«

»

Mar
13

Mau Bayar Pajak Mobil Dipersulit Petugas Samsat


  • [ Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 13 Maret 2015 ]
Share on Twitter

SamsatSaya punya mobil plat palangkaraya kalimantan tengah, sudah saatnya saya harus bayar pajak tahunan dan karena kesibukan bekerja jadi saya memilih untuk membayarnya di kantor samsat sampit karena saya bekerja di wilayah sampit. saya mendapatkan informasi dari petugas samsatnya sendiri katanya tidak perlu jauh-jauh ke palangkaraya cukup di sampit saja bisa membayar pajak karena sudah ada sistem online, nah setelah itu saya berinisiatif untuk segera membayar pajak mobil tersebut. dan setelah tiba di kantor samsat sampit saya langsung menuju loket pengambilan formulir, semua persyaratan sudah saya masukan kedalam map merah yang didalamnya berisi fotocopy KTP,STNK dan BPKB nah setelah itu petugasnya menanyakan KTP asli pemilik mobil tersebut yang namanya tertera di STNK, karena saya membeli mobil second jadi namanya bukan atas nama saya,

Mulailah dari sini ada sebuah perdebatan, saya tanya sama petugasnya “KENAPA HARUS ADA KTP ASLI KAN SAYA SUDAH MEMPUNYAI FOTOCOPYANNYA?” lalu petugas tersebut menjawab alasannya yang pertama “KARENA DITAKUTKAN NAMA TERSEBUT MEMPUNYAI MOBIL LEBIH DARI SATU” alasan yang kedua “KARENA INI SISTEM ONLINE DITAKUTKAN ADA PEMBAYARAN PAJAK GANDA”.

Nah disinilah saya mulai merasa tidak puas dengan jawaban petugas tersebut dan menurut saya untuk alasan pertama : sangat tidak masuk akal kalo petugas samsat sampit bilang ditakutkan nama yang ada di stnk tersebut mempunyai mobil banyak, kan kita bisa membedakan dari cek fisik mobil tersebut ada bukti fisik dan saya memegang STNK aslinya dari jenis mobil dan tahun pembuatannya pun pasti kita bisa membedakan. dan untuk alasan yang kedua menurut saya kalo ada pembayaran pajak ganda kan malah menguntungkan bagi pihak samsat karena pembayaran pajaknya jadi 2kali lipat.

TERUS TERANG SAYA SANGAT KECEWA DENGAN PELAYANAN KANTOR SAMSAT SAMPIT KALIMANTAN TENGAH BAGIAN PEMBERIAN FORMULIR KARENA SAYA SEBAGAI WARGA NEGARA YANG BAIK TAAT PAJAK MEMPUNYAI INISIATIF UNTUK MEMBAYAR PAJAK TAHUNAN MOBIL SAYA, KENAPA HARUS DIPERSULIT ? “SAYA INI MAU MEMBAYAR PAJAK (MEMBERI UANG) BUKAN MAU PINJAM UANG” KENAPA SUSAHNYA MINTA AMPUN?

Saya mempunyai pemikiran mungkin petugas tersebut minta uang sogokan karena tidak ada KTP ASLI lumayan tuh 100rb, di kantor tersebut ada tulisan bayarnya pajak sendiri jangan melalui calo tapi dalam kenyataannya masih banyak percaloan bahkan dilakukan oleh oknum petugas kantor itu sendiri. dan akhirnya saya memilih untuk pulang lagi dengan tangan kosong tiada hasil, padahal jarak dari rumah tempat saya bekerja sampai ke kantor samsat tersebut harus menempuh jarak 100KM.

Jadi mungkin ini bisa dijadikan masukan untuk PETUGAS PELAYANAN KANTOR SAMSAT KOTAWARINGIN TIMUR (SAMPIT) KALIMANTAN TENGAH. LAYANILAH KAMI YANG MEMPUNYAI INISIATIF MEMBAYAR PAJAK, SAYA INI MAU MEMBAYAR PAJAK SAYA MEMENUHI KEWAJIBAN SAYA MEMBERIKAN UANG BUKAN MAU MEMINTA UANG ATAU PINJAM UANG, JADI TOLONG JANGAN DIPERSULIT.

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Proses Mutasi di Samsat Tangsel BSD Dipersulit
  2. Pungli (Pungutan Liar) di Kantor Samsat Nanga Bulik
  3. Biaya Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua Tidak Sesuai
  4. Pajak Progresif Sepeda Motor
  5. Samsat Bekasi Masih Banyak Calo
  6. Pungutan Liar Cek Fisik Samsat Purwakarta
  7. Pungli Berkedok Penarikan PNBP di Samsat Pasuruan
  8. Pungutan Liar Di Samsat Serang
  9. Mobil Pajero Plat B 1126 PJD Nabrak Mobil Saya
  10. Pungutan Liar Di Loket Legalisir BPKB Samsat Majenang

Leave a Reply