«

»

Oct
17

Penipuan Jual Blackberry di Berniaga.com


  • [ Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 17 Oktober 2014 ]
Share on Twitter

Berniaga.comPenipuan ini terjadi berawal dari iklan yang terpasang di situs berniaga. com atas nama Lestari. Iklan ini menawarkan produk BB Dakota 9900 seharga Rp 625.000,00 dengan status barang bekas. Pada tanggal 3 September 2014, saya mengirim sms ke no yang tertera, mereka menyatakan bahwa kondisi barang masih tersegel (baru) plus tambahan garansi dan sedang mengadakan promosi cuci gudang. Setelah melakukan deal dengan pelaku, sore hari saya mentransfer uang sesuai dengan harga barang yang disepakati ke no rekening milik Yulia Lestari.

Malam harinya, saya ditelpon oleh seorang pria yang mengaku sebagai suami dari Yulia Lestari dan dijelaskan mengenai permasalahan saat proses pengiriman yaitu pihak JNE meminta kwitansi resmi penjualan dengan harga resmi bukan harga barang cuci gudang. Akhirnya saya diminta untuk mengirim uang tambahan hanya untuk mengambil data transfernya dan uang saya akan dikembalikan lagi dalam waktu 10 menit melalui layanan internet banking BRI. Sampai saat itu, saya belum merasa curiga terhadap pelaku.

Setelah saya mentransfer jumlah uang tambahan yaitu Rp 1.700.00,00, saya mengkonfirmasi bahwa uang tambahan sudah saya transfer dan saya diminta untuk tidak meninggalkan ATM terlebih dahulu. Setelah lebih dari 10 menit, saya menerima telpon dari pelaku dan pelaku menjelaskan adanya masalah dalam proses pengembalian yaitu transaksi limit (pada saat itu saya belum mengetahui tentang transaksi limit). Saya diminta untuk menyesuaikan saldo tabungan saya sesuai dengan jumlah uang yang akan dikembalikan yaitu Rp 1.700.000,00.

Dari saat itu, saya mulai merasa ada yang aneh karena sebelumnya saya tidak pernah melakukan belanja online sampai sesulit ini prosesnya. Akhirnya saya menyesuaikan saldo saya seperti yang pelaku minta. Saya diminta untuk melakukan penggabungan saldo untuk proses lanjutan pengembalian uang dengan mengikuti petunjuk dari pelaku. Pada saat tahap memasuki nominal uang yang ditransfer, pelaku meminta saya untuk mengetikkan kode yang disebutnya, saya tidak sadar kalau kode itu adalah sejumlah uang yang akan dikirim ke rek seseorang. Ternyata kode yang disebutkan itu merupakan sejumalh uang yang akan dikirim ke rek milik Leni Dwi Astuti. Kode yang disebutkan yaitu 001649889 yang akan terbaca oleh sistem mesin ATM sebagai sejumlah uang Rp 1.649.889,00. Saat itu saya sudah merasa semakin bingung dan gelisah, khawatir akan ada masalah lagi yang dijadikan alasan terhambatnya proses pengembalian uang.

Ternyata benar. Malam harinya saya menelepon pelaku dan minta segera menyelesaikan proses pengembalian uang saya. Pelaku menjelaskan adanya masalah lagi yang menghambat proses pengembalian yaitu saat proses pengembalian ada masalah jaringan yang tidak memungkinkan melakukan transfer antara bank BRI ke bank BNI (rekening saya). Saat itu kecurigaan saya semakin bertambah. Saya diminta untuk meminjam tabungan milik orang lain yang tidak menabung di BNI, tetapi saya menolak. Saya meminta mereka untuk mengembalikan secara manual saja melalui ATM, tapi mereka menyangkal dengan alasan tidak diizinkan melakukan transaksi secara manual. Akhirnya saya menjelaskan kepada pelaku untuk mengehentikan proses pengembalian dan meminta pelaku untuk segera mengirim barang pesanan saya dengan anggapan saya membeli barang tersebut sesuai dengan harga resmi.

Sampai saat ini 6 September 2014, saya tidak mendapatkan uang dan barang pesanan saya. Saya menghubungi kembali pelaku tapi tidak mendapat respon. sampai saat ini no hp dan pin bb pelaku masih aktif.

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Waspada Penipuan Online Lewat Facebook “Forum Jual Beli Batam”
  2. Penipuan di Berniaga.com Jual Samsung Galaxy Ace 3
  3. Penipuan Jual Online di Berniaga.com
  4. Penipuan Besar-besaran di Berniaga.com
  5. Penipuan Modus Jual Handphone di Berniaga.com
  6. Tertipu Pembelian Blackberry di Berniaga.Com
  7. Penipuan Penjual Stroller via Berniaga.com
  8. Penipuan Jual Beli Anjing di Tokobagus.com
  9. Penipuan Modus Salah Transfer di Berniaga
  10. Penipuan Penjual Mukena Bali di Berniaga.com

Leave a Reply