«

»

Oct
21

Petugas Kelurahan Pondok Kacang Timur yang Menyalahi Aturan


  • [ Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 21 Oktober 2014 ]
Share on Twitter

pungli-IlusSelamat Pagi,

Beberapa waktu lalu saya datang ke kelurahan pondok kacang timur III dengan maksud meminta surat pengantar untuk mencabut berkas dan saya ditawari oleh beberapa pegawai disana untuk dibantu mengurusi surat-suratnya. Iseng-iseng saya tanyakan kalau dibantu oleh mereka memang biayanya berapa dan berapa hari kah prosesnya? salah satu pegawai disana ada yang menyebut nilai nominal sebesar Rp 1.000.000,00 sambil ketawa mengejek (saya shock) hanya untuk proses cabut berkas saja segitu besarnya nilai yang disebutkan (dipikir cari uang itu gampang tinggal asbun menyebutkan nominal). apakah seperti itu attitude petugas pelayanan masyarakat?

Akhirnya saya coba tantangi saya bersedia membayar dengan jumlah nominal yang disebutkan dengan deadline 1 hari harus selesai. karena kalau mereka sudah menyebut nilai nominal berarti mereka harus siap bekerja dengan deadline tapi mereka tidak menyanggupi, mereka minta min 1 minggu dan max 3 minggu. dan disitu mereka coba negosiasi dengan saya masalah deadline nya.

Akhirnya saya proses sendiri langsung ke kecamatan dan disana tdk ada biaya adm apapun dan prosesnya tdk berbelit-belit, langsung deh saya lanjtkan ke kantor catatan sipil daerah serpong dan bisa diambil berkasnya dalam 1 minggu ke depan.

Bukan kah tugas mereka membantu masyarakat dalam arti tidak mempersulit keperluan masyarakat kenapa harus dengan uang maka semua tidak akan dihambat dan sepertinya itu semua sudah lumrah menjadi suatu tradisi (ada uang semua proses lancar). bukan kah mereka di gaji juga dari uang masyarakat. kasihan dong orang-orang yang kurang mampu kalau mau mengurus surat-surat kalau tdk ada uang mereka tidak dilayani. saya tidak sempat foto org2 itu atau merekam ucapan mereka. dan disana juga tidak ada hotline untuk pengaduan masyarakat.

Harap kelurahan pondok kacang timur III bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat tanpa biaya-biaya yang tidak logis.

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Buat Surat Waris, Petugas Kelurahan Minta Rp 3 Juta
  2. Pungutan Liar di Kelurahan dan KUA Ciracas Jakarta Timur
  3. Pungutan Liar di Kecamatan dan Kelurahan
  4. Drainase Buruk di Kelurahan Batu Ampar Kramat Jati, Jakarta Timur
  5. Penahanan PBB Rumah oleh Kelurahan Pondok Betung
  6. Pungutan Liar oleh Anggota Kelurahan
  7. Pemerintah Banyak Melanggar Mengenai Aturan Tenaga Kerja
  8. Pungutan Pembuatan Surat Keterangan Waris di Kelurahan
  9. Pelayanan Buruk Shafira Salon Bekasi Timur.
  10. Pungutan Liar KTP di Kelurahan Jati Mulya,Bekasi

Leave a Reply