«

»

Jan
28

Pelanggaran Etika Penagihan dari Bank ANZ


Share on Twitter

anzBerdasarkan Surat Edaran No. 14/2/DASP/2012 dan 14/20/DPNP/2012, maka saya bermaksud mengadukan adanya pelanggaran terhadap etika penagihan yang dilakukan oleh Bank ANZ Indonesia.

Pelanggaran yang dilakukan adalah:
1. Penagihan dilarang dilakukan dengan cara ancaman, kekerasan dan/atau tindakan yang bersifat mempermalukan debitur.
– ada lampiran bukti SMS yg ditembuskan ke saya, namun ditujukan untuk pihak yang sama sekali tidak terkait dengan masalah ini, sehingga mempermalukan nama baik saya. Bukti SMS ini akan saya lampirkan pada pihak terkait yang membutuhkan barang bukti

2. Penagihan dilarang dilakukan dengan menggunakan tekanan fisik maupun verbal
– Penagihan yang dilakukan oleh Ibu Agustina (belum diketahui apakah ini nama asli atau tidak) melalui telepon yang cenderung mengancam bahkan kepada pihak lain yang tidak terkait dengan masalah ini.

3. Penagihan hanya dapat dilakukan di tempat alamat penagihan atau domisili debitur
– Penagihan dilakukan dengan menelepon kantor tempat saya bekerja secara konsisten dan berbicara dengan pihak lain, padahal Bank ANZ memiliki alamat penagihan saya yaitu alamat tinggal saya di Jakarta/Tangerang dan Surabaya.

4. Penagihan diluar tempat dan/atau waktu sebagaimana yang dimaksud hanya dapat dilakukan atas dasar persetujuan dan/atau perjanjian dengan debitur terlebih dahulu.
– Penagihan dilakukan dengan menelepon alamat kantor yang tidak pernah didaftarkan pada alamat penagihan, dimana memang alamat penagihan di rumah tempat tinggal, tidak mengalami perubahan.

Saya memang rakyat biasa, dan memang karena terjadi musibah di beberapa waktu lalu, sehingga saya tidak mampu membayar tagihan-tagihan saya, dan salah satunya di Bank ANZ Indonesia.

Sebagai akibat dari status saya yang sudah disebarluaskan dan dipermalukan di kantor tempat saya bekerja, maka saat ini saya sedang menunggu kebijakan dari manajemen kantor saya apakah status kepegawaian saya akan diperpanjang atau tidak.

Mohon bantuan dari rumahpengaduan.com utk dapat meneruskan pengaduan ini ke ANZ dan Bank Indonesia, karena sebelumnya saya juga sudah melaporkan hal ini ke bicara@bi.go.id.

Saya harap oknum dari Bank ANZ dengan nama Ibu Agustina yang melakukan hal ini dapat diberikan hukuman setimpal sesuai pelanggarannya, karena saya yakin bahwa Bank ANZ Indonesia tidak mungkin memberikan arahan utk melanggar aturan tersebut.

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Etika Penagihan Kartu Kredit Bank BNI
  2. Etika Penagihan KTA
  3. Etika Buruk Penagihan Kartu Kredit Bank Mega
  4. Etika Penagihan Kartu Kredit BNI
  5. Intimidasi Oleh Debt Collector Bank Mega
  6. Kecewa dengan Penagihan Bank Mandiri
  7. Penagihan Kartu Kredit yang Sudah Ditutup serta Perlakuan Kasar Bank Mega
  8. Saran untuk Perlakuan Penagihan Kartu Bank Mandiri
  9. Penagihan Kartu Kredit Bank Mega yang Kasar dan Tidak Menyenangkan
  10. Kebun Binatang dari Mulut Kolektor Bank Mega

Leave a Reply