«

»

Oct
30

Gaji Tidak Dibayarkan Oleh Perusahaan


Share on Twitter

ppn-tenaga-kerjaDear tim rumah pengaduan.com

Saya mohon tanggapan dan solusinya tentang masalah yang sedang saya alami sekarang.

Saat ini saya sedang bekerja di salah satu perusahaan F&B ternama di Indonesia. Posisi saya saat ini adalah store designer, job desk saya adalah membuat design toko lengkap dengan gambar kerja serta mengkoordinasikan di lapangan. Saya bekerja dari tgl 26 september 2012 sampai dengan sekarang. Awalnya saya dikontrak selama 1 tahun penuh dan diangkat menjadi karyawan tetap tahun berikutnya.

Pada awalnya, saya terdaftar sebagai karyawan PT. Talkindo tempat saya pertama kali tanda tangan kontrak kerja. Tetapi pada tahun 2014 awal saya dipindah di PT. Harmoni tanpa sepengetahuan saya. Walaupun PT tersebut masih dalam group yang sama dengan owner yang sama. Tetapi 2 PT teesebut memiliki kebijakan-kebijakan yang berbeda dalam hal karyawan.

Misalnya dalam hal penyesuain gaji karyawan berdasarkan perolehan laba perusahaan selama 1 tahun. Bulan maret 2014 diadakan penyesuaian gaji tsb. Dan PT harmoni mengambil keputusan tidak akan ada kenaikan gaji ditahun ini. Saya yg merasa yg merasa dari PT talkindo merasa keberatan dan lewat lobi dengan direktur operasional saya tetap mendapatkan kenaikan gaji sesuai kebijakan PT talkindo.

Dan bulan september 2014 saya mendapat kenaikan gaji sesuai standart supervisor dgn alasan kinerja saya bagus dan perusahaan tidak mau kehilangan saya.

Beberapa hari yang lalu di PT harmoni ada audit internal dan ada 1 kontraktor interior kami yang dianggap memberikan sejumlah uang kepada karyawan PT harmoni. Dalam penyelidikannya didapat hasil print out account bank milik kontraktor itu. Dan dari situ tersebut beberapa nama. Dan salah satunya adalah saya.

Saya sempat diinterogasi oleh hrd terkait uang tsb. Saya mencoba menjelaskan bahwa uang itu adalah uang komisi saya dari 2 proyek yg saya berikan kpd kontraktor di luar PT harmoni (tidak ada hubungannya dgn kantor). Dari hrd juga menjelaskan ke saya jawaban dari kontraktor yg sama dengan jawabn saya. Karena memang kami ada hubungan bisnis di luar kantor. Saya juga masih ada bukti gambar design yang saya berikan kpd kontraktor

Karena kasus ini, gaji saya bulan september 2014 dipending dan belum dibayarkan kepada saya sampai sekarang. Dan belum tahu kapan akan dibayar. Saya merasa hasil kerja saya selama 1 bulan dari jam 9 sampai jam 10 malam (bahkan tidak ada hitungan lembur) tidak dianggap. Saya sudah mencoba kontak dgn owner dan beliau bilang akan ditransfer keesokan harinya. Tetapi belum saya terima sampai sekarang. Saya merasa tidak diperlakukan dengan fair oleh perusahaan. Saya mencoba memberikan sedikit warning jika gaji saya tidak ditransfer saya juga tidak akan mengerjakan kewajiban saya. Karena saya merasa saya sudah melakukan kewajiban saya tetapi hak saya dirampas.

Saya mohon tanggapannya dari bapak ibu sekalian dan mungkin bisa dicarikan solusi agar saya tidak gegabah dalam mengambil keputusan.

Demikian saya sampaikan.
Terima kasih atas perhatiannya.

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Perusahaan Licik, Potong Gaji Seenaknya
  2. Kasus Penipuan Oleh Kontraktor Gadungan PT Adiyasha Radhya
  3. Kebijakan Perusahaan Alfamart Tidak Adil
  4. Komplain Gaji Pokok Kepada Bank Mega
  5. Hilangnya Ijasah oleh Perusahaan Indomaret
  6. Gaji Dibekukan CIMB, Data Dicuri untuk Palsukan CC
  7. Pembayaran atau Gaji Bulanan Tidak Sesuai
  8. Ijazah Ditahan Perusahaan
  9. Gaji Buruh PT Jhonlin Baratama Dipotong Tidak Jelas
  10. Gaji + Tunjangan Komplit + Garapan Sawah Bengkok

Leave a Reply