megah_ponsel Jln. Ahmad yani no. 77 Purbalingga.

Besoknya, pada tanggal 2 Juli 2014 jam 7 pagi, saya sms penjual agar tidak lupa mengirimkan barang tersebut. Tetapi tidak dibalas. Jam setengah 10 pagi saya coba telepon penjual tapi nggak diangkat. Saya sms tetap nggak dibalas. Saya telepon berkali-kali tetap nggak diangkat. Bahkan nomor hp penjual langsung dinonaktifkan. Saya sangat kesal. Jam 4 sore no hp penjual aktif kembali. Saya coba telepon, diangkat oleh penjual, tapi penjual tidak berani ngomong. Bahkan seperti terdengar suara teman penjual yang menyuruh penjual untuk berbicara, kemudian penjual berbicara pada saya: halo mas, iya mba ‘ tolong dong mas kerjasamanya untuk segera mengirimkan barang tersebut. Setelah saya membahas masalah tersebut tiba-tiba teleponnya langsung dimatikan oleh penjual. Kemudian saya telepon terus berkali-kali tetap ngga diangkat. Sampai malam pun tetap ngga diangkat. Saya sangat kesal dengan kejadian ini.

Mana yang katanya Tokobagus.com itu belanja aman? Yang ada malah tertipu. Tolong dong Tokobagus.com untuk lebih selektif pada penjual yang akan mengiklankan barangnya. Jangan kaya gini merugikan orang lain. Permintaan saya sangat sederhana kok, saya hanya ingin uang saya kembali secara penuh yaitu Rp 770 ribu.

Mohon untuk diselesaikan kasus ini, ini no hp penjual yang bahkan sampai sekarang masih aktif tapi jika ditelepon tidak diangkat 082318095445. Nomor rekening BRI 039701009075502 a/n AHMAD BAIHAQI. Nama akun penjual ancha_77 dan tantoi_ahmad. Mohon kasus ini untuk segera diselesaikan, saya berharap uang saya bisa kembali secepatnya. trims.

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Tertipu Penjual Mukena di Tokobagus (OLX)
  2. Penipu Penjual Motor di Tokobagus.com
  3. Penipuan Penjual Burung Poksay di Tokobagus.com
  4. Tertipu Penjual di Tokobagus.com (OLX)
  5. Penipuan oleh Star Game Merak di tokoBagus
  6. Penipuan oleh adwinhadisaktiawan di Tokobagus
  7. Penipuan Penjual Rc Heli Raptor di Tokobagus.com
  8. Penipuan Penjual Stroller via Berniaga.com
  9. Penipuan Penjual Keris di Tokobagus.com
  10. Penipuan Blackberry Bekas di Tokobagus

Leave a Reply