«

»

Feb
24

Mana Sertifikat Tanah dan Bangunan Saya?


  • [ Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 24 Februari 2015 ]
Share on Twitter

Kredit RumahSaya membeli sebuah unit rumah di Perumahan Jatinegara Indah di wilayah Jakarta Timur dengan fasilitas Kredit Perumahan Rakyat (KPR) Bank BNI. Rumah tersebut berdiri di atas tanah sertifikat Hak Pengelolaan Lahan (HPL) No. 4 dengan pemegang hak Badan Pengelola Lingkungan Industri dan Pemukiman (BPLIP) DKI Jakarta. Perjanijian Pengikatan Jual Beli (PPJB) sudah dilakukan tahun 2008 dengan developer, PT Cakra Sarana Persada sedangkan penandatanganan KPR dengan Bank BNI terjadi di tahun 2010.

Namun hingga saat ini, saya belum bisa melakukan penandatanganan Akte Jual Beli (AJB) karena Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) masih belum ada. Pihak PT.Cakra Sarana Persada (developer) menjelaskan bahwa proses SHGB menjadi tidak jelas karena BPLIP sudah dibubarkan di tahun 2009 dan kewenangan pengelolaan lahan dialihkan ke Unit Pengelola Kawasan (UPK) dibawah Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan DKI Jakarta. Hal ini mengakibatkan saya sebagai konsumen, sampai saat ini belum memiliki dokumen legal atas kepemilikan aset tanah dan bangunan di Perumahan Jatinegara Indah sebagai hak saya, sementara kewajiban untuk membayar telah saya penuhi.

Hingga saat ini, tiga pihak terkait dengan urusan ini yaitu PT Cakra Sarana Persada, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Bank BNI saling lempar tangan terkait penyelesaian permasalahan ini. Masih ada lebih dari 10 konsumen Perumahan Jatinegara Indah mengalami ketidakjelasan status kepemilikan rumah mereka seperti saya, baik dengan status membayar dengan fasilitas KPR ataupun sudah melunasi pembayaran atas unit tanah dan bangunan.

Berapa tahun lagi saya harus menunggu keluarnya SHGB setelah hampir 7 tahun saya membeli rumah tersebut dan hampir 5 tahun saya membayar cicilan KPR?

Mohon tanggapan pihak terkait atas penyelesaian masalah ini terutama developer PT Cakra Sarana Persada.

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Sertifikat Rumah KPR BTN Belum Ada
  2. Pembangunan Rumah KPR BTN Saya Tak Kunjung Selesai
  3. Marak Bangunan Liar di Daerah Aliran Sungai Deli
  4. Tetangga Serobot Tanah Halaman Rumah Saya
  5. KTP Mana yang Harus Saya Miliki
  6. Mana Profesionalitas Bank Mega?
  7. Sertifikat Rumah Dihilangkan Oleh BTN
  8. Tarif Mayasari Bakti AC70A (Cileungsi-Tanah Abang)
  9. Kapan Penyelesaian Surat Tanah Kami?
  10. Kartu Kredit BNI Saya Tak Kunjung Dikirim

Leave a Reply