«

»

May
12

  • status pengaduan : Selesai
“Dibegal” Oleh Indosat


  • [ Sudah dilaporkan ke pihak terkait pada 12 Mei 2015 ]
  • [ Sudah ditanggapi oleh pihak terkait pada 15 Mei 2015 ]
Share on Twitter

indosatPada hari minggu 19 april 2015 kurang lebih pukul 13.00 saya melakukan pembelian in-app purchase atau pembelian barang/cash dalam aplikasi pada suatu aplikasi (game) di Android (Playstore). Pembayaran dilakukan dengan direct billing carrier yaitu dengan memotong pulsa Indosat. sebelum pembelian saya mengisi pulsa terlebih dahulu dari sekitar 99000 menjadi sekitar 350000. Barang/aplikasi/cash/paket yang akan dibeli adalah sebesar 209000+PPN+biaya jasa indosat.

Pada saat membeli terjadi eror yang kemudian transaksi gagal.
kemudian saya mencoba lagi membeli karena pikir saya transaksi sebelumnya gagal. Saat pembelian kedua keluar tulisan pulsa tidak mencukupi.
Kemudia saya cek pulsa dan ternyata tersisa sekitar 115000.
bagaimana bisa pulsa terpotong padahal tidak terjadi transaksi?

Lalu saya melapor ke CS indosat, dibuatkan laporan dan disuruh menunggu. bbrp hari kemudian saya mendapat sms laporan telah selesai ditindaklanjuti, dan saya disuruh melakukan refund apabila transaksi kurang dari 2 jam lalu atau bila sudah lebih mengirim email ke developer.
Bagaimana merefund sebuah transaksi yang tidak terjadi?
saya juga mengirim email ke developer dan sesuai perkiraan saya pihak developer bersedia membantu apabila ada BUKTI TRANSAKSI. Transaksi saja tidak berhasil/gagal/tidak terjadi sehingga tidak ada Bukti Transaksi apapun, oleh karena itu pihak developer menyatakan tidak dapat membantu.

Biasanya pada transaksi yang berhasil akan tercatat dalam history transaksi dalam my account dalam playstore. selain itu dikirim juga email ke alamat email yg dipakai untuk playstore. dan juga dikirim sms sebagai tanda terima kasih telah menggunakan jasa oleh indosat. pada tanggal 19 april tidak ada 1 pun itu karena transaksi tidak berhasil. dalam history pun tercatat transaksi yang terakhir yang berhasil adalah tanggal 17 april.

Saya juga menghubungi pihak playstore, chat dengan CS mereka dan sesudah meminta mereka melakukan pengechekan didapatkan:
1. transaksi pertama gagal/tidak berhasil karena tidak adanya otorisasi dari pihak direct billing carrier( penyedia jasa yaitu INDOSAT)
2. transaksi kedua gagal karena tidak adanya otorisasi, jelas karena pulsa sudah kurang/tidak cukup

Pihak playstore menyarankan untuk mengajukan komplain/menghubungi pihak penyedia jasa INDOSAT

saya juga telah mengirim email kepada pihak indosat dengan menyertakan Screenshot email balasan dari playstore. tetapi jawaban pihak indosat tetap refund apabila di bawah 2 jam atau email pihak developer.

DISINI Saya telah dirugikan oleh pihak INDOSAT yang memotong pulsa sebesar kurang lebih 230000 walau transaksi gagal/tidak berhasil karena tidak adanya otorisasi dari pihak indosat sebagai penyedia jasa.

Share on Twitter

Pengaduan Terkait:

  1. Pencurian Pulsa Oleh Provider Indosat
  2. Pencurian Pulsa Indosat
  3. SMS dari Indosat Mengambil Pulsa
  4. Pencurian Pulsa oleh INDOSAT
  5. Pencurian Pulsa Oleh Indosat M3
  6. Kehilangan Pulsa Indosat
  7. Pencurian Pulsa Indosat oleh 9157
  8. Pencurian Pulsa Indosat
  9. Pulsa Indosat Hilang Tidak Jelas
  10. Penipuan Im3 Indosat atau Apa Saya Gak Ngerti

2 comments

  1. Wendy Sadikin says:

    Pada tanggal 11 May 2015 masalah pemotongan pulsa oleh indosat telah selesai dengan indosat mengganti rugi pulsa yang terpotong….

    perlu saya tulis sebagai catatan untuk informasi bahwa pihak indosat terkesan asal-asalan dalam menangani kasus saya. dimana permasalahannya adalah
    1. transaksi tidak berhasil
    2. indosat tidak memberi otorisasi untuk transaksi sehingga gagal
    3. pulsa terpotong.

    pihak indosat dalam menyelesaikan masalah kasus saya selalu menyelesaikan dengan sepihak dan langsung menyatakan kasus selesai dengan solusi yang sangat tidak tepat. pada kasus saya indosat memberi solusi:
    1. refund apabila transaksi kurang dari 2 jam
    2. email kepada developer bila sudah lebih dari 2 jam

    padahal dengan solusi seperti itu bagaimana bisa melakukan refund apabila transaksinya saja tidak berhasil/tidak ada? dan email kepada developer bagaimana meminta ganti rugi kepada mereka apabila transaksi dengan developer saja tidak terjadi?

    saya sudah coba email kepada developer dan pihak developer bersedia mengecek tanggal tersebut asal saya memberi bukti transaksi yang pada saat itu saat kejadian transaksi tidak terjadi karena gagal karena tidak ada otorisasi dari indosat.

    Indosat bersikeras bahwa yang melakukan refund adalah pihak developer

    karena tidak puas dengan jawaban indosat saya kembali telepon CS indosat dan protes. indosat bersedia membuatkan laporan kembali dan mengatakan akan dihubungi pihak terkait. ini terjadi lebih dari 4x dan indosat sering molor dari rentang waktu yang mereka ajukan untuk proses pemeriksaan.

    Saya juga telah melakukan pengecekan kepada playstore yang hasilnya seperti pada gambar yang tertera diatas.

    akhirnya pada tanggal 11 may 2015 pihak indosat mengakui kesalahan dan bersedia mengganti rugi sesuai kerugian. dan karena kurang puas atas tingkah laku indosat saya bertanya mengapa kasus ini sangat berlarut-larut padahal sudah jelas kesalahan di pihak indosat? indosat hanya menjawab karena semua butuh proses dan kami harus email ke developer dan playstore.

    sedangkan pada kasus ini pihak indosat selalu menyatakan kasus telah selesai dengan solusi refund dan email developer dan indosat selalu bersikeras bahwa yang mengembalikan pulsa adalah developer, walau semua bukti telah diserahkan dan mengarah pada indosat yang salah.

    kasus ini mungkin tidak akan selesai apabila pihak indosat tidak dikejar terus dengan ditelepon dan diprotes atas solusi yang tidak bertanggung jawab.

    saya harap kasus saya dapat menjadi contoh akan aksi pembegalan yang mungkin sudah masuk cyber crime yang dilakukan indosat dan mungkin dialami orang lain dan apabila dibiarkan indosat mendapat untung lebih atas pembegalan.

    Kasus selesai pada 11 MAY kurang lebih pada siang hari. dan pulsa telah dikembalikan

  2. Customer Service Indosat says:

    Bapak/Ibu yang terhormat,

    Terima kasih atas konfirmasi permasalahan Bapak/Ibu mengenai pembelian aplikasi di Google Play Store dan sudah menerima penggantian dari pihak Indosat. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak/Ibu alami dan saran serta masukan yang Bapak/Ibu sampaikan akan kami jadikan bahan acuan untuk memperbaiki kualitas pelayanan demi kenyamanan pelanggan Indosat.

    Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

    Hormat kami,

    Contact Center Officer
    PT Indosat Tbk

Leave a Reply