«

»

Jan
28

Kecewa Terhadap Pelayanan Tokopedia


  • [ Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 28 Januari 2015 ]
Share on Twitter

tokopediaSaya menulis Surat Pembaca ini dengan harapan permasalahan yang saya alami bisa segera selesai dan juga bisa menjadi peringatan bagi customer lainnya.

Saya membeli dua buah simcard melalui situs Tokopedia di toko Lapaklama dan penjual bernama Hartini.

Tanggal 27 Desember 2014 saya melakukan pembayaran dan sehari kemudian sudah diverifikasi baik oleh Tokopedia maupun oleh penjual. Cukup sering saya belanja di toko online selain Tokopedia, dan biasanya dalam 2 hari barang sudah saya terima.

Ketika saya cek status pembelian, disebutkan barang sedang dalam proses oleh penjual. Saya pun mencoba menghubungi Hartini selaku penjual melalui fitur Diskusi Produk. Saya lihat penjual cukup cepat menjawab pertanyaan dari para pembeli. Tetapi berhati-hari pertanyaan saya tidak juga dijawab.

Tanggal 02 Januari 2015 saya lihat status pembelian, disebutkan bahwa barang telah dikirim tanggal 02 Januari dengan nomer resi JNE TGRAA7615508971. Segera saya cek ke website JNE tetapi data tidak dapat ditemukan. Berkali-kali saya coba dan hasilnya tetap sama, bahwa data tidak dapat ditemukan.

Kembali saya coba menghubungi penjual melalui “Diskusi Produk”, menanyakan kenapa resi JNE tidak valid. Ternyata ada beberapa pembeli yang mengalami nasib yang sama dengan saya, mereka memberi tanggapan pada postingan saya tersebut. Saya tetap menunggu jawaban dari penjual, tetapi ternyata postingan saya dihapus tanpa ada jawaban sama sekali. Sedangkan postingan pembeli lain yang sekedar memberikan nomer invoice pembayaran agar segera diproses, ditanggapi segera oleh penjual.

Kecewa dengan pelayanan penjual, kembali saya posting di “Diskusi Produk” saya tanyakan kenapa komentar saya dihapus, saya jadi curiga apakah ini penipuan. Kembali postingan saya tersebut dihapus dan penjual menjawab melalui Pesan di jalur pribadi. Dia bilang komentar dihapus karena isinya sama semua, bahkan ada kata-kata kasar “situnya aja yang rewel”.

Akhirnya pada tanggal 09 Januari 2015 barang saya terima, dan nomer resi JNE berbeda dengan yang pernah dicantumkan di website Tokopedia. Bahkan tanggal pengiriman pun ternyata tanggal 08 Januari 2015.

Masalah belum berhenti, karena dari dua buah simehcard yang saya beli, ada 1 simcard yang seharusnya berisi quota 21GB ternyata hanya berisi quota 1,2GB. Saya pun menghubungi CS Tokopedia (yang ternyata responnya lama sekali). Saya juga menghubungi penjual untuk komplain masalah ini.

Tetapi sungguh mengecewakan jawaban dari penjual sangat kasar. Saya dibilang rewel, lebay, bahkan penjual mengungkit review yang saya berikan kepada dia. Saya memberinya review 1 bintang (maksimal 5) atas pelayanan dan kecepatan yang dia berikan.
Ketika saya mengingatkan bahwa tindakannya bisa dibawa ke jalur hukum, sdr Hartini selaku penjual menjawab “situ mau lapor polisi? Lapor aja sana. Palingan polisi ngakak”

Anehnya, kepada CS Tokopedia, penjual mengatakan menerima retur. Tetapi jawaban yang diberikan kepada saya hanyalah kalimat kasar dan caci maki.

Sampai saat ini masalah tersebut belum selesai. Secara materi kerugian saya mungkin tidak seberapa, tetapi secara moril saya sangat kecewa diperlakukan tidak sopan oleh penjual.

Kekecewaan saya bertambah karena situs sebesar Tokopedia masih memperbolehkan penjual seperti Hartini dari toko Lapaklama berjualan. Tidak ada sangsi ataupun teguran yang bisa membuat penjual jera. Padahal saya sudah memberikan bukti kata-kata kasar penjual (yang saya capture screen) kepada pihak Tokopedia. Bahkan ada satu pembeli juga yang mengaku ditelpon oleh penjual untuk membatalkan komplain.

Semoga Surat Pembaca ini bisa membantu memperingati para pembeli untuk berhati-hati sebelum melakukan transaksi dengan sdr Hartini di Tokopedia (nama toko: Lapaklama, produk: simcard). Karena komentar yang buruk di \”Diskusi Produk\” akan dihapus olehnya, sehingga pembeli tidak tahu masalah apa saja yang dialami pembeli lainnya. Hanya komentar baik yang tetap disimpan oleh penjual.

Terima Kasih

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Kecewa Terhadap Barang Dan Pelayanan Indomaret
  2. Kecewa Terhadap Pelayanan Bukopin
  3. Kecewa Terhadap Layanan Speedy Telkom
  4. Kecewa Terhadap Pelayanan Sony Center Surabaya
  5. Kecewa dengan Pelayanan Disdus
  6. Kecewa Terhadap Pelayanan Indomaret
  7. Kecewa Terhadap Layanan Speedy Telkom
  8. Kecewa dengan Pelayanan Indomaret
  9. Kekecewaan Terhadap JNE
  10. Kecewa Terhadap Card Center BTN

Leave a Reply