«

»

Nov
11

Pungli Pembuatan KTP & KK WNA di Tangerang


  • [ Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 11 November 2014 ]
Share on Twitter

pungli-IlusSaya mau melaporkan adanya pungutan liar yang dilakukan oleh petugas kantor catatan sipil Kota Tangerang (Gedung Cisadane). Setelah menapatkan KITAP dari Imigrasi, saya bermaksud untuk membuat KTP & KK WNA untuk suami saya, untuk melengkapi seluruh administrasi kependudukan. Saya diminta masuk kedalam ruang kerja Bapak Sani dan sampai di mejanya dokumen-dokumen yang dibutuhkan dicek dan sudah sesuai & lengkap, kemudian dibuatkan tanda terima, tapi kemudian diberitahukan bahwa untuk pembuatan KTP & KK WNA ini dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 500.000,-.

Padahal berdasarkan perda kota Tangerang No.5 th. 2011, pembuatan KTP & KK WNA Rp. 0,- atau bebas biaya (GRATIS) , saya tanya bukannya seharusnya tidak dikenakan biaya, tapi dijawab “memang biasanya segitu biaya nya, tapi terserah mau memberikan berapa”. Aneh sekali menurut saya jawaban seperti itu. Akhirnya saya bilang biayanya diberikan disaat pengambilan nanti, dan dijawab iya. Dijanjikan 1 minggu setelah dokumen diterima KTP & KK sudah bisa diambil, setelah 1 minggu lebih saya datang tetapi dijawab belum jadi karena Bapak Darma sedang tidak ada, jadi belum ditanda tangan.

Diminta datang lagi minggu depannya, setelah 1 minggu didatangi dan bertemu dengan Bapak Darma kemudian ditanya, “apa administrasinya sudah beres?” saya bilang dokumen sudah lengkap semua, tetapi yang dimaksud adalah “biaya administrasi” dan kemudian Bapak Sani berbasa-basi menanyakan coba tolong dicek lagi data-datanya apa sudah benar nama, alamat, dll nya. Dan dijawab belum jadi karena takut datanya ada kesalahan. Akhirnya mereka tetap bilang, harus diselesaikan dulu untuk administrasinya (sambil menunjukan isyarat tangan “uang”) nanti kalau sudah jadi akan dihubungi via telp, saya kasi no hp saya. Saya pulang dengan tangan kosong lagi.

Sampai sekarang saya sudah 3 bulan juga masih belum jadi. Tolong diperhatikan kinerja petugas di catatan sipil Tangerang! Kantornya juga berantakan file dimana2 & sangat sumpek sekali.

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Pungli KUA Kec. Larangan – Tangerang – Banten
  2. Pungli Pembuatan E-KTP
  3. Pungli Pembuatan KTP dan E-KTP
  4. Pungli KUA Kecamatan Limo Depok
  5. Pembuatan SIM Baru Disarankan Pungli
  6. Rp.50.000 Untuk Pembuatan KTP ?
  7. Pungutan Liar Pada Pembuatan Akte Kelahiran
  8. Transaksi Narkoba di Tangerang
  9. E-KTP Tak Kunjung Jadi & Pungli Perpanjangan KTP
  10. Pungutan Tak Wajar Pembuatan KTP

1 comment

  1. nuansahijau says:

    Yang sabar ya bu…, Mudah2an presiden jokowi dan mendagri baca berita ini. Harus di SP tuh oknum2 petugas kyk gitu. Udah dapet gaji juga, msh aja kyk gitu.

    Dilaporkan pihak terkait, jgn lupa cc ke presiden dan mendagri …

Leave a Reply