«

»

Mar
26

Permainan Lion Air Kah?


  • [ Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 26 Maret 2015 ]
Share on Twitter

Logo-Lion-Air1-300x87Rabu, 25 Maret 2015

Saya seharusnya berangkat dari Jkt ke Pekanbaru pukul 06.00 menggunakan Maskapai Lion Air (dengan sangat terpaksa karena tidak ada flight pagi lainnya untuk mengejar urusan pekerjaan).
Tiket pukul 06.00, saya sudah antri di counter sejak pukul 05.10.
Antri di counter check in ini pun terpaksa karena beberapa kali mrncoba web check in di hari sebelumnya tidak berjalan lancar karena websitenya error.

Counter check in cukup ramai di hari itu, dan karena memang semua counternya open untuk all flight dan untuk jam berapapun.
sesampainya saya di baris terdepan, sekitar pukul 05.20, petugas mengatakan saya sudah tidak bisa masuk dengan alasan peraturan lion air selama ini adalah check in ditutup 45 menit sebelum jam keberangkatan.

Dengan tenang saya meminta bantuan petugas check in, karena saya tidak membawa bagasi, dan sebenarnya waktunya masih ada.. toh ya biasanya juga masih bisa check in bahkan setengah jam atau bahkan kurang dari itu. Petugas bersikeras mengatakan tidak bisa lagi dan menginformasikan saya sebaiknya ke petugas ticketing untuk membeli tiket baru.

Kecewa, saya tidak langsung ke petugas ticketing melainkan menghampiri petugas security, menceritakan kasus saya, dan beliau menyarankan untuk ke counter 27 bagian information Lion Air. Sesampainya saya disana, ada 4 penumpang lainnya dengan masalah yang sama.. Petugas di situ juga bersikeras tidak bisa meskipun beberapa di antara kami tidak membawa bagasi.

Karena sikap ketidakpedulian dan jawaban yang okelah memang sesuai SOP tapi tidak sesuai dengan kenyataan selama ini, salah seorang dari kami marah besar, berteriak keras, dan menuntut pertanggungjawaban petugas dengan wajah merah padam. Petugas dan penumpang tsb cukup lama bersilat lidah, hingga akhirnya petugas mengatakan akan memberikan tiket gratis untuk next flight yang boarding pukul 09.10..

Tidak lama kemudian, sekitar pukul 5.37, ada 1 penumpang yg sudah web check in dan diperbolehkan masuk. Saya pun kembali mencoba meminta bantuan petugas agar bisa masuk bersamaan, tapi tetap tidak diperbolehkan. Saat saya bertanya berapa menit seharusnya kita diperbolehkan masuk meskipun sudah web check in, petugas sedikit kebingungan dan kemudian menjawab 30 menit, kemudia saya menunjukkan jam tangan saya dan jam dinding di sekitar situ, dan bertanya kenapa penumpang ini masih boleh masuk dan dia hanya berkelit.

Padahal sebelumnya petugas tsb jg sempat memberikan statement tidak bisa membantu karena pesawat sudah akan boarding. Dari sini saja sudah muncul pertanyaan, di awal strict dengan SOPnya untuk batas terakhir check in, tapi lemah dengan cust yg sudah web check in meskipun sudah lewat dari batas waktu sesuai SOP mereka sendiri? Sepintas seakan dia menjilat ludah sendiri..

Merasa tidak ada gunananya lagi berdebat dengan petugas, saya pun mengiyakan, menerima boarding pass saya yang baru, dan meninggalkan counter menuju gate yang tertera yaitu B4.

Sembari menyusuri koridor gate, saya melihat Board Information dan menyadari bahwa flight pukul 06.00 tsb bahkan statusnya masih di waiting room. Kemudian saya sengaja menuju gate B3 ke tempat tunggu seharusnya untuk flight tsb.. Sekitar 5 menit kemudian, panggilan boarding terdengar, dan saya iseng aja ikut mengantri (kali aja beruntung boarding passnya tidak diperhatikan jamnya).

Begitu sadar petugasnya, saya beralasan bawha tiket saya jam 06.00, dan petugas tsb cukup professional (mengira memang saya yang salah diberikan boarding pass karena tidak sesuai dengan tiket yang saya miliki), membantu saya hingga ke meja informasi terdekat di ruang gate, dan meminta desk officer di situ untuk re check dan segera mengganti boarding pass saya ke flight yang seharusnya. Ternyata begitu di cek, petugas itu dengan sopannya memohon maaf dan menginfokan kalau sepertinya flight saya dialihkan karena di flight pukul 06.00 itu sudah full seat, dan beberapa kali mengecek dan bergumam “iya, kapasitasnya untuk 205 seat, dan semua seatnya sudah terisi”.

Dia menginformasikan saya untuk kembali ke counter informasi untuk komplain, tapi saya hanya tersenyum, mengucapkan terima kasih, dan dalam hati berkata sudah percuma mas, cukup tahu saja.

Menunggu hampir sekitar 3,5 jam lagi, karena kecewa saya memutuskan untuk menulis disini, dengan harapan penumpang lainnya sebaiknya berpikir berulang kali untuk menggunakan maskapai yang mendapat predikat paling sering di komplain di Indonesia ini. di satu sisi, saya juga tidak mengerti apakah ini permainan petugas lion air atau bagaimana, sehingga seatnya bisa full padahal seharusnya masih ada beberapa penumpang yang tidak diperbolehkan ikut boarding. Mengetahui hal ini juga seakan menguatkan opini saya yang memabg sedari awal terasa aneh:

1. Tumben2nya tidak diperbolehkan check in untuk waktu yg masih sekitar 40 menit sebelumnya, dan bahkan tanpa bagasi

2. Awalnya diinfokan untuk membeli tiket baru, tapi kemudian karena lebih dari 3 penumpang yang komplain, kebijakkannya diganti menjadi free ticket untuk keberangkatan selanjutnya. Kalau memang peraturannya 45 menit counter tutup dan tidak bisa check in lagi, seharusnya sih memang kewajiban penumpang beli tiket baru.

3. Sempat ada statement pesawat sudah boarding, tapi statusnya masih di waiting room.

Baiklah Lion Air kalau memang suka bermain, mengalami kejadian ini membuat saya kapok bermain dengan maskapai ini lagi. Terakhir kali ini saja “fly with Lion Air”.

Semoga Indonesia bisa lebih baik lagi, dan semoga keluhan2 penumpang selama ini bisa diperbaiki baik oleh Lion Air, menjadi pelajaran bagi maskapai lain maupun bagi pihak pemerintah terkait untuk menindak keras permainan seperti ini yang merugikan masyarakat.

Terima kasih :)

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Lion Air, Kenapa Tiket Pesawat Saya Di-close atau Hangus?
  2. Konspirasi Petugas Check In Lion Air dan Calo Tiket Pesawat
  3. Tiket Lion Air untuk Klaim ke Kantor Hilang
  4. Lion Air, Kenapa Kami Yang Menanggung Kerugiannya?
  5. Lion Air Delay Semena-mena
  6. Lion Air Sangat Mengecewakan
  7. Ditinggal Pesawat Lion Air
  8. Pelayanan Yang Buruk Dari Crew Ticketing Lion Air
  9. Keluhan Pelayanan Maskapai Lion Air
  10. Kehilangan Bagasi Pada Penerbangan Lion Air CGK-LOP

Leave a Reply