«

»

Nov
06

  • status pengaduan : Selesai
Pembeli Dipaksa Menyumbang yang Tidak Jelas di Indomaret


  • [ Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 06 November 2014 ]
  • [ Sudah ditanggapi oleh pihak terkait pada 11 November 2014 ]
Share on Twitter

IMG_20141010_0001Kesekian kalinya saya kecewa oleh Indomaret. Beberapa hari yang lalu (Jumat 10 Oct 2014) sekitar jam 2-an saya ke Indomaret Warungkondang di jalan raya sukabumi (depan pegadaian) – Cianjur untuk membeli sikat gigi Formula dan mata silet cukur merk Indomaret. Setelah mengambil barang, saya beranjak ke kasir bernama Siti (nama tertera dalam struk, ntah benar atau tidak) untuk membayar kedua barang tersebut.

Barang discan ke komputer oleh kasir, saya harus membayar sebesar Rp.20.400. Jumlah tersebut didapat dari Sikat gigi seharga Rp.10.900 ditambah Pisau cukur Rp.9.500. Namun ketika hendak mengambil uang untuk bayar, total yang tertera di layar –yang menghadap ke konsumen– menunjukan Rp.20.500?

Saya pikir apa-apaan ini, ada selisih Rp 100? Saya bayar dengan uang 1 lembar Rp.50.000,-, kasir pun memberikan uang kembalian sebesar Rp.29.500. Benar dugaan saya ada selisih 100 rupiah seharusnya saya menerima uang kembalian sebesar Rp. 29.600. Saya komplain ke kasir, mana Rp 100 lagi? Kasir pun dengan wajah tak bersalah atau lebih tepatnya pura-pura lupa berkata; “Oh, iya 100 ya..” sambil menyerahkan uang coin sebesar 500 rupiah.

Saya pikir terlalu besar, saya minta uang pas, namun kasir menolak dengan alasan tidak ada uang pas 100 rupiah. Karena saya merasa tidak enak bila menerima uang yang terlalu besar, akhirnya uang 500 saya kembalikan dan keluar menuju tempat parkir. Setelah saya baca dan telusuri struknya ternyata selisih Rp 100 tadi didapat dari “Sumbangan Program Peduli Kanker”. Tanpa sepengatahuan dan seizin saya.

Yang jadi kekecewaan saya;
1. Mengapa kasir tidak menanyakan terlebih dahulu; “Apakah bapak/ibu/sdr mau menyumbangkan sekian rupiah untuk program peduli kanker?”. Toh hal itu tidak sulit. Daripada anda secara diam-diam menginputkan sumbangan kedalam belanjaan pembeli, hal itu sama saja dengan mencuri.

2. Saya ragu akan program peduli kanker ini. Toh kasir tidak memberitahukan kepada pembeli terkait program ini. Apa benar indomaret mengadakan ini? Saya pun tidak melihat tanda-tanda seperti spanduk/brosur/pamplet yang isinya memberitahukan program sumbangan ini. Rp 100 memang tidak seberapa bagi anda.

Tapi dengan cara seperti yang saya katakan diatas itu sama saja dengan mencuri hak konsumen. Rp 1 milyar takkan jadi Rp 1 milyar bila kurang Rp 100. Harapan saya semoga indomaret memperbaiki kinerja kasirnya, jangan sembarang merekrut karyawan. Sudah beberapa kali saya mengalami kekecewaan oleh Indomaret dan baru kali ini saya tulis di SP Kompas.com. Semoga ini bisa menjadi masukan untuk Indomaret dan bisa memperbaiki pelayanannya terhadap konsumen.

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Pelayanan dan Informasi Kasir Indomaret Tidak Jelas
  2. Pegawai Indomaret yang Tidak Ramah
  3. Kasir Indomaret Sasak Ujung Aspal Judes
  4. Pelayanan Indomaret Yang Tidak Menyenangkan
  5. Pelayanan di Indomaret yang tidak menyenangkan
  6. Pelayanan Indomaret Gerung Sangat Tidak Profesional
  7. Penipuan oleh Kasir Indomaret
  8. Kecurangan Kasir Indomaret BTP Makassar
  9. Kecurangan Kasir Bernama Novan di Indomaret
  10. Sikap yang Tidak Baik Dari Kasir Indomaret Jakarta Utara

5 comments

  1. Indomaret says:

    Kepada yth.
    Ibu Reksa Gumilar

    Maaf baru merespon karena informasi yang kami terima dari Rumah Pengaduan baru pada 6 November 2014.
    Maaf atas masalah kembalian dan tindakan kasir yang tidak sesuai prosedur.
    Kasir wajib mengembalikan uang kembalian sesuai dengan nilai transaksi belanja. Meski jumlah uang receh yang beredar terbatas dan sulit diperoleh, kasir tetap tidak dibolehkan mengurangi nilai uang kembalian.
    Kami saat ini mengadakan Program Kemanusiaan bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia dari 1 September hingga 30 November 2014 yang ditujukan untuk membantu penderita kanker di Indonesia. Melalui program ini pelanggan Indomaret diajak mendonasikan uang receh dari kembalian. Sifatnya suka rela. Kasir harus menawarkan dulu dan apabila disetujui baru kemudian kasir menstruk nilai sumbangan konsumen.
    Kasir yang tidak menjalankan prosedur ini akan diperingatkan.
    Mohon alamat dan nomor telepon Ibu, kasir hendak minta maaf dan mengantar kekurangan uang kembalian tersebut.
    Terima kasih atas saran dan kesetiaannya ke Indomaret.

    Hormat kami,
    Public Relations
    PT. Indomarco Prismatama 3rd Floor
    Jl. Terusan Angkasa B2 Kav.1, Gunung Sahari
    Kemayoran – Jakarta Pusat

  2. Reksa Gumilar says:

    Akhirnya direspon juga. Maaf juga baru saya balas, karena lambatnya respon dari indomaret saya jadi lupa akan surat pembaca saya ini.

    Keluhan saya diatas merupakan salah satu dari sekian banyak yang saya alami di indomaret. Jadi, tolong diperbaiki kinerja karyawannya.

    Mengenai alamat sebetulnya saya sudah tulis di surat pembaca saya di situs K*mpas. Saya agak keberatan bila harus mempublish alamat saya disini.

    Tapi bila dari pihak indomaret memiliki itikad baik untuk menemui saya silahkan hubungi saya di nomor 085720874426

  3. Reksa Gumilar says:

    Dan sampai detik belum ada pihak indomaret yang datang.
    #akurapopo

  4. Reksa Gumilar says:

    Sudah selesai!?
    Tapi pihak indomaret tak ada yang datang.
    Sudahlah, memang tak ada itikad baik dari indomaret.

  5. djextraza says:

    ini sih udah biasa. dibiarkan terus. kl mau dibilang mungkin semua orang yang ada di indonesia udah kena tipu. tapi dibiarin ajah lah ya.. kakak, adik, bapak, ibu. semuanya udah pernah kena tipu. teman, tetangga, rekan kerja? masing masing pas ditanya juga udah pernah kena tipu. terus mau sampai kapan hei indomaret?

Leave a Reply