«

»

Mar
18

Kesalahan Pelaporan No. Debitur Terkait Info BI


  • [ Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 18 Maret 2015 ]
Share on Twitter

BNIKepada LNC BNI Bandung,
Perihal : Pengaduan Info BI

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Deni Lesmana
Tempat,Tanggal Lahir : Garut, 08-11-1982
No.yg bisa dihubungi : 081322401099
Email : deni.lesmana@lixil.com / deni_lesmana_blue@yahoo.com
No.rekening BNI : 181852628
Alamat : Jl.Sukawarna No.14 RT.03 RW.02 Kel.Husein s Kec.Cicendo Kota madya
Bandung.
Nama Ibu Kandung : Dede Rohaeti

Dengan ini mengadukan perihal adanya kesalahan data terkait pelaporan info BI, kronologisnya sebagai berikut:

Pada awal tahun 2012 saya pernah mengajukan KPR untuk mengambil rumah diperumahan METLAND Cileungsi Bogor, pada waktu itu saya terkendala terkait adanya laporan dari pihak Developer yang mengatakan bahwa dilaporan BI checking yang di lakukan pihak bank BCA, menyatakan disitu bahwa dilaporan BI Checking saya masih terdapat masalah SID, waktu itu saya sempat ditelp oleh pihak bank BCA terkait data tersebut, dan alhasil meskipun saya menolak semua tuduhan yang menyatakan saya masih punya masalah dengan bank terkait tunggakan yang tertera di laporan BI checking mereka tidak percaya dan menolak saya. Tapi pada waktu itu saya tidak melakukan tindakan karna saya berasumsi paling pihak banknya salah menyajikan data-data saya, karena dari tanggal lahir dan nama ibu kandungpun beda.

saya tunggu dari bank lain sampai sekian bulan menunggu dan menunggu proses KPR yang sedang diusahakan oleh pihak developer tapi tak kunjung juga ada keputusan akhirnya pada saat itu saya putuskan untuk membatalkan pengambilan rumah tersebut.

Sampai pada bulan desember tahun 2014 yang lalu saya mengajukan lagi KPR untuk mengambil perumahan di GNI masih di cileungsi bogor, lagi-lagi kasus yang 2 tahun silam itu terulang kembali, KPR saya tak kunjung juga ada keputusan padahal sudah melebihi jatuh tempo yang ditetapkan dan semua syarat KPR pun sudah memenuhi kriteria, usut punya usut ternyata setelah ditanyakan oleh pihak developernya kepada bank terkait, ternyata disitu dilaporan BI nya saya masih tercatat punya tunggakan yang masih belum selesai ke bank lain, waktu itu mereka tidak menyebutkan hutang apa dan ke bank mana, hanya saya mereka bilang laporan BI saya ada SID nya dengan kolek 5.

Disitu saya makin penasaran karena jujur saya tidak merasa saya punya tunggakan dan saya merasa tidak pernah punya masalah dengan bank manapun, akhirnya saya coba telp ke layanan bicara nya bank BI, saya ceritakan kronologisnya, dan dari pihak BI menyarankan untuk melakukan checking sendiri dengan datang langsung ke bank pusat BI di Jl.Thamrin Jakarta, untuk kemudian diteruskan datanya tersebut sebagai bekal untuk mengajuan pengaduan ke bank terkait yang tercatat dihasil pelaporan data BI nya punya saya.

Setelah dapat hasil laporan dari BI checking nya, saya kaget disitu dituliskan ada laporan tunggakan sebesar 17 juta kepada Bank Ganesha, dan sudah kolek 5. Saya Tanya kolek 5 itu apa? Katanya kalau sudah kolek 5 berarti sudah blacklist dalam artian kredit macet. Saya makin kaget lagi karna jelas-jelas saya tidak merasa dan tidak tahu menahu masalah tunggakan tersebut, tahu nama bank Ganesha nya pun pas pada saat itu,pada saat melihat hasil dari laporan BI checking.

Hari itu juga di tanggal 25-02-2015 saya datang ke bank Ganesha dengan maksud ingin mengklarifikasi terkait data tersebut. Saya diterima sama Ibu Juli waktu itu beliau adalah kepala dept. nya dan saya coba jelaskan kronologisnya kemudian dari pihak ganesha coba mengkroscek data punya saya dengan data yang tersimpan di bank nya atas nama Deni Lesmana. Dan disitu mereka juga kebingungan memang benar ada nasabah yang bernama Deni lesmana, tapi tempat tanggal lahirnya berbeda, nama ibu kandungnya pun berbeda, berikut alamat dan dimana dia kerja nya pun berbeda. Saya jadi semakin bingung jika memang itu data yang berbeda, orang yang berbeda lalu kenapa setiap kali dilakukan BI checking atas nama saya selalu muncul data-data tersebut, jelas saya tidak terima dong..karena ini sudah sangat-sangat merugikan saya, karna ini saya kesulitan untuk mendapatkan rumah, karena perbuatan yang tidak pernah saya lakukan saya jadi susah. Akhirnya saya mengajukan surat pengaduan kepada bank Ganesha, dan mereka welcome mereka siap membantu tapi mereka meminta waktu selama 14 hari kerja.

Ok lah buat saya itu prosedur dan saya tidak mau menuntut apa-apa saya Cuma kepengen nama saya dibersihkan lagi dan ada surat pernyataan permohonan maaf secara tertulis, dari pihak bank Ganesha kalau memang terbukti kesalahan data tersebut asal mulanya dari bank Ganesha.
Singkat cerita pada tanggal 13-03-2015 saya ditelp dari pihak bank Ganesha sama Ibu Juli nya langsung, beliau menjelaskan hasil dari tim analisis BI checkingnya mereka, dan bukan malah saya dapat hasil yang memuaskan malah saya jadi dibuat kebingungan lagi, karena ternyata hasil dari kesimpulan mereka itu kesalahan data ini tidak berada di kami, tapi ada kesalahan pelaporan dari pihak BNI, yang melaporkan data saya ke BI dengan menggunakan no.Debitur nasabahnya mereka. Dan mereka meminta saya mengecek dan membandingkan hasil dari laporan BI checking yang dari bank sinarmas, dan dari BNI.

Yang dari sinarmas itu betul no.debiturnya sesuai dengan tanggal lahir saya, sedangkan yang dari BNI itu berbeda, karena pelaporan yang dari BNI itu no.debiturnya no.debitur nasabah kami. Jadi saya malah diarahkan untuk mengklarifikasinya ke Bank BNI dan meminta untuk merubah no.debitur yang dilaporkan ke BI, dengan no.debitur yang seharusnya yang terdaftar di bank BNI sewaktu saya dulu pernah mengajukan KTA sebesar 20 juta. Yang sudah 2 tahun ini lunas. Dengan status kolek 1.(tidak ada masalah pembayaran)

Dengan alasan itu saya coba telp. Ke bank BNI yang di jl.perintis bank BNI tempat dimana saya dulu mengajukan KTA. Alhamdulillah saya cukup puas dengan pelayanannya.. mereka welcome, dan siap membantu, dan saya coba jelaskan sedikit kronologisnya. Alhasil tidak lama setelah saya telp, sekitar jam setengah duaan saya di telp balik dari pihak BNI, yang mengklaim bahwa setelah dilakukan konfirmasi sana –sini bahwa ini bukan kesalahan pelaporan dari pihak kami (pihak Bank BNI) karna setelah proses pelunasa KTA yang saya lakukan di bulan Januari tahun 2012 tercatat disitu bahwa setelah itu pihak BNI dengan saya sudah tidak ada urusan lagi. Saya jadi bingung lagi.. karna harus kemana lagi saya mengadukan permasalahan ini dari pihak BI, menyarankan untuk mengklaimnya langsung ke bank yang bersangkutan yaitu bank Ganesha, setelah saya melakukan pengaduan dan mendapatkan hasil yang menyatakan itu bukan kesalahannya dan melimpahkannya ke pihak bank BNI karena itu atas pelaporan bank BNI nya sendiri, OK saya ikuti terus dan ternyata dari pihak bank BNI nya pun demikian sama-sama mengklaim kesalahan ini bukan dari pihak mereka dan malah menyarankan untuk kembali mengklaim ke bank Ganesha.

Saya jadi bingung. Jujur saya bingung.saya Cuma orang kecil yang butuh keadilan, saya tidak menuntut apa-apa dan tidak mau masalah ini berlarut-larut. Yang saya ingin nama saya dibersihkan kembali karena pada kenyataanya, pada fakta nya saya memang bersih karena saya tidak pernah punya masalah dengan bank manapun, kalaupun saya dulu pernah punya tunggakan ke bank sinarmas dan BNI itu saya selesaikan dengan semestinya, saya penuhi kewajibannya dengan benar. Lantas kenapa saya masih mendapati ketidak adilan seperti ini.

Mohon dengan sangat, terkait laporan ini saya mohon bantuannya, agar supaya nama saya bisa dibersihkan dari laporan BI checking, dan untuk memperkuat surat pengajuan KPR saya di bank yang telah dilayangkan oleh pihak developernya saya mohon dengan sopan untuk menyertakan surat permohonan maaf kepada saya atas kejadian ini. Sekali lagi surat pernyataan permohonan maaf tersebut bukan karna saya yang menuntut dan bukan karna saya ingin yang terkait meminta maaf kepada saya, karna mungkin kesalahan tersebut murni memang karna ketidak sengajaan, Cuma memang itu tuntutan, supaya mereka percaya kalau saya benar-benar bersih dan kejadian ini benar-benar karna kesalahan pelaporan data dan bukan karna kesalahan saya karna menunggak ke bank.
Yang saya inginkan Cuma itu, sekali lagi saya mohon dengan sangat bantuannya.

Terima kasih,

Pelapor, 13-03-2015

Deni lesmana

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Pertanyaan Terkait Internet Banking
  2. BRI Rekalkulasi Bunga Tanpa Ada Sosialisasi ke Debitur
  3. Kesalahan Billing Indosat Matrix
  4. Banyak Kesalahan Pada Isi Identitas e-ktp di Wilayah Kami
  5. Kebijakan Perusahaan Terkait Hari Libur Natal
  6. Pengaduan Kredit Pada BNI
  7. Pembatalan Asuransi Mega, Karena tidak Sesuai Info Marketing
  8. Kesalahan Perhitungan Billing Oleh Telkom
  9. Info Anak Hilang
  10. Kesalahan Barang Tidak Dicancel Oleh Kasir

1 comment

  1. Deni Lesmana says:

    Sampai dengan saat ini kinerja BNI sangat LAMBAN!, seolah mau tidak mau memperbaiki kesalahannya itu. setiap kali ditanya tentang bagaimana progressnya dari hasil pengaduan saya ini, mereka cuma jawab dengan berbagai alasan ‘NOL BESAR’ kinerja dan pelayanannya patut dipertanyakan.????

Leave a Reply