«

»

Nov
19

Lazada Salah Kirim Barang Pesanan dan Sulit Refund


  • [ Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 27 November 2014 ]
Share on Twitter

lazada_logoPada Tanggal 3 November 2014, Saya memesan smartphone Asus Zenfone 5 Ram 2GB – 5” – 8GB – Pearl White kepada Lazada.co.id, dengan sistem pembayaran COD, dibayar saat pesanan barang sampai di konsumen. Pada 6 November 2014, jam 10.15, barang pesanan saya sampai yang dikirim seorang kurir JNE. Saat itu pula saya serahkan uang sebesar 2,3 juta kepada kurir tersebut.

Tetapi ketika saya membuka kemasan dari JNE tersebut, barang yang saya terima ternyata Asus Zenfone 4 Ram 1 GB, yang harga nya jauh lebih murah, di dalamnya tertulis kertas yang menerangkan bahwa barang tersebut seharusnya dikirim ke seseorang di Sumatera Barat, ini pesanan orang lain.

Jelas saja saya kecewa berat dengan ini semua, saat itu pula saya langsung kontak Lazada mengenai kesalahan ini. dan kemudian saya mendapatkan email tentang kemana saya harus mengembalikan barang tersebut. barang yang salah itu, saya kembalikan sore itu pula, yaitu 6 November 2014, melalui JNE ke alamat gudang Lazada, di sekitar Pasar Rebo.

Lalu seminggu kemudian, saya cek lagi ke Lazada, saya telp untuk menanyakan kelanjutan nasib barang pesanan saya. singkat cerita, pada 12 November 2014, diinformasikan oleh pihak Lazada melalui fasilitas track-order, bahwa barang yang saya kembalikan ke gudang Lazada sudah diverifikasi dan disiapkan barang penggantinya (yaitu Asus Zenfone 5 yang saya maksudkan dari awal). Tanggal 13 November 2014, Disebutkan di track-order bahwa Barang Pengganti dalam proses pengiriman.

Sehari…dua hari…tiga hari…barang pengganti tidak juga sampai ke tangan saya. Saya semakin kecewa dan akhirnya meminta Lazada untuk mengembalikan uang saya ke rekening saya yang sudah dari awal diminta Lazada saat proses pengembalian barang.

Tanggal 18 November 2014 jam 14.34, saya mendapat email dari Bram, CSA Lazada.co.id, yang menyebutkan bahwa pengembalian uang (refund) tidak bisa dipenuhi karena barang pengganti sudah terlanjur dikirim via JNE dengan nomor resi 0113101400345732.

Lucunya, ketika saya cek JNE, terkait resi tersebut, pihak JNE menyebutkan bahwa pengiriman barang dengan nomor resi 0113101400345732 sudah di cancel oleh pihak Lazada per tanggal 14 November 2014. Sungguh aneh bukan?…bagaimana mungkin Lazada menyebutkan kepada saya bahwa tidak bisanya refund karena produk sudah terlanjur terkirim pada tanggal 18 November 2014, sementara JNE menyebutkan sejak tanggal 14 November 2014 pun, Lazada sudah membatalkan pengiriman barang tersebut.

Sungguh luar biasa pengalaman ini, entahlah bagaimana nasib 2,3 jt uang saya sekarang. sudah barang pesanan tidak dapat, uang pun nasibnya tidak jelas. Semoga ini jadi pelajaran buat semua orang. Bahwa harus hati-hati berbelanja secara online berbelanja di Lazada.co.id.

Saya bingung harus gimana lagi, nelepon berkali-kali ke Lazada, selalu jawabannya adalah mohon maaf atas ketidak nyamanan….tapi tidak ada solusi yang jelas.

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Barang Pesanan Belum Diterima
  2. Barang Beli di Lazada Belum Sampai
  3. Pelayanan Lazada Tidak Memuaskan
  4. Kecewa Retur Produk di Lazada
  5. Barang di Cargo Garuda Indonesia Tidak Dikirim-kirim
  6. Salah Kirim Melalui BANK BCA
  7. Kirim Barang Lewat JNE Belum Sampai
  8. Pelayanan Evoucher Mengecewakan
  9. JNE Yes Sangat Lambat Dalam Proses Pengiriman Barang
  10. Kiriman Barang Lewat JNE Tak Sampai

1 comment

  1. henri h prasetijo says:

    Tanggal 20 November 2014, Barang yang saya pesan akhirnya sampai di tangan saya jam 14.00. Alhamdulillah, walaupun terlambat, yang penting barang nya ada dan sesuai pesanan. ibarat pepatah better late than never.

    trims lazada.

Leave a Reply