«

»

Apr
15

SID BI Sengaja tidak Di-update Pihak Bukopin


  • [ Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 15 April 2015 ]
Share on Twitter

checkingNama saya Nur Azizah, saya kebetulan pemilik kartu kredit Bukopin dengan no kartu 4211-6701-2714-8XXX. Dengan limit kartu tiga juta rupiah kemudian macet di tahun 2008. Saya sangat kecewa dengan layanan bank ini yang menurut saya tidak sesuai dengan tag linenya “ BUKOPIN MEMANG WOOKEE” karena menurut saya seharusnya tag line yang tepat adalah “BUKOPIN MEMANG SANGAT TIDAK WOOKEE”.

Pada Maret 2015 saya melakukan pengecekan SID di BI. Ternyata kolektibilitas masih 5. Tidak ada update SID BI dari pihak Bukopin. Padahal surat lunas telah saya terima dengan nomor: 0039/COLL/DIKK/2015 ditanda tangani RCC Bank Bukopin tertanggal 30 Januari 2015. Jadi ini sudah hampir 3 bulan saya terima. Dalam aturan BI pasal 11 jelas Pelapor atau Bank wajib menyampaikan Laporan paling lambat tanggal 12 (dua belas) setelah bulan Laporan Debitur yang bersangkutan.Dan wajib diberikan saksi sesuai pasal 24 Jika Pelapor terlambat menyampaikan Laporan Debitur dikenakan kewajiban membayar sebesar Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah) per hari kerja kelambatan dan penundaan pemberian informasi Debitur sampai dengan diterimanya Laporan Debitur dimaksud oleh Bank Indonesia.

saya coba menghubungi berkali-kali Bagian Collection Graha Bukopin Surabaya selalu alasan ada-ada saja: adminnya masih keluar, SID masih diproses, tinggalkan nomor ibu nanti Pak Freddy yang akan menghubugi ibu tapi kenyataannya tidak ada pihak bukopin yang serius menangani update SID saya.Termasuk juga Bukopin Collection S Parman Jakarta dengan Pak Ridwan, malah beliau menertawakan saya sambil ngomong kok bisa-bisanya SID BI mau diupdate cepat kan ibu pelunasan dengan diskon, kita dari Bukopin berdasarkan pegalaman SID bisa di update setelah 6 bulan .

Harusnya BI dan OJK bertindak tegas jangan sampai update SID BI jadi permainan dan senjata ampuh bagi Bank-Bank nakal utk memanfaatkan ketidaktahuan debitur, karena jika terus seperti ini banyak masyarakat atau nasabah akan terus jadi korban. BI harus lakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat perihal hak dan kewajiban Nasabah di perbankan termasuk dalam hal yang paling krusial yaitu masalah update SID.

Ada unsur kesengajaan yang dilakukan Bukopin sehingga SID BI saya tidak di update sampai sekarang, tolong dari pihak terkait bisa menindaki masalah ini, karena dengan lamanya SID tersebut maka akan memberikan kerugian material dan imaterial bagi saya.
Sudah cukup capek complain ke corporate secretary bukopin Ibu Tantri Wulandari perihal masalah ini tapi percuma. Saya berharap Bukopin akan menanggapi surat saya ini.

NUR AZIZAH
JL NYAMPLUNGAN 5 NO 3 AMPEL SURABAYA
TELP. 087774662700 / 03171306655

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Bukopin Sangat tidak Profesional dan Menyusahkan
  2. Bukopin Gimana Proses Sanggahan Kok Lama Sekali
  3. Pelayanan Bank Bukopin Menyusahkan
  4. Kecewa Kepada Bank Bukopin
  5. Layanan Pengiriman Kartu Kredit Bukopin Sangat Lambat
  6. Pegawai Bank Bukopin tidak Punya Etika
  7. Pengiriman Kartu Kredit Bank Bukopin Lama
  8. Pelayanan Bukopin Mengecewakan
  9. Ketidakjelasan Status Kartu Kredit Bank Bukopin
  10. Bukopin: Kartu Tambahan yang Annual Fee Dibebankan 2 Kali

Leave a Reply