«

»

Mar
09

PLN oh PLN, Mau Menang Sendiri Saja


  • [ Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 09 Maret 2015 ]
Share on Twitter

plnSekitar Mei 2013 kami menerima surat dari PLN yang menyatakan bahwa akan ada pencabutan listrik untuk ruko yang kami sewa. Tentu saja kami terkejut karena merasa tidak pernah melakukan hal yang aneh-aneh dan kami selalu membayar tagihan tepat waktu.
Kami memenuhi panggilan tersebut dan datang ke kantor PLN, disana kami dijelaskan jika meteran listrik kami segelnya terbuka dan ada komponen didalamnya yang diganti.

Sepengetahuan kami memang kondisi meteran ada di luar ruko dimana siapa saja dapat mengaksesnya dengan mudah dan kondisi meteran tersebut normal tidak ada yang aneh. Justru kami malah tidak pernah menyentuhnya.┬áKetika kami bertanya komponen apa yang diganti, awalnya pihak PLN memberi jawaban ‘kemana-mana’, setelah kami kejar pada prinsipnya mereka tetap mengantakan ada komponen yang diganti. Kami kembali menanyakan apakah penggantian komponen tersebut mengindikasikan kami melakukan pencurian listrik? PLN menjawab “TIDAK”. Kami kembali bertanya, apakah ada keuntungan yang kami dapatkan dari penggantian alat tersebut? PLN menjawab “TIDAK”. Jadi kalau kami tidak mencuri listrik, dan tidak mendapatkan keuntungan apapun dari penggantian alat tersebut buat apa kami melakukan hal itu? Apa ini tidak aneh dan mencari-cari?

Kami bertanya kembali waktu pemeriksaan dilakukan apa ada saksi yang menyaksikannya? PLN mengatakan “ada”. kembali kami bertanya, siapa? Pihak PLN hanya mengatakan ini ada tanda-tangannya. Tentu saja kami bertanya itu tanda tangan siapa? Pihak PLN tidak dapat menyebutkan siapa, dan tetap ngotot ini tanda tangannya. Apa ini tidak aneh dan mencari-cari? Bisa saja itu ditandatangani sendiri. Dan apakah prosedur PLN membolehkan pembongkaran dilakukan tanpa ijin pemilik rumah? Apa ini tidak melanggar hukum pidana? Jika hal ini dibolehkan akan membuat banyak sekali oknum yang memanfaatkan hal itu untuk maksud jahat dan pelanggan PLN akan sangat dirugikan, apalagi PLN adalah perusahaan monopoli. Apa seperti ini kinerja perusahaan negara yang satu ini?

Ketika itu kami dianjurkan untuk bersurat, dan kami langsung mengirimkan surat yang diminta. Karena berbulan-bulan tidak ada jawaban kami pikir sudah selesai, dan PLN mendengar keluhan pelanggannya dan mengkoreksi diri untuk kemajuan PLN sendiri.

Namun bulan Februari 2015 (22 bulan setelahnya) kami kembali mendapat surat yang mengatakan meteran PLN kami akan dicabut, apa ini tidak kacau? Ketika kami tanyakan, PLN menjawab meteran kami memang telah di segel sebelumnya. Padahal kenyataannya sejak Mei 2013 sampai saat ini meteran kami tidak pernah disegel, dan kami selalu membayar tagihan pemakaian selama periode tersebut. Disini saja terlihat PLN ‘lalai’ dan ‘tidak cermat’, dalam penangan masalah. Apalagi dijelaskan jika ‘kembali’ terjadi pembongkaran segel dan penggantian komponen. Kami sempat tanyakan apa ini masalah yang lalu. PLN menjawab tidak, ini penggantian baru. berarti sudah 2 kali PLN menuduh kami. Bisa gila pelanggan jika PLN semaunya seperti ini. Ini jelas merupakan tindakan sewenang-wenang terhadap pelanggan.

Kami sebagai pelanggan tentu saja sangat kecewa dengan performa dan pelayan yang ditunjukkan PLN. Di satu sisi tidak jarang PLN melakukan pemadaman dengan berbagai alasan. Namun PLN tetap menaikkan tarif dengan alasan untuk meningkatkan pelayanan, namun pelayanan yang diberikan tidak juga meningkat malah bisa dikatakan menurun. Ditambah lagi dengan tindakan tidak profesional PLN dan merugikan dan menekan pelanggannya. Apa memang seperti ini PLN kita? Apa tidak ada yang bisa kita lakukan? Apa karena PLN adalah perusahaan monopoli ini terjadi?

Kami berharap pihak-pihak yang berkaitan dan memiliki wewenang dapat menindak-lanjuti keluhan kami. Kami rasa banyak pelanggan-pelanggan lain yang dirugikan oleh tindakan-tindakan tidak profesional PLN, hanya mereka malas bersuara. Kami berharap suara kami ini dapat didengar.

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Kartu XL Saya Kok Bisa Hangus Sendiri?
  2. Paketan BB Indosat Hilang Sendiri
  3. Paket Internet Indosat Habis Sendiri, Pulsa Terpotong
  4. Hati-Hati Naik Bus MGI, Bayar Saja dengan Uang Pas
  5. Akses Jalan ke Rumah Ditutup, BTN Diam Saja
  6. Penipuan Menang Cek Tunai dari BRI
  7. Internet Speedy Sering Putus Sendiri
  8. Pulsa Pasca Bayar Three (3) Hilang Begitu Saja
  9. Pulsa Simpati Hilang Sendiri
  10. Telepon Rumah Telkom Sering Gangguan

Leave a Reply